Persyaratan Kartu Prakerja Terbaru 2023

Persyaratan kartu prakerja
Prakerja

Kartu prakerja tahun 2023 memiliki skema yang berbeda dibandingkan dengan tahun 2022.

Pada tahun 2023 ini skema berubah dari yang tadinya belajar online melalui video, kali ini PMO memutuskan untuk merubahnya menjadi tiga, yaitu pelatihan online, pelatihan offline dan pelatihan campuran.

Dengan adanya perubahan tersebut pastinya akan banyak perubahan yang terjadi, seperti perbedaan intensif, metode pembelajaran, hingga apa saja yang harus dipersiapkan.

Untuk kamu yang belum lolos pelatihan prakerja pada gelombang-gelombang sebelumnya tidak perlu khawatir, karena pada tahun 2023 ini tidak terdapat perbedaan jauh untuk persyaratan kartu prakerja.

Berikut ini merupakan persyaratan kartu prakerja 2023 :

Usia minimal 18 tahun dan maksimal 64 tahun

Persyaratan pertama adalah mempunyai usia 18 tahun hingga maksimal 64 tahun. Tidak ada pendidikan minimum dalam hal ini. Tapi seperti diketahui bahwa sebagian kelas menyediakan minimum pendidikan dalam kelas yang harus dipilih

Merupakan pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi

Kartu Prakerja diperuntukan untuk warga negara yang saat ini dalam posisi mencari kerja karena berbagai faktor. Dengan adanya kartu prakerja ini diharapkan akan meningkatkan kompetensi sehingga akan membantu dalam proses pencarian pekerjaan.

Baca Juga : 6 Tips Agar Lolos Prakerja Tahun 2023, Jangan Sampai Ketinggalan

Tidak sedang mengikuti pendidikan formal

Persyaratan selanjutnya adalah tidak sedang mengikuti pendidikan formal, kartu prakerja tidak diperuntukan untuk pelajar karena lebih difokuskan untuk para pencari kerja dan tidak bukan pendidik.

Bukan pejabat negara, ASN, TNI, Polri, pimpinan dan anggota DPRD, Kepala Desa dan perangkat desa, hingga Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas BUMN dan BUMD

Pejabat negara atau yang bekerja untuk negara tidak dianjurkan untuk mengikuti pelatihan prakerja ini karena prakerja merupakan program yang diadakan pemerintah untuk membantu pencari kerja di Indonesia untuk mencari pekerjaan.

Dalam 1 Kartu Keluarga hanya diperbolehkan maksimal 2 anggota keluarga yang menjadi penerima Kartu Prakerja.

Persyaratan terakhir adalah dalam satu keluarga hanya boleh mendaftarkan maksimal 2 anggotanya dalam kartu prakerja ini.

Apabila kamu mendaftarkan lebih dari 2 anggota keluarga dalam 1 KK maka pihak prakerja akan mengetahui hal tersebut sehingga tidak mempunyai kemungkinan untuk lolos.

Nah itu merupakan persyaratan yang diperlukan dalam mengikuti kartu prakerja. Arkademi merupakan lembaga pelatihan yang bekerja dengan Prakerja untuk menyediakan pelatihan online.

Arkademi merupakan lembaga pelatihan yang bekerja sama dengan Prakerja

Tunggu apalagi, ayo daftarkan dirimu untuk mengikuti kartu prakerja di Arkademi sekarang juga.