arkademi Kursus Online No. 1

5 Cara Membuat CV yang Menarik

1 min read

5 cara membuat cv yang menarik

5 Cara Membuat CV yang Menarik

Tahapan pertama dalam proses pelamaran kerja pastinya membuat dan mengirimkan curriculum vitae ke perusahaan yang dituju. Keahlian yang satu ini memang belum lumrah diajarkan di sekolah, namun kamu tetap bisa mempelajarinya dengan mudah menggunakan website ataupun mobile apps Canva. Berikut cara yang bisa kamu ikuti untuk mulai membuat CV kamu agar tampak profesional, menarik, dan tentunya gratis.

Anggap saja CV adalah kesan pertama yang akan kamu berikan kepada pelamar, tentunya kamu mau tampil sebaik mungkin dong untuk menarik perhatiannya? Perhatikan apa saja informasi yang wajib kamu tulis ya. 

 

Buat akun di Canva

Daftarkan diri kamu selayaknya membuka akun pada umumnya, bisa menggunakan alamat email, akun Facebook, atau akun Google yang sudah terkoneksi di komputer atau smartphone yang kamu miliki. Canva menawarkan dua paket yang gratis dan premium, sesuaikan dengan kebutuhan ya.

 

Pilih template CV

Pada halaman awal, kamu bisa langsung mencari di box pencarian template yang kamu butuhkan, cukup ketikan ‘resume’ dan website akan segera menunjukan ratusan pilihan template yang bisa kamu gunakan. 

Banyaknya template yang ditawarkan membuat kamu bisa berkreasi menggunakan beberapa template yang sesuai dengan bidang atau perusahaan yang dilamar. Jangan khawatir, setelah memilihnya pun kamu tetap bisa berkreasi dengan mengedit beberapa elemen yang dibutuhkan, seperti menambahkan foto, tulisan, dan lainnya yang sesuai kebutuhan.

Oh ya, jika kamu tertarik untuk mempelajari fitur lain yang disediakan Canva, Arkademi memiliki kelas yang cocok untuk kamu Menjadi Content Creator dengan Aplikasi Canva.

 

Pilih informasi yang penting

Saat membuat CV kita seringkali tidak tahu hal apa yang harus dituliskan lebih dulu dan menyebabkan kita menuliskan terlalu banyak atau sedikit informasi. Pilih secara bijak informasi yang ingin kamu sampaikan, utamakan nama, usia, domisili dan informasi kontak. Jika kamu ingin melengkapi dengan deskripsi diri, tulislah di bagian cover letter yang berbeda halaman dengan CV sehingga tidak terjadi pengulangan, lagi pula informasi tentang pengalaman akan lebih menjual bagi para perekrut. 

Riwayat pendidikan juga tidak perlu ditulis terlalu panjang, fokuskan isi CV untuk memamerkan pengalaman bekerja, organisasi, sertifikat atau kegiatan-kegiatan yang menunjang posisi yang dilamar.

 

Hindari skala untuk mengukur kemampuan

Walau terlihat profesional, skala seringkali disalah artikan sebagai penilaian subjektif terhadap kemampuan diri tanpa ukuran yang jelas. Daripada menunjukan skala kemampuan menggunakan Office Word 4/5, atau mengedit video 3/5, lebih baik menuliskan saja kemampuan-kemampuan yang kamu miliki seperti fotografi, menulis, membuat musik dan lain sebagainya. Perekrut akan melihat hal-hal ini sebagai nilai tambah kamu loh.

 

Sesuaikan isi CV dengan posisi dan perusahaan yang dilamar

Hal yang tidak kalah penting dalam penyusunan CV adalah penyesuaian isi dan layout, pastikan kamu cukup mengenal persona dari perusahaan atau posisi yang ingin kamu lamar agar design template dan isi yang kamu tawarkan sesuai. Jika kamu melamar di perusahaan swasta atau industri kreatif, Canva punya ratusan template menarik, namun jika perusahaan yang kamu lamar terlihat seperti perusahaan keluarga atau industri formal seperti Hukum sesuaikan isi dengan lebih memberatkan pengalaman daripada design template.

 

Demikian informasi 5 Cara Membuat CV yang Menarik, untuk kamu yang bertekat #liftupyourskill dengan ragam kelas menarik di Arkademi silahkan kunjungi halaman Arkademi.com untuk mendaftarkan diri dan segera pilih kelas yang kamu minati ya. 

 

Arkademi mengkhususkan pembelajaran berbasis keahlian yang diantarkan melalui kelas online berbasis Website dan tersedia di Play Store. Terdaftar resmi di Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

arkademi Kursus Online No. 1