1. Beranda
  2. Prakerja
  3. Tips dan Cara Memilih Pelatihan Prakerja Agar Tidak Salah

Tips dan Cara Memilih Pelatihan Prakerja Agar Tidak Salah

Cara memilih pelatihan Prakerja
Prakerja

Prakerja merupakan program yang dibuat pemerintah pada tahun 2020. Sejak tahun 2020 hingga 2022, program ini dibentuk untuk menjalankan misi ganda sebagai program peningkatan kompetensi angkatan kerja dan bantuan sosial. Pada tahun 2023, program kartu Prakerja hanya berfokus pada peningkatan kompetensi kerja.

Program ini sangat membantu meringankan biaya pelatihan yang ditanggung pekerja dan perusahaan. Dengan program kartu Prakerja, peserta mendapatkan peluang untuk skilling, upskilling, dan reskilling. Pada program Prakerja tahun 2023, pelatihan dilakukan dengan batas durasi pelatihan yang sebelumnya 6 jam menjadi 15 jam. Selain itu terdapat pelatihan luring dan daring. Pelatihan daring yang sebelumnya dilakukan dengan menonton video, saat ini diubah menjadi webinar.

Program Prakerja memberikan peluang bagi peserta untuk dapat bersaing di bidang industri dengan bekal yang dimiliki dari pelatihan. Setelah pelatihan selesai, peserta akan mendapatkan sertifikat yang akan menjadi bukti bahwa mereka memahami suatu bidang. Untuk mampu bersaing di bidang industri, kamu harus tahu bagaimana cara memilih pelatihan Prakerja yang tepat. Adapun cara memilih pelatihan Prakerja adalah sebagai berikut :

1. Tentukan Bidang atau Skill yang ingin Kamu Pelajari

Cara memilih pelatihan Prakerja yang pertama adalah menentukan skill atau bidang yang akan dipelajari. Mengetahui bidang atau skill yang diminati menjadi modal dasar untuk menentukan potensi dan pekerjaan yang tepat. Dengan memilih pelatihan yang sesuai dengan bidang diminati, pemahaman dan skill yang didapatkan saat pelatihan akan menjadi bekal untuk bersaing di industri.

2. Riset Platform Belajar Digital

Sebelum membeli pelatihan, lakukanlah riset platform digital terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah platform belajar digital tersebut nantinya akan memenuhi kebutuhan dan sesuai dengan bidang yang diminati atau tidak. Selain itu, riset dilakukan untuk melihat mentor yang lebih berpengalaman. Jika platform belajar sudah sesuai dengan kebutuhan, maka kamu akan lebih antusias untuk belajar di bidang yang ingin kamu tekuni bersama platform tersebut.

Baca Juga : Webinar Prakerja 2023, Ini dia Penjelasan Lengkapnya

3. Cek Ulasan dan Rating dari User Lain

Sama halnya seperti riset plat form, melihat ulasan dan rating user lain merupakan sebuah riset platform. Ulasan dapat menjadi acuan kepuasan atau ketidakpuasan peserta dalam melakukan pelatihan.

4. Ikuti Pelatihannya Hingga Selesai

Seluruh peserta wajib mengikuti pelatihan sampai selesai agar mendapatkan ilmu dan keterampilan di bidang yang diminati. Pelatihan selanjutnya tidak akan dapat diambil jika belum menyelesaikan pelatihan sebelumnya. Jika kamu tidak menyelesaikan pelatihan, maka intensif juga tidak akan diberikan.

5. Beri Ulasan dan Rating

Setelah menyelesaikan kelas, peserta juga diwajibkan untuk memberikan ulasan dan rating. Ulasan dan rating akan menjadi feedback bagi mitra pelatihan. Kemudian, rating dan ulasan juga dapat menjadi gambaran bagi peserta lainnya terhadap kursus. Gambaran tersebut dapat berupa kemudahan materi, kesederhanaan mentor dalam menjelaskan materi, hingga pemahaman peserta.

6. Dapatkan Skill dan Intensif berupa Uang

Program Kartu Prakerja tahun 2023 memiliki total manfaat senilai Rp 4.200.000 dengan bantuan biaya pelatihan sebesar Rp 3.500.000 tiap peserta. Manfaat ini lebih besar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Pelatihan yang disediakan oleh program Kartu Prakerja akan memberikan pengetahuan, keterampilan, dan soft skill baru bagi seluruh peserta. Hal ini tentunya akan mendorong produktivitas, daya saing kerja, dan niat kewirausahaan yang lebih pada penerima Kartu Prakerja.

Baca Juga : 6 Manfaat Kartu Prakerja yang Bisa Kamu Dapatkan

Setelah mengikuti pelatihan dan memberikan ulasan serta rating, peserta akan mendapatkan intensif biaya pengganti transportasi dan internet sebesar Rp 600.000. Selain itu, juga terdapat intensif pengisian survei setiap pelatihan sebesar Rp 100.000,-

Arkademi merupakan salah satu lembaga pelatihan Kartu Prakerja untuk para pekerja dan profesional yang memiliki lebih dari 500 kursus online dengan sertifikasi resmi untuk meningkatkan karier dan keahlian. Pelatihan di Arkademi disusun dan diajarkan oleh instruktur ahli berpengalaman dengan pengakuan industri dan lisensi profesi.

Berdiri sejak tahun 2017, Arkademi adalah lembaga kursus dan pendidikan resmi berlisensi dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI. Kurikulum yang disampaikan oleh Arkademi telah memenuhi standar pendidikan profesional. Yuk upgrade skill dan raih karir profesional bersama pelatihan Kartu Prakerja Arkademi!

Rekomendasi