Kabar Gembira Inilah Persyaratan Kartu Prakerja Terbaru 2024

Persyaratan kartu prakerja
Prakerja

Kartu Prakerja tahun 2024 memiliki skema yang hampir sama dengan tahun 2023. Kesamaan pada tahun 2024 ini bisa dilihat dari 3 jenis pelatihan yang hampir sama dengan tahun 2023. Pada tahun 2024 ini terdapat 3 jenis pelatihan yaitu webinar, pembelajaran mandiri, dan pelatihan tatap muka.

Untuk kamu yang belum lolos pelatihan prakerja pada gelombang-gelombang sebelumnya tidak perlu khawatir, karena pada tahun 2024 ini tidak terdapat perbedaan jauh untuk persyaratan kartu prakerja. Nah, buat yang belum tahu apa saja persyaratan kartu Prakerja 2024? Yuk simak di bawah ini!

Berikut ini merupakan persyaratan kartu prakerja 2024:

Kamu bisa cek pada persyaratan di bawah ini, apakah kamu merupakan orang yang sesuai untuk menjadi penerima pelatihan kartu Prakerja?

1. Umur Peserta

Usia minimal 18 tahun dan maksimal 64 tahun, persyaratan pertama adalah mempunyai usia 18 tahun hingga maksimal 64 tahun. Tidak ada pendidikan minimum dalam hal ini. Tapi seperti diketahui bahwa sebagian kelas menyediakan minimum pendidikan dalam kelas yang harus dipilih

2. Status Pekerjaan

Merupakan pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Kartu Prakerja diperuntukan untuk warga negara yang saat ini dalam posisi mencari kerja karena berbagai faktor. Dengan adanya kartu prakerja ini diharapkan akan meningkatkan kompetensi sehingga akan membantu dalam proses pencarian pekerjaan.

Baca Juga : Inilah Cara Daftar Ulang Prakerja bagi yang Gagal

3. Tidak sedang mengikuti pendidikan formal

Persyaratan selanjutnya adalah tidak sedang mengikuti pendidikan formal, kartu prakerja tidak diperuntukan untuk pelajar karena lebih difokuskan untuk para pencari kerja dan tidak bukan pendidik.

4. Bukan Anggota atau Pegawai Negeri Sipil

Bukan pejabat negara, ASN, TNI, Polri, pimpinan dan anggota DPRD, Kepala Desa dan perangkat desa, hingga Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas BUMN dan BUMD Pejabat negara atau yang bekerja untuk negara tidak dianjurkan untuk mengikuti pelatihan prakerja ini karena prakerja merupakan program yang diadakan pemerintah untuk membantu pencari kerja di Indonesia untuk mencari pekerjaan.

5. Satu Kartu Keluarga untuk 2 Penerima Program Kartu Prakerja

Dalam 1 Kartu Keluarga hanya diperbolehkan maksimal 2 anggota keluarga yang menjadi penerima Kartu Prakerja. Persyaratan terakhir adalah dalam satu keluarga hanya boleh mendaftarkan maksimal 2 anggotanya dalam kartu prakerja ini.

Apabila kamu mendaftarkan lebih dari 2 anggota keluarga dalam 1 KK maka pihak prakerja akan mengetahui hal tersebut sehingga tidak mempunyai kemungkinan untuk lolos.

Baca Juga: Contoh Ulasan Pelatihan Prakerja dan Cara Membuatnya Terbaru

Nah itu merupakan persyaratan yang diperlukan dalam mengikuti kartu prakerja. Arkademi merupakan lembaga pelatihan yang bekerja dengan Prakerja untuk menyediakan pelatihan online. Tunggu apalagi, ayo daftarkan dirimu untuk mengikuti kartu prakerja di Arkademi sekarang juga.

banner prakerja