1. Home
  2. Karier
  3. 7 Cara Menjadi Sales Executive yang Dapat Diandalkan dan Skill Setnya

7 Cara Menjadi Sales Executive yang Dapat Diandalkan dan Skill Setnya

Karier Pengembangan Karier Persiapan Kerja
cara menjadi sales executive yang handal dan sukses

Umumnya setiap Perusahaan memiliki divisi Marketing & Sales, yang berperan dalam hal penjualan. Di Startup misalnya, Sales Executive biasanya disebut Account Executive (AE). 

Tugas Sales Executive fungsinya adalah menjalin relasi dengan klien dan melakukan penjualan produk. Seiring perkembangan teknologi, tentunya peran profesi ini akan semakin bergeser dan bisa tergantikan oleh teknologi. Tapi sebenarnya bagaimana cara menjadi sales executive yang baik itu, 

Cara Menjadi Sales Executive yang Sukses

Untuk menjadi sales executive yang sukses, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu siapkan.

1. Kenali Produk/Jasa

Bukan tanpa arti, cara menjadi sales yang baik adalah dengan punya pemahaman menyeluruh tentang produk/jasa yang ditawarkan berada pada nomor satu.

Pasalnya, seorang sales harus mampu menjelaskan produk kepada seseorang yang mungkin sama sekali tidak memiliki minat pada produk maupun jasa yang ditawarkan. Jika sebagai sales tidak bisa menjelaskan dengan rinci, akan sulit bagi orang awam tertarik pada produk perusahaan.

2. Kenali Target Pelanggan

Selain memiliki kemampuan berkomunikasi, seorang sales juga harus mampu mengidentifikasi target pelanggan dari produk/jasa yang ditawarkan.

Hal ini untuk meningkatkan efektifitas dalam bekerja, sehingga kita tidak perlu menyasar orang yang memang bukan target dari produk/jasa perusahaan yang diwakilkan.

3. Menjaga Komunikasi

Cara menjadi sales yang baik tidak hanya berlaku pada perusahaan, namun juga kepada pelanggan. Pahami bahwa setiap pelanggan juga manusia, yang memiliki karakteristik sendiri dan berbeda-beda. 

Jadilah seorang sales yang jujur dalam menawarkan bantuan maupun saat mendengar keluhan. Penting bagi Arkawan mempelajari dasar-dasar komunikasi non verbal untuk bisa membaca situasi lebih baik.

4. Mempunyai rasa Empati

Menjadi sales bukan hanya perkara mampu menjual produk/jasa, namun juga mampu menerima keluhan dari pelanggan dan mengatasinya dengan rasa empati.

Justru pada tahap ini lah keahlian komunikasi seorang sales di uji, saat mampu  mengatasi masalah dengan efisien dan di sini pula citra sebuah perusahaan kana teruji.

5. Mempunyai Mental yang Kuat

Miliki mental yang cukup kuat untuk menghadapi berbagai skenario. Bukan tidak mungkin calon pembeli mengajukan pertanyaan berbelit dan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengambil keputusan.

Belum lagi jika Arkawan dihadapkan dengan calon pembeli yang tidak ramah, hingga penolakan yang tidak mengenakan. Pahami abhwa semua ini tidak meululu ditujukan kepada pribadi seorang sales, melainkan kepada produk/jasa perusahaan yang ditawarkan.

6. Jangan memaksa

Cara menjadi sales yang baik berikutnya harus mengetahui kapan berhenti menawarkan sebuah produk dan jasa. Jangan pernah memaksakan kepada orang walaupun profilnya sudah sesuai dengan target audiens.

Setiap orang pasti memiliki alasannya tersendiri, dan sebagai sales tidak berhak mendapat jawaban atas hal tersebut. 

7. Dapatkan peluang dari Penolakan

Cara menjadi sales yang berikutnya, harus mampu melihat peluang dari segala hal yang terjadi. Begitu pula saat dihadapkan dengan penolakan, manfaatkan waktu ini untuk segera berpindah ke calon pembeli yang lain.

Baca Juga : Kamu Seorang Marketer? Kenali 20 Istilah Dasar dalam Dunia Digital Marketing

Skill yang harus dimiliki Sales Executive

Dengan menguasai keahlian yang relevan kamu mampu menjadi Sales yang profesional. Berikut adalah 5 skill set Sales Executive yang dapat kamu tingkatkan:

1. Time management yang terstruktur

Menjadi seorang Sales Executive akan terbiasa bekerja dalam jadwal yang padat. Kondisi ini tentunya harus membuatmu memiliki kemampuan time management yang baik. Kamu harus mampu mengelola jadwal dengan terstruktur dan rapi. 

