1. Beranda
  2. Prakerja
  3. Cara Melihat Pelatihan Prakerja yang Sudah Dibeli

Cara Melihat Pelatihan Prakerja yang Sudah Dibeli

Cara melihat kelas pelatihan prakerja yang sudah dibeli
Prakerja

Kartu Prakerja merupakan program yang dibuat pemerintah untuk mengembangkan kompetensi kerja dan kewirausahaan dalam bentuk bantuan biaya. Bantuan ini ditunjukkan untuk jobseeker, pekerja yang terkena PHK atau yang membutuhkan peningkatan kompetensi, dan pelaku usaha mikro kecil.

Program kartu Prakerja merupakan wujud kerjasama dari pemerintah dan swasta untuk melayani masyarakat dengan semangat gotong royong demi Sumber Daya Manusia yang unggul dan Indonesia maju.

Program Kartu Prakerja memberikan pelatihan yang merujuk pada kebutuhan industri baik saat ini maupun di masa depan. Bantuan biaya pelatihan yang diberikan dapat digunakan untuk mengikuti berbagai macam kelas pada bidang yang diminati. Kemudian, bagaimana cara cara melihat pelatihan prakerja yang sudah dibeli?

Cara Melihat Pelatihan Prakerja yang Sudah Dibeli dan Menyelesaikannya

Untuk mengetahui cara melihat pelatihan prakerja yang sudah dibeli adalah sebagai berikut.

  1. Buka link https://www.prakerja.go.id/ pada browser.
  2. Login akun Kartu Prakerja.
  3. Klik tombol ‘Cari Pelatihan’ pada Dashboard.
  4. Selanjutnya klik tombol ‘Riwayat Pelatihan’ disamping tulisan ‘Pelatihan’.
  5. Klik pelatihan yang telah dibeli dan selesaikan seluruh materi pada pelatihan untuk mendapatkan sertifikat.

Setelah melihat pelatihan Prakerja yang sudah dibeli, tahap selanjutnya adalah menyelesaikan pelatihan. Adapun langkah yang harus dilakukan untuk menyelesaikan pelatihan adalah sebagai berikut:

  1. Buka pelatihan yang telah dibeli dan belum diselesaikan kemudian baca seluruh prosedur pelatihan yang diberikan oleh lembaga pelatihan.
  2. Setelah membaca prosedur pelatihan, kamu dapat memulai untuk belajar seluruh materi yang diberikan dengan berurut.
  3. Kerjakanlah seluruh kuis dan ujian akhir kelulusan agar mendapatkan sertifikat.
  4. Kemudian berikanlah ulasan pelatihan dengan menekan dashboard dan masuk pada pelatihan yang telah dikerjakan. Selanjutnya klik tombol Ulas dan kamu dapat memberikan rating pelatihan.
  5. Jika ulasan dan rating telah diberikan, maka ulasan dan rating akan diproses selama beberapa hari.
  6. Ulasan dan rating yang diberikan akan ter-update jika terdapat tulisan ‘selesai’ dengan warna hijau pada pelatihan.
  7. Setelah ulasan dan rating masuk, maka intensif akan dikirimkan ke E-wallet yang kamu miliki.

Baca Juga : Tips dan Cara Memilih Pelatihan Prakerja Agar Tidak Salah

Program Kartu Prakerja telah terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi, produktivitas, daya saing dan kewirausahaan peserta Kartu Prakerja melalui program pelatihan yang beragam. Pelaksanaan pelatihan di berbagai bidang industri telah dipantau oleh Manajemen Pelaksana dan dibantu oleh tim pemantau independen dengan 40 indikator pemantauan.


Sejak tahun 2020 hingga 2022, tercatat ada 398 Lembaga Pelatihan yang pernah bergabung menjadi mitra program Kartu Prakerja, salah satunya Arkademi. Arkademi adalah lembaga kursus dan pendidikan resmi berlisensi dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI.

Arkademi memiliki lebih dari 500 kursus online dengan sertifikasi resmi untuk para pekerja dan profesional Indonesia dalam meningkatkan karir dan keahlian di bidangnya masing-masing. Seluruh materi pelatihan telah tersusun baik dan diajarkan oleh instruktur ahli berpengalaman dengan pengakuan industri dan lisensi profesi.

Yuk belajar bersama Arkademi!

Rekomendasi