10+ Rekomendasi Kelas Prakerja Terbaik di Arkademi

rekomendasi kelas prakerja
Prakerja

Program Kartu Prakerja merupakan sebuah program bantuan sosial dari pemerintah yang ditujukan untuk pencari kerja yang berfungsi sebagai platform mereka dalam peningkatan skill/kompetensi.

Kamu penerima Kartu Prakerja yang masih bingung untuk memilih pelatihan apa yang cocok denganmu? Yuk simak dan asah skill kamu melalui rekomensasi kelas prakerja berikut.

Rekomendasi Kelas Prakerja Terbaik

Di Prakerja Arkademi memiliki banyak kelas yang bisa kalian pilih total ada 28 kelas yang ada di Pelatihan Prakerja Arkademi. Nah, berikut ini adalah 13 kelas Prakerja terbaik dari Arkademi. Kamu bisa pilih salah satu untuk upgrade skill-mu

1. Teknik SEO untuk Memperluas Target Market Pemasaran

Pada kursus SEO ini, kamu akan mendapatkan teknik-teknik dan strategi yang sesuai untuk mengolah artikel atau kalimat deskripsi yang tentunya SEO friendly. Di samping itu, berbagai profesi juga mengandalkan SEO Techniques.

Mulai dari wartawan media online yang menggunakan SEO untuk menulis berita, atau Copywriter untuk menjadi panduan dalam menulis, hinga SEO Specialist yang memiliki tanggungjawab untuk meningkatkan traffic website.

2. Motion Graphic dengan Adobe After Effect

Kursus Motion Graphic dengan Adobe After Effect ini bisa membuatmu menguasai cara menggunakan Adobe After Effect dan konsep Motion Graphic, Tipografi dalam Motion Graphic, Membuat Ilustrasi dan Grafis Bergerak, hingga Output dan Ekspor Motion Graphic dari Adobe After Effect.

Dengan menyelesaikan seluruh rangkaian dari kursus ini, harapannya kamu mampu untuk menghasilkan suatu rancangan motion grafik menggunakan Adobe After Effect yang sesuai dengan prinsip elemen-elemen Adobe After Effect.

3. Merancang Web untuk Menjadi Frontend Developer Menggunakan HTML

Pelatihan ini mengacu pada pengembangan tampilan situs dengan menggunakan bahasa pemrograman seperti CSS (Cascading Style Sheets), HTML (Hypertext Markup Language), dan Javascript.

Nantinya kamu akan mempelajari HTML, CSS, JAVASCRIPT, hingga Version Control System. Setelah mengikuti pelatihan ini, harapannya kamu dapat mengkonstruksi pengkodean HTML untuk menyusun halaman website pada sesi unjuk keterampilan.

4. Teknik dan Strategi Penjaga Toko

Pelatihan Teknik dan Strategi Penjagaan Toko ini sudah  berbasis kompetensi Indonesian Online Vacancy Outlook 2020 – 5221 dengan mengacu pada okupasi Shopkeeper ini.

Dengan menyelesaikan pelatihan ini, harapannya kamu bisa menguasai ilmu Manajemen Toko dan mampu membuat rancangan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan.

Baca Juga: Tips dan Cara Memilih Pelatihan Prakerja Agar Tidak Salah

5. Perhitungan Akuntansi Dasar

Melalui pelatihan ini, kamu akan mempelajari tentang dasar akuntansi, akuntansi dan usaha dagang, ayat penyesuaian, hingga cara menghitung aktiva tetap.

Harapannya, setelah menyelesaikan kursus ini kamu dapat menyusun laporan keuangan dengan benar sesuai aturan pada saat sesi unjuk keterampilan dengan memenuhi nilai minimal 80%.

6. Manajemen Aset General Affair

Melalui kelas Manajemen Aset General Affair ini, kamu akan mempelajari mengenai Konsep Maintenance Building, Time Management dan Skala Prioritas, hingga Penguasaan Pemecahan Masalah Asset Management.

Dengan mengikuti pelatihan ini, kamu dapat menampilkan penguasaan dalam pemecahan masalah umum pada pengelolaan logistik.

7. Komunikasi Bisnis dengan Bahasa Mandarin

Dalam kelas ini, peserta pelatihan akan mempelajari untuk mengenal, memahami, menerapkan dan berkomunikasi menggunakan Bahasa Mandarin, khususnya bagi Sekretaris di perusahaan.

