3 Jenis Pelatihan Kartu Prakerja 2024 yang Wajib Kamu Tau!

jenis pelatihan prakerja 2024
Prakerja

Jika kamu merupakan peserta program prakerja maka pada tahun ini terdapat perbedaan sedikit antara tahun 2024 dan tahun 2023.

Jika pada tahun 2023 pelatihan prakerja memiliki 3 jenis yaitu pelatihan online, pelatihan offline, dan pelatihan bauran. Pada tahun 2024 ini yang membedakan adalah dari jenis pelatihannya yaitu pembelajaran mandiri, tatap muka, dan webinar.

Dengan adanya skema baru ini panita prakerja berharap bahwa program ini akan lebih memiliki nilai dan peserta dapat mengikuti dan menyerap ilmu yang didapatkan.

Jenis Pelatihan Prakerja

Berikut ini merupakan penjelasan dari tiga jenis pelatihan yang bisa kamu pilih untuk mengikuti pelatihan prakerja pada tahun 2024. 

1. Pembelajaran Mandiri (Online)

Pelatihan pertama adalah pembelajaran mandiri, pembelajaran mandiri adalah pelatihan dengan menggunakan perangkat digital seperti komputer dan smartphone yang terhubung dengan internet. 

Pembelajaran mandiri tidak harus dilakukan di lokasi fisik dan dapat diselesaikan di mana saja dan waktu mengikuti latihannya juga bebas sesuai dengan kesibukan kamu. Contoh pembelajaran mandiri adalah LMS (Learning Management System).

2. Tatap Muka (Offline)

Pelatihan tatap muka adalah pelatihan yang diharuskan tatap muka di tempat dan jadwal yang ditentukan oleh lembaga pendidikan.

Untuk pelatihan tatap muka ini hanya beberapa saja lembaga pelatihan yang menyediakannya. Untuk pelatihan tatap muka ini hanya tersedia di beberapa tempat saja dan tidak tersedia disetiap daerah.

3. Webinar

Dikutip dari halaman prakerja bahwa pelatihan webinar ini adalah “kegiatan pelatihan synchronous yang dilakukan secara online dimana peserta pelatihan dan instruktur melaksanakan kegiatan belajar mengajar pada waktu yang bersamaan dengan metode live webinar”.

Baca Juga : Inilah Cara isi Survey Prakerja Supaya Mendapatkan Intensif

Kategori Pelatihan

Selain jenis pelatihan yang berbeda, untuk kategori prakerja tahun 2024 ini juga memiliki kategori terbaru. Saat ini lebih ada banyak kategori yang disediakan mulai dari teknis hingga cara membangun sebuah usaha.

Kamu dapat memilih jualan online, menjadi fotografer, menguasai aplikasi komputer, belajar kursus bahasa, memperoleh keterampilan kecantikan, menjadi pelatih kebugaran, mendapatkan penghasilan dari media sosial dan masih banyak lagi.  Nah itu dia penjelasan singkat mengenai jenis pelatihan dan ketegori yang terdapat pada pelatihan prakerja.

Arkademi merupakan lembaga pelatihan yang bekerja sama dengan Prakerja untuk menyediakan berbagai macam pelatihan online. Jangan lewatkan untuk mengikuti pelatihan Prakerja di Arkademi.

banner prakerja