20 Pertanyaan Interview Talent Acquisition yang Sering Ditanyakan

Interview talent acquisition yang sering ditanyakan interview
Pengembangan Diri

Interview merupakan salah satu tahap penting dalam proses recruitment karena disini  kandidat akan ditanya langsung oleh recruiter.

Supaya lolos tahap interview pastikan kamu sudah latihan dan mempersiapkan diri dengan baik, karena tahap ini merupakan yang terpenting dalam proses rekrutmen.

Interview Talent Acquisition

Seorang talent acquisition memiliki tugas untuk membantu perusahaan dalam memenuhi kebutuhan bakat dengan membuat strategi jangka pendek dan jangka panjang untuk menarik, mencari, dan merekrut kandidat potensial.

Seorang talent acquisition akan mengumpulkan, menganalisis, dan memanfaatkan data untuk menginformasikan keputusan bakat dan bekerja untuk memenuhi tuntutan baik dari perusahaan maupun kandidat selama proses perekrutan.

Berikut ini merupakan beberapa pertanyaan umum dan teknikal dalam proses interview talent acquisition dan bagaimana cara menjawabnya.

Pertanyaan Umum 

  • Ceritakan sedikit tentang diri kamu.

Jelaskan secara singkat mengenai diri kamu seperti nama, domisili dan kesibukan kamu saat ini, kamu juga bisa menambahkan pengalaman kamu dalam talent acquisition

  • Apa minat atau hobi kamu di luar pekerjaan?

Ceritakan aktivitas yang kamu suka diluar pekerjaan, seperti hobi atau lainnya, ini untuk melihat apakah kamu merupakan orang yang aktif diluar pekerjaan atau tidak.

  • Apa yang membuat kamu tertarik masuk ke dalam bidang talent acquisition?

Berikan alasan yang kuat kenapa kamu tertarik untuk bekerja dibidang ini seperti suka bertemu orang baru, menarik atau lainnya.

  • Mengapa kamu ingin bekerja di perusahaan kami?

Berikan alasan kenapa kamu harus diterima dalam perusahaan, seperti perusahaan cocok dengan visi misi kamu atau lainnya. Cari informasi mengenai perusahaan sebanyak mungkin.

  • Keterampilan apa yang menurut kamu cocok untuk memenuhi peran ini?

Berikan ketrampilan yang cocok untuk mengisi posisi ini seperti komunikasi, adaptasi hingga bertanggung jawab.

  • Apa langkah-langkah dalam proses talent acquisition ?

Jawab pertanyaan dengan berikan langkah-langkah dalam proses acquisition mulai dari perencanaan kebutuhan hingga proses on-boarding.

  • Bagaimana cara kamu tetap update dengan tren perekrutan?

Kamu harus selalu update tentang trend perekrutan, jawab pertanyaan ini dengan cara kamu selalu mengikuti dan berkoneksi dengan orang-orang bidang HR untuk mendapat informasi.

  • Bagaimana cara kamu dapat membantu perusahaan dalam menemukan kandidat yang cocok?

Jawab pertanyaan ini dengan cara strategi yang akan kamu gunakan dalam proses recruitmen.

Baca Juga : Talent Acquisition : Pengertian, Tugas, Skill Hingga Gajinya

Pertanyaan Teknikal tentang Talent Acquisition

  • Apa yang kamu cari dalam seorang kandidat?

Berikan alasan secara kuat mengenai kandidat yang kamu cari seperti sesuai requirement yang dibutuhkan atau yang memiliki visi misi yang sama dalam perusahaan.

  • Prestasi terbesar kamu sebagai spesialis talent acquisition?

Berikan prestasi terbesar kamu saat menjadi talent acquisition, seperti mendapatkan kandidat dalam jangka waktu beberapa hari atau kandidat merupakan orang yang berhasil meningkatkan performa didalam perusahaan.

  • Apakah kamu pernah menggunakan sistem pelacakan pelamar?

Ceritakan pengalaman kamu saat menggunakan sistem pelacakan proses recruitment untuk melihat sejauh mana proses yang sudah kamu lakukan.

  • Apa pengalaman kamu dalam perekrutan online?

Ceritakan pengalaman kamu saat proses recruitment seperti kendala dan bagaimana kamu mengatasi kendala tersebut.

  • Sumber apa yang kamu gunakan untuk mencari kandidat berkualifikasi?

Berikan informasi beberapa sumber yang kamu gunakan dalam proses recruitmen untuk mencari kandidat, kamu dapat menjawabnya melalui portal lowongan kerja atau sosial media.

  • Bagaimana kamu mempersiapkan dirimu untuk wawancara dengan kandidat?

Ceritakan apa saja yang perlu kamu persiapkan saat akan melakukan proses wawancara dengan kandidat.

  • Langkah apa yang kamu ambil untuk membantu proses adaptasi karyawan baru?

Berikan strategi yang akan kamu gunakan untuk mengakrabkan karyawan baru dengan perusahaan saat proses onboarding.

  • Bagaimana kamu tetap terhubung dengan kandidat?

Berikan strategi yang akan kamu gunakan dalam proses menjaga hubungan baik dengan kandidat, contohnya selalu berkomunikasi atau lainnya.

  • Bagaimana kamu akan memutuskan antara dua kandidat dengan kualifikasi yang serupa?

Dalam menjawab ini pastikan kamu memiliki alasan yang kuat  kenapa memilih kandidat tersebut, seperti etika, skill diluar pekerjaan atau visi misinya yang sejalan dengan perusahaan.

  • Apa yang akan kamu lakukan jika seorang kandidat terlambat atau tidak datang untuk wawancara?

Berikan respon kamu saat seorang kandidat terlambat atau tidak datang, seperti menghubungi kandidat ulang, memastikan jadwal ulang atau lainnya.

  • Pertanyaan apa yang akan kamu ajukan saat melakukan wawancara melalui telepon?

Sebelum melakukan interview melalui telepon, pastikan terlebih dahulu kamu mempersiapkan apa saja yang akan ditanyakan.

 


Nah itu dia beberapa pertanyaan interview talent acquisition yang sering ditanyakan recruiter. Dalam proses interview sebaiknya kamu menjawab semua pertanyaan dengan tegas dan sesuai dengan pemahaman yang kamu miliki. Apabila kamu masih bingung mengenai talent acquisition dan ingin lebih memahami peran ini, kamu dapat mengikuti kursus online talent acquisition di Arkademi.

Dalam kursus ini kamu akan belajar dari dasar mengenai pengertian talent acquisition hingga proses dan pengelolaannya, selain itu kamu juga akan diajar oleh mentor yang sudah berpengalaman dalam bidangnya.