1. Beranda
  2. Sertifikasi
  3. Rekomendasi Kursus Akuntansi Terbaik di Arkademi

Rekomendasi Kursus Akuntansi Terbaik di Arkademi

kursus akuntansi terbaik
Sertifikasi

Profesi akuntan merupakan profesi yang memiliki prospek kerja luas. Seorang akuntan dapat bekerja pada pemerintah, suatu instansi, organisasi, atau mendirikan bisnisnya sendiri. Profesi akuntansi sendiri menjadi profesi yang masih sangat dibutuhkan oleh perusahaan di tengah kemajuan teknologi saat ini.

Untuk dapat menjadi akuntan, tentunya kamu harus memiliki pemahaman tentang ilmu akuntansi. Selain mengikuti pendidikan formal, ilmu akuntansi dapat dipelajari melalui pendidikan non-formal seperti kursus. Berikut 8 rekomendasi kursus akuntansi terbaik yang dapat kamu ikuti. 

Berikut 8 kursus akuntan terbaik di Arkademi yang dapat kamu ikuti sesuai dengan kebutuhanmu.

Kursus Akuntansi Dasar Untuk Pemula

Akuntansi mungkin menjadi ilmu yang dianggap sulit bagi beberapa orang atau pemula yang belum paham mengenai ilmu ini. Kursus yang diselenggarakan oleh Arkademi akan memberikan kesan yang menyenangkan dalam belajar akuntansi dan mudah dipahami bagi pemula.

1. Mempelajari Akuntansi Dasar 1 untuk Akuntan

Kurikulum pada kursus akuntansi dasar 1 akan dibagi dalam tiga tahap berupa akuntansi perusahaan jasa (service firm), perusahaan dagang (marchandise firm) dan perusahaan industri (manufaktur firm). Kemudian peserta akan mendapatkan materi ajar berupa meliputi jurnal umum, posting transaksi ke buku besar dua kolom, neraca lajur, jurnal penutup, dan jurnal pembalik. Kursus ini sangat cocok bagi semua kalangan mulai dari pelajar mahasiswa dan karyawan kantoran.

2. Mempelajari Akuntansi Dasar 2 untuk Akuntan

Kurus ditunjukkan untuk karyawan akuntan, keuangan, dan profesi lainnya yang berkaitan dengan akuntansi. Selain itu, kursus ini juga sangat cocok untuk peserta yang ingin memperdalam ilmu pengetahuan mengenai dasar akuntansi dan yang membutuhkan bekal untuk dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat untuk perusahaan. Kursus ini akan memberikan peserta pemahaman mengenai pencatatan akuntansi perusahaan dagang, pendalaman mengenai materi proses jurnal, buku besar dan neraca saldo, serta laporan keuangan. Materi kursus ini akan disampaikan langsung oleh Instruktur dan Kepala LKP Pusat Pajak dan Akuntansi Terapan PPAT yaitu Paojan MS. SE., M.Akt.

3. Mempelajari Akuntansi Dasar 3 untuk Akuntan

Kursus akuntansi dasar 3 ini ditunjukkan untuk pekerja kantoran di bidang accounting, finance, administrasi atau bidang lain yang akuntansi. Tingkat kesulitan dalam kursus ini berada pada tingkat pemula/tingkat dasar dan kursus ini mengacu pada standar kebutuhan kerja yang ada. Kursus ini akan memberikan peserta pemahaman tentang karakteristik dan operasional perusahaan manufaktur, metode perhitungan beban pokok produksi,  menyebutkan cara penggolongan akun, penjelasan tentang peringkasan saldo akun, melakukan proses pencatatan, membuat laporan keuangan perusahaan manufaktur, dan menentukan beban pokok produksi dan harga pokok penjualan.

Kursus Akuntansi Level

Kursus akuntansi level ditunjukkan untuk peserta yang sudah pernah belajar Akuntansi sebelumnya. Adapun kursus yang dapat diambil adalah sebagai berikut : 

1. Prinsip Dasar Akuntansi dan Laporan Keuangan

Materi yang disusun dalam kursus ini akan disampaikan langsung oleh  Arvin Max Samuels SE., BKP yang aktif sebagai Konsultan Pajak yang memiliki kompetensi di bidangnya lebih dari 14 tahun.

Adapun materi yang disampaikan berupa penjelasan mengenai dasar persamaan akuntansi, identifikasi profesi akuntan dan macam-macam cabang akuntansi, menghafal siklus akuntansi, penggambaran pembuatan jurnal umum, jurnal penyesuaian, jurnal penutup, dan penggambaran pembuatan laporan keuangan: neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan modal.

2. Kursus Akuntansi-Level Akuntansi Dasar Basic 2

Pada kursus ini kamu akan mendapatkan materi tentang pengantar akuntansi dagang, akun akuntansi dan dokumen transaksi untuk perusahaan dagang, pencatatan akuntansi perusahaan dagang, pendalaman materi proses jurnal, buku besar, dan neraca saldo, pemahaman mengenai laporan keuangan, dan contoh serta cara menghitung Harga Pokok Penjualan (HPP).

3. Kursus Akuntansi Level Akuntansi Dasar Basic 3

Pada pembelajaran akuntansi level 3, kamu akan dihadapkan oleh banyak kesulitan. Hal ini karena adanya perbedaan karakteristik dan  sifat operasional perusahaan dagang maupun jasa. Pada level akuntansi manufaktur ini akun-akun menjadi lebih kompleks. Begitu juga dengan laporan keuangan yang telah mengintegrasikan adanya laporan beban pokok produksi, daftar overhead pabrik dan perhitungan harga pokok penjualan (hpp), serta materi terkait.

