6 Tips Ampuh Agar Lolos Prakerja Tahun 2024

Tips lolos prakerja
Prakerja

Selama masa berjalannya, Program Kartu Prakerja telah berhasil menjalankan misi gandanya yaitu meningkatkan keterampilan dan menjadi perlindungan bagi masyarakat terhadap kebekerjaan, kewirausahaan, pendapatan, ketahanan pangan, ketahanan finansial, dan inklusi keuangan, termasuk bagi kelompok marjinal. Pada tahun 2024, program Kartu Prakerja akan lebih berfokus pada peningkatan kompetensi kerja bagi para pencari kerja, pekerja terkena PHK, dan/atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan oleh peserta Kartu Prakerja, diantaranya mengembangkan kompetensi, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja, serta mengembangkan kewirausahaan. Adapun tips agar lolos Prakerja adalah sebagai berikut.

1. Penuhi Persyaratanya

Tips agar lolos Prakerja yang pertama adalah mengikuti seluruh persyaratan yang tercantum pada situs website https://www.prakerja.go.id/. Berikut merupakan persyaratan yang harus diikuti oleh calon penerima Program Kartu Prakerja.

  • WNI dengan minimal usia 18 tahun dan maksimal usia 64 tahun
  • Tidak sedang menjalani pendidikan formal
  • Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.
  • Bukan merupakan pejabat negara, Pimpinan dan anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa, serta Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
  • Hanya diperbolehkan maksimal 2 NIK dalam satu KK yang menjadi penerima Kartu Prakerja.

Baca Juga : Inilah Cara Daftar Ulang Prakerja bagi yang Gagal

2. Pastikan Data yang Dimasukan Sudah Sesuai dan Benar

Pastikan data yang kamu masukkan telah sesuai dengan data pada Dukcapil. Perhatikan tulisan nama lengkap, tanggal lahir, NIK apakah telah sesuai. Kemudian, jika data tidak sesuai, calon peserta dapat menghubungi dukcapil melalui telp/fax :  (021) 79194075 / (021) 7980655 dan (021) 7949770, atau melalui Whatsapp/SMS 08118005373 dan email ke callcenter@dukcapil.kemendagri.go.id. Selain itu calon peserta juga dapat menyelesaikan keluhan dengan mengunjungi kantor Dukcapil terdekat.

3. Pastikan Email dan Nomor Masih Aktif

Langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa email dan nomor telepon yang didaftarkan masih aktif. Hal ini cukup penting karena verifikasi akun Prakerja dan informasi terkait akan disampaikan melalui SMS ataupun email yang didaftarkan.

Baca Juga : Kabar Gembira Inilah Persyaratan Kartu Prakerja Terbaru 2024

4. Cek Kondisi Internet

Kondisi internet yang baik akan mempermudah kelancaran proses pendaftaran Kartu Prakerja. Pastikan kamu memiliki kondisi internet yang baik, agar seluruh proses pendaftaran dapat terselesaikan dengan cepat.

5. Jawab Tes Minat Bakat Dengan Benar

Setelah mengisi seluruh data diri pada website Prakerja, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengikuti gelombang Prakerja. Pada tiap gelombang, seluruh calon peserta diwajibkan untuk mengikuti tes minat bakat.

Tes ini dilakukan untuk mengetahui potensi serta kemampuan diri calon peserta terhadap suatu bidang. Jawablah seluruh tes dengan benar dan akurat karena tes ini juga akan menjadi penentu calon peserta berhak untuk mendapatkan Prakerja.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Data Prakerja yang Salah

6. Pastikan Kondisi Sehat dan Fit

Tips agar lolos Prakerja yang terakhir adalah kamu harus dalam keadaan sehat dan fit. Meskipun seluruh proses pendaftaran dilakukan secara online, calon peserta dianjurkan dalam kondisi yang sehat. Hal ini karena seluruh proses pendaftaran berjalan cukup panjang. Keadaan yang tidak sehat tentunya akan mengganggu fokus dan aktivitas pendaftaran Prakerja.

Kesuksesan Program Kartu Prakerja dalam meningkatkan sumber daya angkatan kerja didorong oleh seluruh lembaga pelatihan yang bermitra dengan program. Pelatihan yang diberikan oleh Program Kartu Prakerja telah memberikan skilling, reskilling, serta upskilling kepada seluruh peserta sehingga mereka lebih produktif dan memiliki kemampuan dalam bidang yang diminati.

Terdapat 389 lembaga pelatihan yang pernah bergabung menjadi mitra pelatihan Program Kartu Prakerja, salah satunya Arkademi. Arkademi adalah perusahaan yang memiliki izin resmi dalam menyelenggarakan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI. Lembaga ini memiliki kurus dan pelatihan kompetensi terbaik di berbagai macam bidang yang diajarkan oleh instruktur handal dan berpengalaman di bidangnya dengan pengakuan industri dan lisensi profesi.

Arkademi menyediakan berbagai macam bidang pelatihan mulai dari marketing, keuangan, bahasa, desain grafis, dan hingga kewirausahaan. Adapun rangkaian kegiatan pelatihan Prakerja di Arkademi meliputi webinar, pre-test, kuis, post-test, dan unjuk keterampilan. Tunggu apa lagi? Ikuti Pelatihan Prakerja di Arkademi Sekarang!

banner prakerja