1. Home
  2. Karier
  3. 9 Cara Menjadi Youtuber yang Menghasilkan Uang, Seperti Apa Sih?

9 Cara Menjadi Youtuber yang Menghasilkan Uang, Seperti Apa Sih?

Karier
intip tips dan cara menjadi youtuber yang menghasilkan uang

Youtube menjadi akun channel yang mana disukai anak-anak jaman sekarang. Apalagi di era millenial ini, banyak yang suka menonton Youtube. Sehingga banyak yang ingin menjadi Youtuber. Terdapat cara menjadi Youtuber yang menghasilkan uang, karena tidak munafik disitu kamu juga bisa dapat untung.

Enaknya di aplikasi ini, kamu akan mendapatkan informasi secara visual maupun audiovisual. Memungkinkan kamu cepat untuk memahaminya. Bagi yang tidak tahu, mungkin Youtube hanya dijadikan tontonan biasa, tetapi bagi yang tahu bisa memanfaatkan untuk menghasilkan cuan.

Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

Yuk simak berikut ini, cara mendapatkan uang dari Youtube, diantaranya:

1. Buat Akun Youtube

Otomatis yah, tidak akan mungkin terjadi cuan yang mengalir kalau kita belum mengaksesnya dari awal, mendaftar atau membuat akun Youtube-nya. Cara menjadi youtuber memang harus lewat sini dulu, dan buatlah channel yang memiliki tema khusus, jadi target audiens terjangkau.

Dengan tema khusus yang dimiliki, kamu bisa menjangkau audiens tertentu yang kamu inginkan atau targetkan. Video yang dibuat nantinya akan terkonsep dengan baik, sehingga itu bisa jadi cara jadi youtuber pemula yang baik dan konsisten.

Baca Juga : Daftar 10 Hobi yang Bisa Jadi Sumber Cuan!

2. Tentukan Niche 

Dalam menentukan niche jangan asal-asalan, karena itu mempengaruhi target audiens mana yang sedang ia cintai atau sukai. Mulai dari situ, keuntungan akan kamu dapat walaupun masih jadi Youtuber pemula.

Niche yang banyak disukai oleh penonton Youtube, diantaranya: kecantikan, kuliner, travelling, teknologi, musik, hingga gaya hidup. Adapun niche lain yang tak kalah menarik, yaitu hewan. Ini yang banyak disukai anak-anak sekarang, mulai kucing dan lain-lain.

3. Tentukan Tipe atau Jenis Konten

Cara jadi Youtuber pemula pake hp, bisa kamu gunakan, mulai dari menentukan tipe atau jenis konten. Kalau ini lebih ke bagian umum dari niche atau tema khusus yang sudah kamu buat di atas, mulai dari tipe atau jenis konten edukasi, hiburan, dan review. Semua ini saling berkaitan dan mengisi.

Saat kamu bisa fokus di dua ini (niche dan tipe), maka otomatis akun Youtube-mu, gampang dikenali orang dan banyak yang ingin melihatnya walaupun masih pemula atau akun baru. Jika diupload secara konsisten dan ada tema-tema menarik yang belum dipunya kompetitor, itu pasti memiliki nilai jual baik.

4. Tentukan Unique Value dari Konten

Tentukan hal unik, yang ada di akun channel Youtube-mu. Bagaimana cara menjadi Youtuber yang cepat terkenal, bisa kamu lihat dalam cara ini. Kenapa?, karena ini berkaitan dengan identitas atau branding yang kamu miliki, beda dengan yang lain (sebagai pembeda).

Dengan hal unik yang ada di akun channel kamu, membuat semakin cepat dalam menghasilkan uang. Pembeda ini menjadi ciri khas dalam akunmu dan para kompetitor. Misal, kamu mengenalkan bahasa desamu, yang belum tentu sama di bahasa negara lain. Itu adalah suatu hal yang unik.

Baca Juga : Rekomendasi Kelas Video Editing dan Software Untuk Pemula

5. Daftarkan Google Adsense

Cara daftar jadi Youtuber yang cepat menghasilkan uang, selanjutnya bisa dilihat dalam langkah ini. Jika video yang kamu punya memiliki banyak pengunjung dan memiliki keunikan tersendiri, maka jangan ragu-ragu untuk daftarkan akun channel ke Google Adsense.

