6 Manfaat Kartu Prakerja yang Bisa Kamu Dapatkan

manfaat kartu prakerja
Dari ArkademiPrakerja

Kartu Prakerja merupakan sebuah program yang dibuat pemerintah untuk mengembangkan kompetensi kerja dan kewirausahaan untuk para pencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena pemutusan kerja, serta pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil. Manfaat Kartu Prakerja sangat banyak, hal ini karena pemerintah telah mendesain program ini dengan sebaik mungkin agar dapat memberikan nilai bagi pengguna sekaligus memberikan nilai bagi sektor swasta.

Manfaat Prakerja untuk Pemerintah

Program Kartu Prakerja ditujukan kepada masyarakat untuk meningkatkan skill dan kemampuan. Selain itu, program ini juga memiliki manfaat bagi pemerintah. Adapun manfaat Kartu Prakerja bagi Pemerintah adalah sebagai berikut :

1. Mengembangkan Potensi Angkatan Kerja

Program Kartu Prakerja merupakan salah satu bagian dari Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sektor perlindungan sosial. Program Kartu Prakerja tahun 2024 akan lebih berfokus pada bantuan peningkatan skill dan produktivitas angkatan kerja.

Bantuan tersebut berupa bantuan biaya pelatihan secara langsung berupa peningkatan skill dan produktivitas angkatan kerja dalam ragam pelatihan skilling, reskilling, dan upskilling sehingga angkatan kerja akan lebih siap untuk terjun kedalam dunia kerja karena telah memiliki bekal yang memadai sesuai dengan bidang dan minat masing-masing.

Misalnya, kamu merupakan seorang pekerja yang terkena pemutusan kerja namun ingin switch karier ke bidang digital marketing. Namun, kamu tidak memiliki pengetahuan sama sekali mengenai digital marketing sehingga persyaratan dari perusahaan yang ingin kamu lamar tidak dimiliki.

Dengan demikian, kamu harus mengikuti pelatihan digital marketing untuk dapat memenuhi persyaratan perusahaan untuk dapat bekerja sebagai digital marketer. Mengikuti program Kartu Prakerja merupakan langkah yang tepat untuk belajar tentang digital marketing. Hal ini karena penerima Kartu Prakerja memiliki kesempatan untuk menambah skill dan keterampilan baru yang memungkinkan penerima dapat memenuhi persyaratan yang dibutuhkan perusahaan sesuai dengan bidang yang dilamar.

2. Meningkatkan Produktivitas dan Daya Saing Angkatan Kerja

Kartu Prakerja memiliki tujuan untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja. Pelatihan yang diberikan oleh program Kartu Prakerja telah membuat penerima menjadi lebih produktif dalam melakukan pelatihan yang akan menjadi bekal kompetensi bagi mereka untuk dapat bersaing dalam industri. Selain itu, program Kartu Prakerja telah meningkatkan literasi digital, serta mampu meningkatkan inklusi keuangan masyarakat. Program kartu Prakerja telah terbukti memiliki pengaruh pada meningkatnya jumlah tenaga kerja di Indonesia sehingga jumlah pengangguran berkurang.

3. Mengembangkan Kewirausahaan

Program Kartu Prakerja adalah wujud dari kerjasama pemerintah dan swasta dalam melayani masyarakat dengan semangat gotong royong guna SDM unggul dan Indonesia maju.

Program Kartu Prakerja telah meningkatkan kepercayaan diri pare penerima program untuk memulai atau mangembangkan bisnis. Hal ini karena program yang diberikan pemerintah mendorong adanya peningkatan keterampilan kewirausahaan para penerima dalam memproduksi produk baru, menjual, serta memasarkan produk di platform digital hingga mengelola keuangan bisnis.

Adanya peningkatan kompetensi, produktivitas, daya saing, dan keterampilan kewirausahaan penerima tidak lepas dari kualitas pelatihan yang diberikan oleh program Kartu Prakerja.

Program ini telah mendorong penerima Kartu Prakerja memiliki ide baru dan strategi dalam berbisnis sehingga terciptanya inovasi. Selain itu, intensif pasca pelatihan juga digunakan oleh penerima Kartu Prakerja untuk modal usahanya.

Manfaat Prakerja untuk Penerima

Selain memberikan manfaat bagi pemerintah, masyarakat juga merasakan manfaat Kartu Prakerja secara langsung berupa :

1. Meningkatkan Skill dan Keterampilan

Pelatihan yang diberikan oleh Kartu Prakerja akan menambah ilmu bagi penerima program, sehingga mereka dapat mengaplikasikan ilmu yang diterima ke dalam pekerjaannya. Pada tahun 2024 ini, pemerintah memberikan layanan pelatihan program secara online dan offline.

Pelatihan yang biasanya diberikan berupa video online akan diubah menjadi seminar dan dapat berbincang langsung oleh instruktur. Dengan demikian penerima program dapat belajar secara komunikatif dan mudah memahami materi yang disampaikan.

2. Mendapatkan Uang Intensif

Pada tahun 2024, Program Kartu Prakerja dilaksanakan dengan skema normal yang diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 113 Tahun 2022 yang aturan pelaksanaannya tertera pada Permenko Perekonomian Nomor 17 Tahun 2022. Peserta program Kartu Prakerja akan mendapatkan besaran nilai manfaat jauh lebih besar daripada tahun 2022.

Peserta Kartu Prakerja 2024 akan mendapatkan nilai manfaat dengan total Rp 4,2 juta. Rincian biaya pelatihan yang diberikan oleh pemerintah sebesar Rp 3,5 juta dan intensif pasca pelatihan yang akan diterima oleh peserta adalah Rp 600 ribu. Intensif pasca pelatihan tersebut akan diberikan sebanyak 1 kali, serta intensif survei pelatihan sebesar Rp 100 ribu untuk dua kali pengisian survei.

3. Mendapatkan Sertifikat

Penerima program Kartu Prakerja yang telah menyelesaikan pelatihan dan lulus ujian akhir pelatihan akan mendapatkan sertifikat. Sertifikat ini merupakan tanda bahwa peserta telah menyelesaikan pelatihan sesuai dengan bidang yang diambil. Selain itu, sertifikat ini juga berguna sebagai dokumen tambahan untuk melamar kerja dan menjadi gambaran bahwa pelamar memahami dan memiliki keahlian di bidang tertentu.

Terdapat banyak sekali manfaat yang diberikan oleh Program Kartu Prakerja ini, baik bagi masyarakat maupun pemerintah. Program Kartu Prakerja telah mendorong masyarakat untuk lebih produktif dan kompeten dalam suatu bidang.

Pelatihan yang diberikan oleh program Kartu Prakerja sangat beragam, sehingga penerima program dapat belajar sesuai dengan bidang yang mereka sukai secara gratis. Mitra pelatihan atau kursus program ini juga telah memiliki legalitas jelas, salah satunya Arkademi.

Arkademi menyediakan berbagai macam kelas mulai dari keuangan, marketing, wirausaha, hingga bahasa asing. Pelatihan yang disediakan oleh Arkademi dapat mendorong kamu untuk meningkatkan hard skill dan soft skill di bidang yang kamu minati.

Tunggu apa lagi? Yuk daftar program Kartu Prakerja melalui prakerja.go.id dan tingkatkan kompetensi bersama Arkademi!

banner prakerja