1. Beranda
  2. Keuangan
  3. Perbedaan Finance dan Accounting dari Tugas hingga Gajinya

Perbedaan Finance dan Accounting dari Tugas hingga Gajinya

Perbedaan Finance & Accounting yang wajib diketahui pemula
KeuanganPengembangan Diri

Istilah finance dan accounting seringkali kita dengar karena menjadi bagian penting dalam suatu perusahaan atau organisasi dalam menciptakan kondisi keuangan yang sehat. Kedua hal tersebut seringkali dianggap serupa karena memang berkaitan dengan uang.

Padahal finance dan accounting adalah dua hal yang tidak sama karena memiliki tanggung jawab dan fungsi yang berbeda. Keduanya dapat berjalan beriringan tetapi finance memiliki arti lebih luas yaitu berfokus pada pengelolaan aset ataupun manajemen keuangan perusahaan, pemerintahan hingga individu. Sedangkan accounting adalah suatu proses sistematis yang didalamnya terdapat pencatatan, pengukuran dan interpretasi dari aktivitas keuangan yang terjadi.

Apa itu Finance dan Accounting?

Ketika membahas lebih jauh finance dan accounting maka harus dimulai dari pengertian dasarnya. Akuntansi adalah kegiatan yang berisi proses pencatatan, klasifikasi, meringkas, mengolah, menyajikan hingga dapat diinterpretasikan segala bentuk kejadian berhubungan dengan keuangan yang diharapkan dapat digunakan dalam berbagai situasi penting seperti pengambilan keputusan.

Finance ini pun merupakan suatu role penting dalam suatu organisasi atau perusahaan untuk memastikan ketersediaan modal ataupun dana demi berjalannya bisnis yang dijalankan.

Sehingga untuk mereka yang berada dalam role seorang finance mengelola keuangan perusahaan atau organisasi seoptimal mungkin dengan menghindari risiko yang tidak diinginkan.

Sedangkan untuk akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah, dan menyajikan data, transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya.

Sehingga dapat dikatakan bahwa akuntansi sendiri lebih kepada pembuatan laporan keuangan yang akurat disesuaikan dengan aturan atau hukum yang berlaku.

Apa itu Finance?

Jika dilihat dari segi suatu pekerjaan, finance sendiri bertugas dalam pengelolaan keuangan untuk menjaga sistem keuangan suatu perusahaan atau organisasi lebih baik. Dalam hal karir dapat kita temukan misalnya dalam perbankan, hingga perencanaan dan analisis keuangan dan mereka memastikan tersedianya dana memadai untuk berbagai situasi dan kondisi.

Selain itu, finance pun mengacu pada cara yang dilakukan untuk menghasilkan dan menggunakan modal yang didalamnya termasuk dalam kegiatan seperti investasi, pinjaman dan penganggaran.

Apa itu Accounting?

Accounting sendiri erat kaitannya dengan sebuah proses pelaporan keuangan untuk menangkap kondisi akurat pada suatu pihak dengan tujuan menciptakan keputusan yang strategis. Accounting seringkali dibagi dalam dua proses berbeda yaitu accounting manajerial dan accounting keuangan.

Jika accounting manajerial adalah suatu proses yang dilakukan oleh internal dan menghasilkan laporan yang dirujuk oleh manajemen sedangkan accounting keuangan keuangan sendiri berfokus pada menggabungkan informasi ke dalam laporan keuangan untuk penggunaan internal dan eksternal.

Perbedaan Finance dan Accounting

Untuk mengetahui perbedaan lebih lanjut terkait dengan finance dan accounting dapat dianalisis dari beberapa aspek berikut:

1. Cakupan

Finance sendiri bekerja pada berbagai tingkat yang termasuk dalam manajemen aset dengan memberikan gambaran situasi keuangan melalui transaksi yang pernah dilakukan.

