10 Urutan Berkas Lamaran Kerja dan Persyaratannya Supaya Dilirik HR

urutan berkas lamaran kerja agar diterima kerja di perusahaan
Pengembangan DiriPersiapan Kerja

Berkas lamaran kerja kadang tidak diterima karena kurang lengkapnya berkas yang diajukan. Banyak yang masih bingung dan menerka-nerka, bahkan asal-asalan dalam memasukkan berkas. Ada yang urutan berkas lamaran kerja tidak benar penempatannya. Padahal itu mempengaruhi.

Contoh berkas lamaran kerja bisa dilihat melalui internet maupun panduan langsung dari yang berpengalaman. Jangan sampai salah dan kalah dengan yang lebih berpengalaman. Karena ini masalah sepele, tapi penting menentukan awal diterima tidaknya berkas atau tahap administrasi.

Susunan berkas lamaran kerja bisa dilihat berikut ini:

1. Surat Lamaran Kerja

Berkas untuk melamar kerja ini ditaruh di awal atau atas, dan dianggap penting agar HRD tahu, posisi apa yang dilamar dan identitas secara singkat. Penggunaan kata dan susunan dalam surat lamaran juga mempengaruhi dalam hal sopan maupun tidaknya Arkawan dalam melamar. PUEBI jangan lupa.

2. Daftar Riwayat Hidup (CV)

Daftar riwayat atau CV sangat perlu dimodif dengan baik, karena ini yang pertama membawa eye catching dan ketertarikan seorang recruiter. Dengan kelengkapan persyaratan lamaran kerja ini diisi yang dibutuhkan dalam CV dan pengalaman maupun pencapaian yang ditulis lengkap, kemungkinan lolos.

Selain itu dalam CV kamu bisa mencantumkan skill yang relevan dengan posisi yang kamu lamar, seperti public speaking, bekerja sama dengan tim, adaptif hingga lainnya.

Baca Juga : Ampuh, 8 Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview

3. Ijazah dan Transkrip Nilai

Ijazah dan transkrip nilai untuk membuktikan bahwa Arkawan memang pernah menempuh pendidikan di lembaga atau instansi tersebut, dan semakin bagus lembaga dan nilai yang dipunya, maka semakin bagus dalam persentase lolos. Kualitas, brand, dan akreditasi mempengaruhi.

4. KTP dan KK

Sering dipakai dan pastinya punya, hal ini untuk menandakan bahwa Arkawan memang legal orang Indonesia dan memiliki keluarga dengan tempat tinggal yang tertera sama di surat lamaran dan lain-lain. Jadi recruiter akan percaya dan tidak ragu akan hal itu.

5. Pas Foto Terbaru

Urutan berkas lamaran kerja yang benar selanjutnya adalah adanya pas foto terbaru, menandakan bahwa Arkawan adalah asli pelamar yang akan melamar pekerjaan tersebut. Apalagi pas interview atau pengiriman berkas, akan dilihat kecocokan Arkawan dengan data yang ada.

6. Sertifikat

Urutan berkas lamaran kerja keenam, diikuti oleh sertifikat. Sertifikat, menjadi pendukung dalam menentukan Arkawan lolos tidaknya masuk seleksi. Dari sertifikat akan ketahuan, Arkawan anak yang aktif atau tidak, anak yang suka cari ilmu atau tidak. Pasti pengalaman banyak didapat dari sini.

7. Portofolio

Portofolio menjadi hal yang dilihat dalam kelolosan tes kerja tahap administrasi. Portofolio bisa dikemas secara kreatif dan lengkap, agar menambah nilai plus dari karakter Arkawan. Dokumen ini mendukung tingkat pengalaman dan keahlian yang dimiliki.

8. Bukti Pengalaman Kerja

Bukti pengalaman kerja, bisa surat atau lampiran keterangan pernah bekerja di tempat sebelumnya. Adanya bukti pengalaman kerja, menambah kepercayaan recruiter akan Arkawan, apalagi jika di keterangan kerjanya baik dan perlu dipertimbangkan.

9. SKCK

Biasanya, ada perusahaan atau lembaga yang takut mempekerjakan pegawai yang pernah menjadi NAPI, maka diperlukan SKCK untuk pembuktian, yang mana tidak pernah menjadi narapidana. Ini juga untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan kedepannya. susunan lamaran kerja untuk menambahkan SKCK ini tidak wajib karena tidak semua perusahaan mengharuskannya

Baca Juga: 21 Jawaban Kelebihan dan Kekurangan saat Interview

10. Surat Keterangan Kesehatan

Biasanya, seorang pekerja juga dilihat fit tidaknya karena berkaitan dengan performa perusahaan apalagi dalam jangka panjang, jika Arkawan dibutuhkan jangka panjang. Makanya, kita perlu sehat agar banyak yang merekrut kita dengan benar.

