Inilah Cara Daftar Ulang Prakerja bagi yang Gagal

Prakerja

Prakerja merupakan program dari pemerintah yang menawarkan pelatihan dan sertifikasi kompetensi peserta dengan meningkatkan keterampilan dan kemampuan kerja mereka. Untuk mendapatkan akses ke program ini, peserta harus melewati tahap seleksi.

Dengan antusiasme yang tinggi, prakerja biasanya akan membuka kesempatan bagi masyarakat untuk mendaftarkan dirinya saat gelombang prakerja sedang dibuka. Setiap gelombang sendiri biasanya memiliki kuota sehingga banyak dari masyarakat yang tidak lolos dalam suatu gelombang tersebut.

Untuk peserta yang tidak lolos ternyata tidak perlu khawatir, karena kuota dan kesempatan untuk lolos akan selalu terbuka selama gelombang prakerja masih dibuka.

Berikut ini merupakan cara bagaimana daftar ulang kartu prakerja bagi kamu yang tidak lolos gelombang sebelumnya .

Cari tahu penyebab gagal lolos kartu Prakerja

Dari kegagalan pendaftaran itu biasanya disebabkan oleh banyak faktor, apa saja penyebab dari kegagalan pendaftaran kartu Prakerja Yuk simak!

1. Tidak memenuhi syarat

Setiap program pelatihan Kartu Prakerja memiliki persyaratan khusus, seperti usia, tingkat pendidikan, dan status pekerjaan. Jika peserta tidak memenuhi persyaratan tersebut, maka mereka tidak akan dapat lolos dalam seleksi.

2. Salah mengisi data

Ketika mendaftar untuk program Kartu Prakerja, peserta harus mengisi data dengan benar dan akurat. Jika ada kesalahan dalam mengisi data, misalnya nomor KTP atau alamat yang salah, maka peserta akan ditolak.

3. Kehabisan Kuota

Program Kartu Prakerja sangat diminati oleh banyak orang, sehingga persaingan dalam tahap seleksi dapat sangat ketat. Selain itu pihak prakerja juga membatasi kuota untuk setiap gelombang yang dibuka, sehingga ini akan menyebabkan beberapa peserta akan gagal.

Baca Juga : 3 Jenis Pelatihan Kartu PraKerja Terbaru 2023

Setelah mengetahui alasan kenapa tidak lolos kamu dapat melakukan pendaftaran ulang. Kamu dapat mendaftarkan ulang jika alasan gagal kamu adalah salah mengisi data atau kehabisan kuota.

Apabila kamu gagal lolos karena salah mengisi data, kamu dapat melakukan validasi data dengan menghubungi kontak prakerja, pastikan data sudah benar dan sesuai sebelum melakukan pendaftaran ulang.

Jika penyebab ketidak lolosan kamu adalah karena kuota maka kamu cukup melakukan login ulang ke dalam dashboard Prakerja pada saat pembukaan ulang prakerja. Silahkan lakukan pendaftaran ulang terhadap gelombang baru yang sudah dibuka.

Nah itu dia cara daftar ulang kartu prakerja yang perlu kamu ketahui. Sebagai informasi bahwa prakerja akan selalu membuka gelombang baru untuk peserta yang belum lolos. Untuk peserta yang gagal sebanyak 3x atau lebih, kamu juga dapat mengirimkan surat pernyataan gagal kepada pihak prakerja.

Arkademi merupakan lembaga pelatihan yang menjadi mitra prakerja. Arkademi menyedikan ratusan kursus online bersertifikat yang akan membantu kamu untuk meningkatkan skill dan mendapatkan pekerjaan impian.

banner prakerja