Jika Accounting pelaporan didapatkan hanya dari beberapa variabel terkait aset seperti kewajiban, ekuitas pemilik dan hal tersebut haruslah imbang untuk mendapatkan hasil yang baik.

2. Pengukuran Kinerja Keuangan

Dalam lingkup finance, pengukuran dilakukan berdasarkan uang tunai yang dihasilkan dan digunakan sedangkan dalam accounting mencatat setiap transaksi baik itu berdasarkan kesepakatan seperti kredit yang memungkinkan adanya proses pembanding pertumbuhan pendapatan perusahaan.

3. Nilai

Dalam hal ini, yang dapat digarisbawahi adalah terkait dengan pendekatan yang dilakukan antara accounting dan finance.

alam finance sendiri, penilaian dilakukan dengan analisis arus masuk dan keluar uang dalam suatu perusahaan atau organisasi dengan memperhitungkan biaya peluang, inflasi dan risiko.

Sedangkan untuk accounting sering menerapkan prinsip konservatisme dengan mengukur aktiva dan laba dalam lingkup ketidakpastian seperti dalam aktivitas ekonomi dan bisnis.

Baca Juga : Gaji Konsultan Pajak Menyentuh 2 Digit, Kenali Juga Tugas dan Perannya

Tugas dan Tanggung Jawab

Setelah membahas mengenai pengertian dasar dari dua istilah yang sering dianggap serupa yaitu finance dan accounting, maka selanjutnya yang akan dibahas adalah mengenai tugas dan tanggung jawab dari keduannya.

Bagi para ahli di bidang finance mereka harus memastikan adanya modal ataupun dana yang cukup pada setiap kondisi yang harus dihadapi oleh perusahaan. Selain itu, mereka pun dituntut untuk mengelola modal hingga dapat menghasilkan keuntungan. Sedangkan bagi para accounting harus dapat menyajikan laporan tentang catatan keuangan untuk memastikan jumlah dana yang tersedia sesuai.

Tugas dan Tanggung Jawab Finance

Jika membahas lebih lanjut mengenai tugas dan fungsi dari finance maka dapat dijabarkan dalam beberapa hal dibawah ini:

  1. Mengontrol Aktivitas Keuangan
  2. Menjaga Efisiensi dan efektivitas keuangan perusahaan
  3. Mencegah terjadinya arus negatif

Tugas dan Tanggung Jawab Accounting

Selanjutnya untuk seorang akuntan sendiri memiliki beberapa fungsi dan tanggung jawab yang penting bagi perusahaan yaitu :

  1. Mengukur Kontribusi Pendanaan
  2. Mengelola Kewajiban Keuangan Perusahan
  3. Mengatur Pemenuhan Kontrak
  4. Transparansi Laporan Keuangan

Perbedaan Gaji finance dan Accounting

Jika membahas gaji dari dua fungsi tersebut pun akan berbeda walau berada dalam satu divisi yang sama.  Dilansir berdasarkan prosple.id, gaji yang didapatkan oleh ahli dalam bidang finance dan accounting tidak memiliki perbedaan yang signifikan

Gaji seorang finance di indonesia berkisar antara Rp5.000.000 – Rp12.000.000 , sedangkan gaji seorang accounting staff di Indonesia berkisar antara Rp3.500.000 – Rp8.000.000.

Tentu hal ini tidak bisa dijadikan tolak ukur, karena terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi gaji seseorang, seperti perusahaan, lama bekerja, pencapaian, hingga lokasi pekerjaan.

Menjadi seorang ahli finance atau accounting handal membutuhkan pengetahuan dan keahlian yang harus diasah. Untuk mengetahui kompetensi secara lengkap yang dibutuhkan dari seorang ahli finance atau accounting kamu dapat cari tau lebih lanjut melalui course di Arkademi.

Setelah mempelajari perbedaan finance dan accounting maka kamu siap belajar lebih jauh tentang kedua hal tersebut untuk menjadi ahli yang handal.

 

 

Ditulis oleh : Nabilla Azzahra

Rekomendasi