1. Home
  2. Persiapan Kerja
  3. 21 Jawaban Kelebihan dan Kekurangan saat Interview agar Lolos Kerja

21 Jawaban Kelebihan dan Kekurangan saat Interview agar Lolos Kerja

Persiapan Kerja
jawaban kelebihan dan kekurangan saat interview supaya lolos proses wawancara

Dalam sesi tanya jawab interview kerja, pasti ada yang namanya menjelaskan kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Ini perlu, agar menjadi tolak ukur seorang recruiter dalam menerima pegawai. Terdapat jawaban kelebihan dan kekurangan saat interview, yang perlu dipelajari, agar tidak salah.

Pertanyaan ini, terkesan sederhana tapi cara jawabnya ada hal-hal yang perlu diperhatikan, bahkan harus belajar sekalipun. Bagi yang sering melakukan wawancara kerja, pasti berpengalaman dalam hal ini, dan terus belajar secara otodidak.

Mengapa HR Bertanya kelebihan dan Kekurangan?

Kenapa hal ini ditanyakan oleh seorang HR?, karena karakter dan skill yang kita punya akan mempengaruhi tempat kerja yang kita naungi. Peran dari HRD sangat krusial, karena menempati jabatan penting yang ada kaitannya dengan hajat para pegawai kerja.

Sesi ini, dianggap membantu para HRD mengukur kualitas yang dimiliki oleh calon karyawan. Perusahaan bisa mengimplementasikan cara terbaik untuk berkomunikasi dan bekerjasama dengan Arkawan, jika diterima disana. Akan memiliki kelebihan yang sesuai dengan kebutuhan tempat kerja.

Contoh Jawaban kelebihan dan Kekurangan saat Interview

Berikut ini adalah contoh jawaban kelebihan dan kekurangan saat interview, diantaranya:

Contoh Jawaban Kelebihan Saat Interview:

1. Mampu Berkomunikasi dengan Baik

Komunikasi yang baik adalah kunci bisa bekerja sama dengan baik. Sampaikan kepada HR bahwa Arkawan bisa berkomunikasi secara baik dan efektif, efisien, kepada orang lain. Mulai dari menyampaikan informasi, menerima informasi, hingga mendengarkan informasi.

2. Minat terhadap bidang

Jadi, mau tidak mau Arkawan harus tetap belajar demi tahu apa yang sedang tren di muka bumi ini, terkhusus kerja. Jadi, untuk terus mengikuti perkembangan zaman harus seperti itu. Jika Arkawan suka mencoba hal baru dan minat akan hal itu, bisa ditunjukkan.

3. Adaptasi

Bagi Arkawan yang mudah beradaptasi, selamat!, karena tidak semua orang bisa seperti ini, dan bisa ditonjolkan saat interview. Perubahan dalam pekerjaan akan bisa terjadi kapan saja, jadi kita perlu siap dalam mengatasi hal tersebut. Salah satunya dengan beradaptasi.

4. Leadership

Bagi yang suka memimpin, atau mempunyai jiwa kepemimpinan, bisa ditonjolkan saat interview. Arkawan bisa menceritakan pengalaman memimpin atau menceritakan strategi dalam memimpin. Disini, HRD bisa menilai kita. Apakah layak jadi pemimpin atau pegawai biasa.

5. Inisiatif

Bagi yang suka inisiatif, cocok mendaftar di perusahaan ternama maupun start up, karena dari situ HR tahu bahwa kelebihan yang Arkawan miliki, itu dibutuhkan untuk perusahaan. Karena dengan sifat inisiatif, membuat perusahaan tidak akan memberikan effort lebih dalam tugas pekerjaan.

6. Bekerja Dalam Tim

Bagi yang suka kerja tim, bisa kerja di bagian tim yang memang membutuhkan kerja sama. Kerja tim sangat diperlukan dalam perusahaan, dan dengan adanya kerja seperti ini, membuat kemampuan berkolaborasi maupun sharing ilmu semakin banyak. Membuat kualitas karyawan bisa sama rata.

