1. Home
  2. Dari Arkademi
  3. Promotor Adalah : Pengertian, Deskripsi dan Tugasnya dalam Sales

Promotor Adalah : Pengertian, Deskripsi dan Tugasnya dalam Sales

Dari ArkademiKarier
promotor adalah

Akhir-akhir ini profesi Sales Promotor semakin marak ditemui, namun apa penjelasan rincinya? Yuk temukan jawaban dalam artikel ini. Promotor adalah seseorang yang bertugas untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa, maka dari itu kata promotor seringkali berdampingan dengan sales/marketing.

Jika Arkawan baru saja menyelesaikan Pendidikan di bangku kuliah, penting untuk kalian memahami profesi ini. Jika dibahas dalam lingkup perusahaan, promotor adalah sebuah profesi yang pada awalnya untuk menggambarkan petugas sales yang hadir secara fisik di toko/ritel.

Memiliki tanggung jawab utama untuk menawarkan produk maupun jasa ke calon pembeli hingga sampai tahapan closing atau saat customer memutuskan untuk melakukan pembelian. Untuk memudahkan selanjutnya kita akan menyebut profesi ini sebagai sales promotor.

Di dalam perusahaan juga terdapat profesi ini, perbedaan terletak pada tugas utama yaitu sales promotor adalah seseorang professional yang mengemban tugas utama menciptakan pengetahuan public terkait produk/jasa melalui semua media yang dimiliki, mendistribusikan produk hingga sampai ke tangan masyarakat.

Tugas selanjutnya yang dimiliki oleh seorang sales promotor adalah menciptakan kesan positif terkait merek maupun perusahaan yang dibawanya, agar terbentuk citra baik di kalangan masyarakat.

Sekilas tugas sales promotor adalah semua yang dikerjakan oleh tim marketing, sales, maupun business development ya.

Perbedaannya terdapat di fokus utama sales promotor adalah merancang strategi pengembangan bisnis untuk keberlangsungan perusahaan, hingga elemen atau taktik yang perlu dilakukan untuk menemukan cara paling jitu dalam mengenalkan, dan menjual produk ataupun jasa.

promotor adalah pekerjaan yang mirip seperti sales
(Sumber : Freepik)

Selain dua tugas besar diatas, tugas sales promotor adalah sebagai berikut:

1. Menemukan Produk/Jasa yang Dibutuhkan

Mampu mendengarkan dan membantu menemukan produk/jasa yang dibutuhkan seorang customer dalam tempo waktu yang cepat, dan tepat. Artinya, seorang sales promotor adalah orang yang memiliki pengetahuan produk yang terperinci dan akurat.

Baca Juga : Sukses Jadi Sales Executive, dengan Tingkatkan 5 Skill Set Ini

2. Memastikan Target Audience

Memastikan target audiencenya mendapat informasi terbaru terkait produk/jasa dari perusahaan.

3. Membuat Produk Lebih Menarik

Sales promotor adalah orang yang perlu memiliki kemampuan menampilkan produk dengan cara yang paling menarik.

4. Menjaga Komunikasi

Promotor juga seorang komunikator, tidak hanya bertujuan menjual produk mereka juga perlu memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik untuk membangun interaksi yang sehat dengan customer dengan harapan menjadikannya customer tetap.

5. Analisa Pasar

Memiliki kemampuan menganalisis pasar dan melihat peluang bisnis.

Tugas dari promotor adalah menawarkan produk
(Sumber : Freepik)

Nampaknya, tugas yang dijalankan sales promotor cukup berat ya Arkawan? Nah, berikut skill yang bisa kamu miliki untuk mengisi profesi ini.

1. Memiliki kemampuan customer service.

2. Komunikatif dan interaktif.

3. Bisa bekerja secara individual maupun dalam tim.

4. Memiliki pengetahuan dan keterampilan menganalisis trend.

5. Mampu membangun dan membina networking.

Bagaimana, setelah membaca artikel ini apakah Arkawan tertarik untuk terjun kedalam profesi ini? Walau tugas dan skill yang dibutuhkan tergolong banyak dan berat, namun profesi ini cocok untuk fresh graduate loh, karena hampir semua perusahaan pasti membutuhkan seorang sales promotor.

Gaji yang ditawarkan mulai dari Rp4.000.000 hingga belasan juta tergantung perusahaan dan posisi yang kamu lamar.

Jika saat ini Arkawan sedang terkendala mencari pelatihan untuk menambah skill yang bisa mendukungmu terjun kedalam profesi ini, yuk segera cek kelas Sukses Menjadi Sales Executive Profesional.

Di Arkademi, kamu bisa mendapatkan pelatihan 100% online, dengan sertifikat penyelesaian yang bisa kamu lampirkan untuk mendukung kredibilitas saat melamar pekerjaan yang kamu inginkan ya.

Membeli pelatihan di Arkademi, kamu juga bisa mendapat koin cashback yang bisa digunakan untuk membeli pelatihan selanjutnya. Segera unduh aplikasi di Google Play Store dan dapatkan 20.000 Arkademi Koin dengan tambahan 5.000 jika Arkawan melengkapi data diri.

Menarik banget kan? Yuk, tunggu apa lagi. Segera cari dan pilih pelatihan yang sesuai untuk kebutuhan kamu sekarang.

Arkademi adalah kursus online bersertifikat, kelembagaan sudah diakui resmi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Baca Juga : Kamu Seorang Marketer? Kenali 20 Istilah Dasar dalam Dunia Digital Marketing

Sekilas tentang Arkademi Koin

Merupakan loyalty program yang ditawarkan kepada pengguna baru maupun user lama dalam bentuk koin yang bisa Arkawan gunakan kembali untuk memotong harga kelas, dan mendapat cashback dari kelas-kelas pilihan. Informasi lebih lanjut, kunjungi halaman Arkademi Koin.

Rekomendasi