Cara menjadi Youtuber yang menghasilkan uang dimulai dari sini. Kamu, dalam mendaftarkan akun, video yang kamu unggah harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku agar diterima oleh Google untuk pemasangan iklan. Langkah ini bisa menjadi langkah praktis dalam mendapatkan uang tanpa SARA.

6. Tentukan Target Youtube

Seperti tadi yah, diulas sebelumnya kita harus menentukan target dalam pengunjung, siapa penontonnya, dan umur berapa, mungkin klasifikasi kehidupannya juga perlu. Kamu harus memiliki target penonton dalam beberapa video dan waktu. Karena itu berkaitan dengan cuan yang kamu ambil.

Misal, kamu ingin memiliki jumlah Subscribers 1000 orang dalam 3 bulan, maka tentukan effort apa yang pantas dilakukan untuk mencapai hal tersebut. Tentukan jumlah Engagement (berkaitan dengan Like, Comment, dan Share) dalam 1 video. Sehingga nantinya tidak akan menyesal jadi Youtuber.

7. Pahami SEO dan Algoritma Youtube

Ternyata, kita tidak asal Adsense langsung dapat uang, tetapi kita perlu memahami algoritma dan SEO dari Youtube. Bagaimana caranya?, perlu belajar dan algoritma Youtube setiap tahun mengalami perubahan atau perkembangan secara dinamis.

Kita perlu update untuk mengetahui hal tersebut. Algoritma ini nantinya berpengaruh pada penilaian video yang kita miliki, apakah memiliki kualitas baik atau tidak. Jika baik nantinya bisa direkomendasikan ke banyak orang. Ini adalah cara menjadi youtuber yang menghasilkan uang selanjutnya.

Baca Juga : Apa itu SEO Marketing dan 3 Tools Gratis yang Bisa Dimanfaatkan!

8. Manfaatkan Fitur-Fitur Youtube

Manfaatkan fitur-fitur Youtube yang ada, dimulai dari fitur Membership yang mana bagi setiap Youtuber yang memiliki jumlah Subscriber lebih dari 1000 akan menjadi member dari Youtube dan memiliki akses ke dalam konten-konten eksklusif yang belum tentu didapat oleh video Subscribers biasa.

Manfaatkan alat promosi gratis dari Youtube, yang masih belum daftar Adsense atau masih jadi Youtuber pemula. Dari situ, kamu bisa mengenalkan akun channel. Kemudian manfaatkan Call to Action (CTA) yang ada di Youtube, mulai dari Like, Share, Comment, and Subscribe.

9. Melakukan riset kompetitor

Ini perlu sih, agar tahu kebutuhan zaman dan yang paling diminati apa. Inovasi-inovasi tema atau cara penyajian yang unik bisa dicontoh dan dimodifikasi dengan baik agar menghasilkan uang yang berlimpah tanpa menghilangkan identitas.

Pentingnya melakukan riset kompetitor agar tahu kelemahan maupun kelebihan dari akun channel yang kita punya. Jadi terus upgrade diri dalam kebaikan. Dari situ, bisa menganalisa trend apa yang sedang ada di pasar dan cara memperkuat branding secara personal maupun produk.

Untuk menjadi seorang youtuber yang mampu menghasilkan uang pasti tidak mudah. Butuh beragam skill dan kemampuan dasar seperti misalnya edit video. 

Di Arkademi ada banyak kursus yang bisa dicoba untuk membantu kamu menjadi youtuber. Salah satu kursus yang wajib kamu coba adalah Kelas belajar video editor mulai dari nol ala Youtuber.

Di kelas ini kamu akan belajar tentang adobe premiere, membuat sequence dan masih banyak lagi, jadi jangan sampai terlewatkan untuk mendapatkan skill baru yang bisa kamu coba untuk mendapatkan uang dari youtube.

Ingin mendapatkan diskon kelas di Arkademi ? Kamu bisa download aplikasi Arkademi dan dapatkan arkademi koin hingga 20.000 yang nantinya bisa kamu tukarkan untuk membeli kelas di Arkademi.

Nah, Itulah 9 cara menjadi Youtuber yang menghasilkan uang, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. 

Rekomendasi