1. Home
  2. Dari Arkademi
  3. Apa itu SEO Marketing dan 3 Tools Gratis yang Bisa Dimanfaatkan!

Apa itu SEO Marketing dan 3 Tools Gratis yang Bisa Dimanfaatkan!

Dari Arkademi
seo marketing

Perkembangan zaman membuat profesi digital marketing semakin diminati, salah satu keahlian yang wajib dimiliki adalah SEO marketing. Untuk Arkawan yang sedang mengincar posisi ini, atau ingin meningkatkan kemampuan analitiknya dalam membuat strategi kampanye yang efektif jangan ragu untuk memanfaatkan search engine optimization. Sebelum membahas lebih jauh tools atau alat yang bisa Arkawan gunakan dalam menunjang performa kinerja, yuk pahami dulu apa yang dimaksud SEO.

Apa yang dimaksud SEO marketing?

SEO adalah sebuah Teknik yang umum digunakan para digital markets untuk mengoptimasi halaman websitenya agar bisa menduduki rangking pertama pada mesin pencarian Google, tujuannya tentu untuk mendapatkan lebih banyak traffic melalui awareness yang dibangun. Mengapa perlu rangking satu di Google? Karena mesin pencarian ini masih menjadi favorit semua orang jika dibandingkan dengan Wiki, Baidu maupun Microsoft Bing.

Dengan tingginya traffic atau orang yang mengetahui keberadaan perusahaan, akan lebih mudah untuk melakukan penjualan atau mengingatkan Kembali di benak calon customer bahwa perusahaan yang kamu tempati menawarkan produk ataupun jasa yang mungkin cocok dengan kebutuhannya. Hal ini membuat banyak perusahaan berburu calon karyawan yang memiliki kemampuan SEO marketing untuk menjadi tonggak utama penggerak bisnis.

seo marketing

Keuntungan memanfaatkan SEO marketing?

Berikut daftar keuntungan yang bisa perusahaan dapatkan saat menerapkan strategi SEO marketing yang tepat:

1.       Merk atau perusahaan dikenal oleh khalayak umum.

2.       Mendorong terciptanya user generated content yang meningkatkan kredibilitas sebuah merek maupun perusahaan di mata calon pembeli.

3.       Mendapat kepercayaan pelanggan dan mendorong terjadinya pembelian Kembali.

4.       Melalui penerapan SEO marketing yang tepat, data hasil analisis juga bisa digunakan sebagai ide pengembangan bisnis yang sesuai dengan kebutuhan pembeli/pengguna.

5.       Menunjang kinerja customer service, melalui banyaknya ulasan yang dating dari customer, calon pembeli mungkin tidak lagi perlu menghubungi perusahaan langsung untuk mendapat informasi namun bisa langsung menemukan jawaban melalui halaman Google.

Semua keuntungan ini bisa kamu dapatkan jika menerapkan strategi SEO marketing yang tepat, namun selain itu Arkawan juga harus bisa membaca data dan menafsirkannya ke bentuk strategi komunikasi yang efektif untuk didistribusikan ke bagian marketing, product development atau divisi lain yang terkait. Untuk melengkapi kekuatan analytical skill, ada beberapa tools/alat yang bisa membantu Arkawan dalam menerjemahkan data SEO menjadi data yang praktis dan siap digunakan.

seo marketing

3 tools untuk mendukung efektifitas teknik SEO marketing

1.       Google Keyword Planner

Tool SEO yang pertama kali disebutkan bukan tanpa arti, kehadirannya yang bisa diakses gratis oleh siapa saja membuat tools ini memiliki penggemar paling besar. Mampu menyajikan data keywords yang baik, untuk seo marketing pemula tidak akan kesulitan dalam mengoperasikan tools yang satu ini karena tampilannya yang simple dan mudah untuk digunakan. Hasil pencarian akan menampilkan jumlah atau volume keyword yang ingin kamu gunakan dengan estimasi jumlah pencarian dalam satu bulan. Dengan fitur ini kamu bisa melihat apakah keyword yang akan kamu gunakan masih relevan dengan trend atau seberapa banyak orang yang membutuhkan informasi tersebut, sehingga penggunaan keyword bisa efektif dan tidak membuat waktu sia-sia.

2.       Google Trend

Jika pada pendahulunya focus untuk menampilkan data keyword yang ingin kamu gunakan, dengan google trend Arkawan bisa membandingkan dua bahkan beberapa keyword sekaligus untuk melihat data dna memilih keyword yang lebih layan untuk di optimasi. Ingat ya Arkawan, walau sebuah keyword memiliki volume yang besar, kamu juga perlu memperitmbangkan KD/keyword difficulty, sebuah indicator seberapa sulit keyword yang akan kamu gunakan muncul di halaman satu, semakin besar angka KD yang ditunjukan artinya Arkawan perlu lebih teliti dalam penyusunan artikel SEO untuk melawan website lain yang sudah menggunakan keyword tersebut, tipsnya adalah menggunakan keyword dengan volume dan KD yang relative seimbang.

3.       SEMRush

Tools yang satu ini sudah umum digunakan para SEO marketing, selain menawarkan fitur gratis fitur berbayarnya yang masih terjangkau yaitu sekitar USD 90/bulan, namun data yang ditawarkan lebih rinci dengan banyak informasi dan insight yang bermanfaat bagi Arkawan yang menggeluti bidang digital marketing. Pada fitur gratis, Arkawan bisa menggunakan untuk mendapatkan data dari maksimal 10 keyword yang ingin digunakan. Memiliki banyak fitur penunjang lainnya, jika Arkawan tertarik lebih dalam untuk mempelajari Teknik Pengaplikasian SEO Untuk Spesialis Periklanan, beli kelasnya di Arkademi dan dapatkan cashback Arkademi Koin hingga 47.500.

Itu tadi 3 rekomendasi tools yang bisa Arkawan manfaatkan untuk kebutuhan SEO marketing, Arkademi sebagai penyedia kursus online bersertifikat di Indonesia telah bekerjasama dengan lembaga sertifikasi kredibel dan dengan mentor yang ahli dibidangnya telah Menyusun kurikulum sesuai kebutuhan industri saat ini guna memenuhi kebutuhan masyarakat umum mendapat keahlian lebih demi menunjang karirnya.

Tersedia di Google Play Store, pengguna baru Arkademi bisa langsung mendapat Arkademi Koin sebesar 20.000 dan tambahan 5.000 untuk melengkapi data diri.

Arkademi Koin

Sebuah program loyalitas yang kami tawarkan kepada pengguna baru maupun lama dalam bentuk koin yang bisa digunakan untuk memotong harga kelas, dan mendapat cashback dari kelas-kelas pilihan. Informasi lebih lanjut, kunjungi halaman Arkademi Koin.

Rekomendasi