1. Home
  2. Persiapan Kerja
  3. Ampuh, 8 Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview Agar Lolos Kerja

Ampuh, 8 Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview Agar Lolos Kerja

Persiapan Kerja
cara memperkenalkan diri saat interview agar cepat diterima kerja

Masih banyak orang yang belum tahu cara memperkenalkan diri saat interview yang benar, hanya ikut interview banyak tapi tidak tahu ahlinya. Nah, ini yang kadang membuat kita gagal dalam interview dan tidak keterima kerja. Padahal ada cara efisien agar bisa diterima dengan cepat, salah satunya ini.  

Cara perkenalan diri saat interview yang baik juga dibarengi dengan attitude dan penampilan yang baik. Agar cover awalan atau tampilan awalan membuka seseorang untuk welcome akan kita. Jadi, semua perlu dan kita perlu membaca ini.

Cara Memperkenal Diri Saat Interview

Cara memperkenalkan diri saat interview perlu memperhatikan beberapa hal, agar baik dalam hal hasil. Jadilah pribadi yang tenang, dan mulailah belajar untuk bicara yang jelas. Bagi yang bingung, langsung lihat caranya yuk!

1. Posisikan diri Senyaman Mungkin

Jangan grogi yah, biasakan jadi biasa saja. Cara interview yang baik agar diterima salah satunya ini, dan coba kendalikan rasa takut Arkawan, jadi muncul PD dan yakin lolosnya hari ini. Tumbuhkan rasa nyaman pada diri Arkawan, salah satunya dari tempat duduk dan posisi duduk.

2. Perhatikan Sikap Saat Bertemu Recruiter

Saat bertemu dengan seseorang pertama kali, atau orang yang penting seperti recruiter, Arkawan harus perhatikan sikap diri saat bertemu dengan mereka. Mulai dari cara berkenalan, waktu interview, nama recruiter, dan lain sebagainya.

3. Berikan Salam Singkat dan Hangat

Cara memperkenalkan diri saat interview selanjutnya adalah dengan memberikan salam tetapi hangat. Jangan lupa untuk menjabat tangan dan eye contact yang bagus agar tidak disangka meremehkan atau tidak fokus. Tunjukkan kesan baik dan sopan disini.

4. Perhatikan gestur tubuh

Ini tidak kalah penting, karena mempengaruhi perform. Cara perkenalan diri saat interview ini, perlu diperhatikan karena berkaitan dengan bahasa tubuh yang profesional. Dari sini, recruiter akan memahami karakter yang Arkawan punya.  

Baca Juga : 5 Cara Cepat Dapat Kerja dan Dipanggil Interview

5. Perkenalkan diri

Cara interview yang baik agar diterima adalah dengan memperkenalkan diri secara baik dan benar. Tahap awal interview ini juga menentukan mau dibawa kemana status lolos tidaknya interview. Perkenalan, bisa diawali dengan nama lengkap dan panggilan. Kemudian, lanjut info yang lain.

6. Perhatikan Intonasi dan kejelasan suara

Perhatikan intonasi dan kejelasan suara saat berbicara, karena itu mempengaruhi hasil dalam hal wawancara. Ini menjadi cara memperkenalkan diri saat interview yang ampuh dalam memahamkan perekrut akan keahlian dan karakter.

7. Tentukan alur perkenalan diri

Ini lebih ke menginformasikan latar belakang pendidikan yang dimiliki, kegiatan apa saja yang pernah dan sedang dilakukan, pencapaian yang telah diraih, yang mana itu mempengaruhi layak tidaknya Arkawan diterima di tempat kerja mereka. Alur cerita yang bagus menumbuhkan kesan menarik.

8. Jelaskan Diri Sendiri Secara singkat dan jelas

Saat menceritakan diri sendiri, Arkawan harus menjelaskan secara singkat dan jelas. Jadi jangan panik, cukup jelaskan sebisanya dan seadanya. Jangan grogi, anggap saja recruiter hanya tanya diri kita secara luar saja. Hindari menjelaskan hal yang tidak diperlukan.  

9. Tunjukan Kompetensi diri dan minat

Bukan berarti sombong, tapi menjelaskan inti sesuai kelebihan apa yang dibutuhkan tempat kerja. Coba tunjukkan kompetensi diri yang ada, beserta minat yang diingini. Nanti recruiter bisa menentukan Arkawan cocok di posisi mana dan level apa. Pengalaman, prestasi, pencapaian mempengaruhi.

10. Siapkan Jawaban untuk Pertanyaan Interview

Sebagai recruiter, juga bisa menanggapi penjelasan Arkawan. Jadi, bisa lewat pertanyaan lanjutan yang siap-siap harus Arkawan jawab. Siapkan jawaban terbaik mengenai peran kerja, proyek akademis, hingga usaha produktif lainnya, agar menambah nilai plus di mata recruiter.

Bagi yang ingin menambah skill public speaking atau berbicara yang baik, bisa mengikuti kursus dari Arkademi, yang bisa diakses melalui laman ini. Kemudian, Arkawan bisa mendownload aplikasi dari Arkademi di Play Store maupun Google Play untuk update info akan kursus yang diambil secara mudah.

Pastikan, Arkawan sudah memahami bagaimana cara memperkenalkan diri saat interview dengan baik. Pastinya, belajar, belajar, yah. Bisa dibantu Arkademi juga kok!

Baca Juga : 3 Tips dan Contoh Kalimat Pembuka Surat Lamaran Pekerjaan yang Paling Engaging

Rekomendasi