1. Home
  2. Dari Arkademi
  3. Pentingnya Belajar Akuntansi dan 4 Peluang Karir Saat Ini!

Pentingnya Belajar Akuntansi dan 4 Peluang Karir Saat Ini!

Dari Arkademi
belajar akuntansi

Belajar akuntansi sepertinya bukan hal yang menarik untuk semua orang, beberapa dari Arkawan juga mungkin sudah merasakan sulitnya memahami perhitungan, pencatatan hingga menghafalkan rumus. Namun sebenarnya belajar akuntansi bisa menjadi lebih mudah dipahami jika kita mengerti konteks dan hanya menggunakan rumus-rumus yang relevan saja, sayangnya seringkali dibangku sekolah kita diajarkan terlalu banyak ilmu sehingga tidak bisa fokus kepada dasar ilmunya.

Namun begitu, di era saat ini dengan munculnya banyak wirausaha dan pebisnis baru memaksa kita untuk Kembali menghadapi kenyataan bahwa belajar akuntansi itu penting. Bayangkan seorang pemilik bisnis kedai kopi tidak bisa melakukan pencatatan biaya pengeluaran, pemasukan dan operasional. Walaupun sudah ada cukup banyak platform yang menyediakan bantuan pembukuan perusahaan, namun seorang pengusaha tetap harus tau dasar fundamental perhitungan agar tidak salah mengambil kebijakan dikarenakan interpretasi angka menggunakan rumus yang tidak tepat.

Arkawan tidak perlu khawatir jika saat ini merasa sudah tertinggal jauh untuk memulai belajar akuntansi Kembali, sudah banyak platform edukasi atau kursus yang menawarkan pelatihan akuntansi yang spesifik dan sesuai dengan tujuan serta kebutuhan. Ada juga mentor yang menawarkan jasanya untuk mengajarkan secara privat, loh.

Salah satu platform kursus online yang menyediakan pelatihan Akuntansi bersertifikat adalah Arkademi. Arkawan bisa dengan mudah menemukan beragam kelas yang menawarkan ilmu ini dan sesuai dengan jenjang, mulai dari pemula hingga yang level advanced. Jika kamu ingin menyegarkan Kembali ingatan tentang akuntansi, cek pelatihan Kursus Akuntan – Mempelajari Akuntansi Dasar 1.

Pada pelatihan tersebut Arkawan akan mempelajari tentang jurnal umum, neraca lajur, jurnal pembalik, jurnal penyesuaian hingga persamaan dasar akuntansi. Pelatihan ini utamanya ditujukan untuk Akuntan, bagian keuangan, audit maupun pemilik usaha/UMKM.

Nah, setelah mengetahui pentingnya belajar akuntansi, yuk intip peluang karir apa saja sih yang Arkawan bisa dapatkan dengan memiliki pengetahuan akuntansi?

belajar akuntansi

1.       Profesi Akuntan

Profesi ini sebenarnya hal yang sangat luas, karena semua perusahaan pasti membutuhkan seseorang yang mampu menghitung dan mengelola keuangan perusahaan. Di Indonesia rata-rata gaji akuntan public mulai dari 4-5,5jt, menarik banget kan?

belajar akuntansi

2.       Auditor

Seorang auditor tentu perlu memiliki kemampuan akuntansi yang baik, walau tidak melulu akan berhubungan dengan keuangan namun sistematis pencatatan dan perhitungan resiko menjadi elemen utama yang akan kamu dapatkan melalui belajar akuntansi. Hal ini juga yang membuat mendalami ilmu akuntansi menguntungkan untuk banyak karier karena tidak hanya berurusan dengan rumus, tapi juga melatih cara pikir yang sistematis, dan reliabel.

belajar akuntansi

3.       Dosen/Pengajar ilmu Akuntansi

Selain bisa mendapatkan karir dibidang akuntansi, memiliki ilmu ini bisa berguna untuk kamu yang memiliki cita-cita menjadi dosen/pengajar, pasalnya kemunculan bisnis kecil semakin menuntut para pemodal untuk belajar sendiri neraca keuangan perusahaan dan bukannya tidak mungkin peluang ini Arkawan manfaatkan untuk menjadi penyedia ilmu akuntansi.

belajar akuntansi

4.       Wirausahawan

Nah, mungkin ini yang Arkawan tunggu-tunggu, belajar akuntansi sangat penting untuk kamu yang ingin memulai bisnis apapun. Tidak peduli seberapa kecil atau besar sebuah bisnis yang kamu jalankan, Arkawan dituntut untuk memiliki kemampuan mendata, menghitung serta menganalisis laporan keuangan untuk mencegah kerugian besar dan pastinya untuk Menyusun strategi mengembangkan bisnis.

Itu tadi penjelasan singkat pentingnya belajar akuntansi dan 4 pilihan karir yang bisa Arkawan miliki dengan keahlian akuntansi. Tidak menutup kemungkinan  juga untuk kamu bergabung ke profesi marketing maupun sales, karena seperti yang sudah disampaikan di awal pada dasarnya semua bisnis yang berjalan pastilah membutuhkan seorang akuntan yang bisa menjamin keberlangsungan perusahaan.

Arkademi adalah kursus online bersertifikat di Indonesia, semua pelatihan yang Arkawan pilih akan mendapat sertifikat yang kredibel dari penyelenggara pelatihan dan bisa digunakan untuk meningkatkan daya saing saat melamar pekerjaan. Berbasis web dan aplikasi, segera unduh di Google Play Store daftarkan diri dan dapatkan 20.000 Arkademi Koin yang bisa kamu gunakan untuk membeli pelatihan tertentu.

Arkademi Koin adalah program loyalitas untuk menunjang semangat belajar dengan menawarkan cashback dari tiap pelatihan yang kamu beli dan bisa digunakan Kembali untuk memotong harga pelatihan tertentu. Informasi lebih lanjut terkait penggunaan, baca di sini.

Rekomendasi

Nikmati belajar auticad untuk oemula
Dari Arkademi Pengembangan Karier

11 Tips Mudah Belajar Autocad Untuk Pemula Lengkap

Arkawan yang memiliki latar belakang jurusan teknik pastinya pernah belajar AutoCAD. Sebuah software pengembangan dari generasi sebelumnya bernama CADD (Computer Aided Design and Drafting), dalam pengembangannya hampir seluruh gambar berbentuk…
Baca Artikel