Biasakan untuk selalu mencatat agenda harian dan mingguan. Terlebih lagi, di dalam smartphones kita sudah dilengkapi dengan berbagai fitur aplikasi agenda, sehingga memudahkan kamu dalam mengatur jadwal kegiatan harian, mingguan, dan bulanan. 

Kamu harus bisa mengatur prioritas, apa saja hal yang sifatnya mendesak, aktivitas harian, serta apa pekerjaan yang dapat ditunda, yang sifatnya tidak terlalu penting.

2. Mahir dalam Public Speaking

Skill Public Speaking adalah hal utama yang harus dimiliki seorang Sales Executive. Kemampuan ini tak hanya sekedar jago ngomong saja, tetapi kamu harus mampu berbicara menggunakan data yang relevan. 

Kamu harus mampu merepresentasikan perusahaan dengan baik. Mengenalkan produk, brand, ataupun mempresentasikan produk di hadapan klien. Komunikasi verbal maupun non verbal, harus dikuasai dengan baik.

3. Bisa menjalin relasi Personal, di Area Profesional

Kemampuan menjalin relasi dengan client, stakeholders, dan anggota perusahaan, merupakan hal yang harus dimiliki Sales Executive. 

Dalam menjalin relasi, kamu harus mampu melakukan pendekatan secara personal. 

Terlebih lagi kepada setiap klein perusahaan. Namun perlu diingat, relasi personal ini jangan sampai melewati batas area profesional. 

Kamu bisa menjalin relasi yang dekat dengan klien, misalnya mengucapkan ulang tahun, menanyakan kabar, maupun mengingatkan suatu hal yang berkaitan dengan pelayanan klien.

4. Tekun dalam mengejar Target

Ketekunan dalam mengejar target adalah bagian dari kehidupan seorang Sales Executive. Biasanya, target Sales Executive adalah target penjualan. Hal ini akan ditentukan dengan data kuantitatif. 

Terkadang kita merasa ngotot ataupun putus asa saat tidak ada klien yang tertarik dengan produk yang ditawarkan. Akan tetapi, dalam menawarkan produk atau jasa kepada klien diperlukan strategi, ketekunan, dan kesabaran. 

Biasakan juga untuk melakukan evaluasi diri setiap bulan, untuk mengukur keberhasilanmu dalam mengejar target.

5. Memiliki keahlian copywriting

Tak hanya menawarkan maupun menjual produk, seorang Sales Executive juga harus memiliki skill copywriting. 

Contohnya jika kamu bekerja di Perusahaan Startup, diperlukan kualifikasi multi skill. Sales Executive juga memiliki tantangan untuk bisa membuat tulisan yang sifatnya promosi dan menciptakan konten kreatif yang menarik minat customer.

6. Tech Savvy

Era industri 4.0 menuntut semua angkatan kerja untuk akrab dengan perkembangan teknologi. Sekarang sudah banyak aplikasi atau software pendukung pekerjaan sebagai Sales Executive. 

Misalnya software pengolahan data, atau yang paling dasar adalah software Microsoft Office. Kamu harus mampu mengoperasikan berbagai software tersebut, demi menunjang pekerjaan. Kemampuan teknologi adalah kualifikasi dasar yang harus dikuasai, sebagai SDM di era teknologi saat ini.

7. Mengerti Cara Mengolah Data

Menjadi Sales Executive akan sering berhadapan dengan berbagai data. Misalnya data penjualan, data pembelian, data konsumen, dll. 

Proses pengolahan data dapat dibantu dengan berbagai jenis software. Selain mengolah data, Sales juga harus mampu menginterpretasikan dan membuat laporan data. Sehingga mampu untuk mengatur strategi penjualan. 

Kemampuan membaca dan mengelola data, ternyata menjadi hal yang penting bagi seorang Sales Executive.

Baca Juga : Pengertian Promotor, Deskripsi dan Tugasnya dalam Sales

Itulah lima keahlian yang harus ditingkatkan, jika kamu ingin berkarir di bidang sales. Kamu harus senantiasa beradaptasi dengan berbagai keahlian baru. 

Terutama sekarang ini kita semua sedang menghadapi perkembangan industri 4.0, dimana semuanya berbasis teknologi. 

Itu dia Cara menjadi Sales Executive dan bila kamu ingin sukses menjadi seorang Sales Executive, harus mampu menguasai kemampuan lain selain menjual produk. Tunggu apa lagi? Yuk ikut pelatihan menjadi sales executive profesional untuk spesialis pemasaran.

Arkademi bisa diakses melalui website dan aplikasi, unduh di Google Playstore dan dapatkan 20.000 Arkademi Koin untuk pengguna baru. Baca tentang penggunaan koin di sini.

Rekomendasi