Dalam kursus ini peserta akan diberikan pemahaman dan bagaimana praktek mencatat dan menentukan biaya produksi pada perusahaan manufaktur dan menentukan dengan tepat harga pokok penjualan dengan demikian  perusahaan dapat menjual produk secara menguntungkan atau profit. Setelah mengikuti kursus ini, peserta diharapkan akan dapat lebih memahami mengenai materi akuntansi dasar manufaktur.

Kursus Akuntansi untuk Pengusaha dan Pebisnis

Pemahaman mengenai ilmu akuntansi tidak hanya dibutuhkan oleh karyawan kantoran. Namun pemahaman mengenai akuntansi juga akan memberikan banyak keuntungan bagi pengusaha dan pebisnis. Selain dapat mengurangi adanya kerugian materiil akibat human error, pemahaman tentang akuntansi dapat mendorong produktivitas dan efisiensi kerja. Berikut merupakan rekomendasi kelas untuk pengusaha dan pebisnis.

1. Menguasai Akuntansi Dasar Lengkap untuk Pengusaha Pemula

Materi yang disajikan dalam kursus mengenai akuntansi dasar untuk pengusaha pemula telah disusun dengan sangat baik. Selain itu, materi yang diajarkan akan disampaikan oleh pengajar yang telah memiliki pengalaman di bidang keuangan yaitu Iwan Taufani. Iwan Taufani merupakan seorang accounting consultant sejak 2016. Adapun materi yang akan disampaikan dalam kursus ini berupa jurnal umum (debit-kredit), jurnal khusus usaha dagang, perhitungan modal, penyusutan aset tetap, jurnal penyesuaian, bagaimana cara membuat worksheet (kertas kerja), pemahaman mengenai laporan keuangan, tutup buku akhir tahun, dan jenis voucher transaksi

2. Membuat Pembukuan dan Analisa Keuangan untuk Juru Tata Usaha Akuntansi

Berjalannya suatu bisnis tidak dapat lepas dari skill pengelolaan keuangan bisnis, mulai dari pembukuan hingga analisa keuangan. Skill tersebut dianggap sangat rumit sehingga sangat penting bagi juru tata usaha akuntansi untuk mengikuti kursus agar paham mengenai skill terkait.

Kurus ini bertujuan untuk  mengoptimasi skill pembukuan dan analisa keuangan dengan praktis, efektif, dan efisien menggunakan software. Sehingga peserta diharapkan mampu untuk melakukan pembukuan dan analisa keuangan dengan baik dan terstruktur menggunakan software.

Materi yang diajarkan dalam kursus ini akan disampaikan oleh Herdy Yulianto, S.E. yang merupakan pengajar dan seorang praktisi akuntansi, keuangan, dan auditor yang sangat berpengalaman di bidangnya selama lebih dari 20 tahun. 

3. Kursus Akuntan: Menerapkan Metode Akuntansi Dasar dan Keuangan Bisnis

Kursus ini akan memberikan kamu pemahaman tentang akuntansi dan pengelolaan keuangan bisnis yang sangat dibutuhkan untuk merintis usaha baru, baik UMKM maupun Startup.

Materi yang disampaikan dalam kursus ini akan dijelaskan oleh Herdy Yulianto yang merupakan seorang accounting expert yang berpengalaman menangani keuangan bisnis – berbagai jenis skala bisnis.

Adapun materi yang akan didapatkan berupa akuntansi dasar, metode pencatatan dan penyusutan aktiva tetap, pemahaman mengenai jurnal dan buku besar, pencatatan laporan keuangan bisnis, cara mengidentifikasi analisis rasio keuangan dan memilih aplikasi keuangan bisnis.

Kursus Akuntansi untuk Perusahaan

Saat pandemi Covid-19 banyak perusahaan yang terkena dampak dan memilih untuk melakukan efisiensi perusahaan. Untuk menghindari dampak tersebut seorang profesional akuntansi perusahaan harus dapat beradaptasi dengan teknologi dan melakukan tindakan berupa upskilling dan reskilling kompetensi Akuntansi melalui kursus online.

1. Mahir Akuntansi Dasar Terapan untuk Perusahaan

Dalam kursus ini kamu akan mendapatkan materi tentang penafsiran transaksi keuangan, nilai buku ekuitas dengan nilai pasar ekuitas, laporan keuangan, struktur keuangan dan metode akuntansi.

Materi yang disampaikan telah disusun dengan kurikulum yang telah disusun dengan rapi dan akan dijelaskan secara detail. Materi dalam kursus ini akan disampaikan oleh pengajar akuntansi dasar terapan yang telah memiliki pengalaman selama lebih dari 5 tahun, yaitu Zahro Juniati.

2. Akuntansi Perusahaan – Bersertifikat

Kursus ini sangat cocok bagi seorang fresh graduate akuntansi dari jenjang pendidikan menengah sampai Perguruan Tinggi,  Profesional Akuntansi yang mau promosi lebih cepat, Profesional Non Akuntansi yang mau promosi lebih cepat, dan Pemilik bisnis yang menginginkan karyawan yang kompeten.

Kursus ini akan membantu peserta untuk dapat memahami aspek teknis dalam kompetensi dasar profesi Akuntansi Perusahaan dan pemahaman mengenai cara meningkatkan nilai tambah profesi Akuntansi agar tidak mudah digantikan oleh teknologi robot.

Kursus ini akan disampaikan oleh Thomas Rinto Mardadi yang merupakan seorang profesional Akuntansi yang pernah menjadi Manajer Keuangan Akuntansi di PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.

Terdapat banyak kelas yang disediakan Arkademi untuk membantu kamu dalam meningkatkan skill dan mengembangkan karir profesional. Untuk dapat membeli kelas yang sesuai dengan kebutuhan, kamu dapat klik banner dibawah ini.

Rekomendasi