7. Terorganisir

Rapi dan terorganisir, menjadi salah satu yang diperhatikan oleh HR. Kenapa? dengan bekerja secara terorganisir, bisa menyelesaikan masalah dengan baik tanpa masalah. Bekerja dengan rapi, memperhatikan detail setiap pekerjaan, membuat minimal kesalahan.

8. Berpikir Analisis

Ini ada kaitannya dengan terorganisir, yang mana jika kita bekerja secara rapi, setidaknya didahului juga dengan pekerjaan yang dikerjakan secara teliti. Bagaimana tidak?, menganalisis juga bisa mengembangkan ide dari permasalahan yang ada, dan ini dicari oleh para HR.

9. Detail dan Teliti

Menjadi orang yang detail dan teliti menjadi daya tarik bagi perusahaan yang memang membutuhkan keahlian ini, seperti merancang robot, dan lain-lain, bersifat kecil, mendasar, tapi penting. Hal ini lebih berkaitan kepada kerja pengecekan apakah produk sudah benar sebelum dipasarkan.

10. Kreatif

Sifat ini tidak gampang dimiliki oleh orang, apalagi memunculkannya, perlu yang namanya seni dan imajinatif yang tinggi, dan ini diperlukan sekali dalam perusahaan demi inovatif maupun modifikasi yang lebih baik lagi. Ini bisa membantu eksis di dunia yang sudah kompetitif sekali.

Baca Juga : 5 Cara Membuat CV yang Menarik

Contoh Jawaban Kekurangan saat Interview:

1. Belum mempunyai pengalaman

Bukan berarti kita tidak punya pengalaman, tetapi memang belum mempunyai pengalaman akan apa yang dibutuhkan oleh pekerjaan yang kita tuju. Jadi, cobalah sekarang untuk mengasah skill agar tidak ketinggalan jaman dengan anak sekarang. Kebutuhan jaman semakin banyak.

2. Perfeksionis

Terlalu perfeksionis ternyata tidak baik bagi orang dan diri sendiri, apalagi perusahaan. Karena itu saja menyulitkan suatu urusan, yang seharusnya mudah. Saat interview, jangan mencoba jadi perfeksionis, karena HRD tahu kekurangan Arkawan. Hal ini bisa jadi kelebihan dan kekurangan saat interview.

3. Kurang Percaya Diri

Ini kadang menghambat sih, dan minder menjadi momok yang harus dihilangkan. Bagi anak yang introvert, kebanyakan menghadapi overthinking saat interview yang membuat tidak PD muncul. Walaupun tidak semuanya, dan tidak harus introvert yang mengalami, setidaknya diminimalisir.

4. Individualis

Bagi yang individualis, dimohon untuk bisa menempatkan diri apalagi kalau sudah bekerja harus bisa membaur dengan yang lain. Karena ada kerja tim, kolaborasi, dan lain-lain. Kadang, bekerja dengan orang lain membuat ribet dan tak sesuai ekspektasi. Maka kembalilah jadi orang yang jangan perfect.

5. Bahasa

Bahasa asing menjadi skill yang sudah wajar jadi basic para pegawai di suatu perusahaan kebanyakan. Karena sekarang berada di era globalisasi dan digital, membuat kita dipaksa untuk mengikuti zaman tersebut jika ingin maju dan bekerja. Dengan minim bahasa, membuat minim peluang juga.

6. Presentasi

Beberapa orang tidak terbiasa untuk melakukan ini, apalagi tidak didasari oleh yang namanya pengalaman. Ternyata presentasi atau cakap dalam memberikan penampilan ke khalayak ramai maupun orang lain itu perlu. Karena itu menandakan performa dan kualitas karyawan yang dimiliki.