Peserta tidak hanya mempelajari bahasa Mandarin Dasar, namun juga mempelajari beberapa contoh penerapan dan study case langsung.

8. Keamanan Produk Pangan berdasarkan ISO 22000

Dalam konteks pelatihan ini, peserta akan memperoleh pemahaman terhadap Food Safety Management System (FSMS), Dasar-dasar HACCP, ISO 22000, hingga Program Manajemen Risiko (PMR), serta jenjang karir dan pembelajaran terkait Pengawas Kebersihan dan Keamanan Pangan.

Diharapkan setelah menyelesaikan kelas ini, peserta dapat merancang langkah-langkah persiapan HACCP dan Program Manajemen Risiko (PMR) untuk produk makanan.

Baca Juga: 3 Jenis Pelatihan Kartu Prakerja 2024 yang Wajib Kamu Tau!

9. Teknik Public Speaking

Melalui pelatihan ini, kamu akan mempelajari dasar-dasar public speaking, taktik komunikasi, hingga tantangan seorang public speaker dan menyusun naskah.

Setelah mengikuti pelatihan ini, harapannya kamu dapat mempraktikkan pidato dengan teknik public speaking yang tepat dan sesuai berdasarkan naskah yang dibuat.

10. Manajemen Rantai Pasokan, Desain dan Operasional

Supply Chain Management merupakan suatu bentuk sistem organisasi yang bertujuan untuk menyalurkan produk maupun jasa kepada konsumen.

Di sini kamu akan mempelajari mengenai pengenalan manajemen rantai pasok, strategi manajemen rantai pasok, forecasting, manajemen inventori, dan perencanaan distribusi.

11. Sistem Formulir Pengawasan K3LL

Untuk mengurangi tingkat kecelakaan yang terjadi akibat melakukan pekerjaan dengan risiko bahaya, maka perlu adanya pelaksanaan tindakan yakni penerapan sistem K3LL.

Dalam pelatihan ini, kamu akan mendapatkan pemahaman mengenai inspeksi K3LL, serta praktik penerapan dengan membuat rancangan checklist dan alur inspeksi K3LL.

12. Prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Perusahaan

Memahami dasar teori sertifikat K3 umum di lingkungan kerja bertujuan untuk mengurangi kerugian materiil yang dapat terjadi, hingga mendorong produktivitas dan efisiensi kerja.

Melalui kursus ini, akan disajikan secara bertahap membahas K3 dari tahap teori substantif hingga praktik, mulai dasar-dasar K3, pengendalian risiko, hingga materi investigasi kecelakaan kerja.

13. Dasar Pemrograman Website Developer

Profesi Web Developer memungkinkan individu untuk menciptakan sebuah situs mulai dari perencanaan pembuatan situs, pengujian situs, penguasaan bahasa pemrograman dan framework, penulisan kode, hingga pemahaman desain website.

Melalui pelatihan ini, peserta akan memperoleh pengetahuan tentang Introduction to Visual Design for Web Developers, bahasa pemrograman HTML, CSS, JavaScript, Sistem Kontrol Versi, hingga Desain Tata Letak Flexbox, serta jenjang karir dan pembelajaran sebagai Web Developer.

Baca Juga: Cara Melihat Pelatihan Prakerja yang Sudah Dibeli

Cara Membeli Kelas Pra Kerja Di Arkademi

Bagi Arkawan penerima bantuan Prakerja, berikut ini adalah panduan cara membeli kelas pelatihan di Arkademi :

  1. Pastikan Saldo Prakerja Cukup
  2. Silahkan pilih dan beli kelas pelatihan Prakerja di Arkademi di mitra yang sudah bekerja sama seperti Bukalapak, Tokopedia, Pijar Mahi, Cakap, Maubelajarapa, Sekolahmu, Pintaria
  3. Silahkan Tukarkan kode kupon yang didapatkan di dalam Arkademi

Untuk panduan cara pembelian kelas-kelas tersebut, kamu bisa cek langsung di Panduan Prakerja Arkademi melalui Panduan Prakerja

Selain itu, bagi Arkawan yang bukan penerima Prakerja juga bisa membeli kelas pelatihan regular di Arkademi dan dapatkan potongan harga dengan menggunakan koin Arkademi saat melakukan pendaftaran di Aplikasi Arkademi.