Dari 10 hal di atas, tidak menutup kemungkinan poin-poin yang lain, yang mana sesuai dengan kebutuhan perusahaan, seperti NPWP, sertifikat pendukung kerja seperti pelatihan, kursus, dan lain-lain. Pastinya secara umum urutan lamaran kerja di atas yang dibutuhkan perusahaan.

Kemudian, urutan berkas lamaran kerja di atas bisa jadi  urutan berkas lamaran kerja via email, dan cara membuat berkas lamaran kerja dalam satu file sebelum dikirimkan lewat email, bisa menggunakan aplikasi, atau langsung saja diekstrak menjadi file .rar maupun .zip di Windows (laptop).

Tips Melamar Kerja

Berikut ini merupakan beberapa tips dalam melamar kerja yang perlu kamu coba untuk meningkatkan peluang keberhasilan dipanggil kerja.

#1. Sesuaikan Skill

Sebelum memutuskan untuk melamar sebuah pekerjaan, pastikan kamu sudah memperhatikan skill yang diperlukan untuk mengisi posisi ini. Misalnya untuk posisi marketing, kamu perlu skill berbicara bahasa inggris, negosiasi, bekerja dalam tim dan lainnya. 

Dengan persiapan yang baik akan semakin meningkatkan peluang untuk kamu dipanggil dalam proses selanjutnya.

#2. Jujur

Jujur mengenai kemampuan yang dipunya merupakan hal yang penting. Saat mengisi skill dalam CV atau pengalaman kerja, kamu harus mengisi hal tersebut sebaik mungkin

#3. Perbaiki Sosial Media

Social media menjadi salah satu channel untuk membangun personal branding dan ketika kita mampu untuk mengelolanya dengan baik maka akan menjadi cara untuk mendapatkan berbagai penawaran pekerjaan terbaik. 

#4. Buat Portofolio yang menarik

Portofolio menjadi bukti kemampuan dan keahlian yang kita miliki sehingga sangat penting untuk membangun portfolio yang lengkap dan juga menarik. Upayakan untuk menjelaskan pekerjaan ataupun project yang pernah dilakukan dari mulai tujuannya, proses hingga hasilnya serta tidak lupa peran yang dilakukan. 

#5. Lamar pada jam kerja

Satu hal yang penting untuk diperhatikan namun seringkali terlewat adalah mengirimkan lamaran baik melalui email atau job portal pada waktu jam kerja yaitu 08.00 – 17.00. Hal tersebut dilakukan untuk memaksimalkan peluang lamaran kamu dilihat oleh HR.

Persyaratan Lamaran Kerja Khusus

Selain beberapa persyaratan lamaran kerja berkas, kamu juga harus memiliki persyaratan lainnya untuk meningkatkan peluang supaya meningkatkan peluang untuk lolos perusahaan. 

#1. Pengalaman Kerja

Tidak jarang perusahaan membuka lowongan untuk orang yang memiliki pengalaman kerja. Jadi sebelum memutuskan untuk melamar pekerjaan, pastikan kamu sudah membaca persyaratan lamaran kerja yang dibutuhkan.

Perusahaan akan lebih menyukai kandidat yang memiliki pengalaman yang relevan karena tidak akan membutuhkan waktu lama untuk menyesuaikan posisi yang ditempatinya.

#2. Skill

Persyaratan yang kedua yang perlu diperhatikan adalah skill. Setiap perusahaan saat membuka lowongan untuk sebuah posisi akan memerlukan skill yang relevan untuk mengisi posisi tersebut seperti performance marketer, design grafis, quality control dan lainnya.

Apabila kamu mempunyai skill yang relevan untuk mengisi posisi tersebut akan meningkatkan peluang untuk lolos dalam tahap selanjutnya.

#3. Bahasa

Untuk beberapa posisi mengharuskan kamu harus menguasai bahasa asing, jadi pastikan sebelum kamu melamar pekerjaan, kamu membaca kualifikasi terlebih dahulu. 

#4. Sertifikasi Profesional

Memiliki sertifikasi akan menjadi nilai tambah saat kamu melamar untuk beberapa posisi. Selain itu untuk beberapa posisi, mempunyai sertifikasi merupakan hal yang wajib karena dengan memiliki sertifikat menunjukan kamu merupakan orang yang kredibilitas untuk mengisi posisi tersebut.

Sebagai seorang pekerja atau sedang berstatus sebagai jobseekers, jangan mudah putus asa dan gampang menyerah. Di Arkademi, terdapat pelatihan kerja yang mana membuat Arkawan siap dalam berkompetisi secara sehat nantinya. Tidak lupa juga, tersedia kursus bisnis bagi yang ingin jadi pebisnis.

Cara melamar pekerjaan coursepage

Jangan lupa instal aplikasi Arkademi, yang bisa diunduh melalui Play Store maupun Google Play, guna menambah info update dan cepat untuk diakses mengenai kursus yang Arkawan ambil. Semoga berhasil.