7. Sulit Percaya orang lain

Nah, ini yang salah. Cobalah percaya dengan orang lain, agar mereka sama-sama berkembang, dan jika salah bisa dievaluasi dengan baik. Jika Arkawan adalah orang yang sulit percaya orang lain terlalu itu tidak baik sih. Sehingga bisa meminimalisir saat wawancara dengan sanggup merubahnya sesuai kondisi.

8. Belum mempunyai skill

Belum mempunyai skill, bisa dibantu dengan belajar. Jadi saat interview dan sebelumnya, cobalah untuk jujur bahwa skill yang dipunya di bidang yang dituju masih minim, tapi Arkawan bisa berusaha belajar untuk menutupi hal tersebut. Dan niatan untuk mau belajar menjadi nilai plus di mata HRD.

9. Kurang terorganisir

Ini sih, kekurangan yang bisa dianggap fatal. Kenapa?, karena dengan kurang terorganisir maka pekerjaan akan kacau. Bayangkan saja, jika mengurus sendiri masih belum bisa, nah bagaimana cara mengurus pekerjaan dan orang lain? Makanya belajar sebelum bekerja.

10. Kurang teliti

Bagi yang suka kurang teliti, membuat pekerjaan akan terasa seperti dua kali kerja dan bersifat setengah-setengah. Padahal kita pastinya, maupun perusahaan menginginkan kerja yang cepat tapi tepat. Salah satunya dengan teliti tersebut, sehingga buat to-do list agar lebih gampang.

11. Terlalu Mengkritisi diri

Ini tidak baik sih, karena dengan mengapresiasi diri sendiri bisa memunculkan semangat untuk berubah dan jadi lebih baik lagi. Dengan selalu merasa kurang dan mengkritisi kekurangan kita malah muncul insecure yang tidak baik bagi kemajuan kedepannya. Jadi tetap PD di hadapan HR.

Baca Juga : 5 Cara Cepat Dapat Kerja dan Dipanggil Interview

Tips Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Diri

Setelah membaca contoh kelebihan dan kekurangan diri dalam hal saat interview, bisa kita simpulkan bahwa ada 3 tips yang bisa mengatasi maupun meningkatkan hal tersebut agar lolos dari HR:

1. Kenali Diri Sendiri

Sebelum mengeluarkan jawaban kelebihan dan kekurangan saat interview, kita perlu kenali diri sendiri, agar menjawab pertanyaan dari HRD juga matang. Lakukan yang terbaik dengan memastikan jawaban yang sudah dipersiapkan apakah benar. Jangan terlalu terbebani dengan hal ini, anggap saja tes biasa.

2. Jangan Berbohong

Ini perlu sih, karena dengan tidak berbohong membuktikan kepada HR bahwa Arkawan adalah orang yang profesional. Dengan memberikan jawaban kelebihan dan kekurangan saat interview dengan jujur, maka itu bisa membantu penilaian karakter baik di mata HRD.

3. Latihan

Sebelum memberikan jawaban kelebihan dan kekurangan saat interview di depan HRD, pastikan Arkawan sudah berlatih. Jadi saat menjelaskan nanti tidak akan ragu atau takut, bahkan grogi. Dari situ, akan belajar public speaking juga agar lancar.

Itulah beberapa jawaban kelebihan dan kekurangan saat interview yang perlu kamu siapkan agar interview berjalan lancar dan meningkatkan potensi diterima kerja.

Untuk pengembangan skill dan karir, Arkawan bisa masuk ke kelas online yang disediakan Arkademi, dengan harga yang khusus para pekerja, jadi tidak memberatkan budget. Enaknya disini, sudah bersertifikat, dan kursusnya sudah diakui secara legal dan berkualitas.

Arkawan juga bisa mengunjungi kami secara mudah, melalui aplikasi yang dipunya, yaitu Arkademi. Sudah tersedia di Play Store maupun Google Play. Selamat mencoba. Sudah tahu kan, jawaban kelebihan dan kekurangan saat interview di atas?

Rekomendasi