Belajar SEO Untuk Pemula (Panduan Menjadi SEO)

Cara belajar SEO dan tipsnya
Pengembangan Diri

Untuk seorang pemula yang ingin menguasai SEO, kamu harus mengetahui bahwa SEO merupakan salah satu strategi digital marketing dan  yang paling murah. SEO merupakan taktik untuk meningkatkan trafik website melalui pencarian organik di mesin pencari.

Sebagai pemula, kamu perlu untuk mempelajari bagaimana mencari kata kunci yang relevan, membentuk struktur URL yang rapi, membuat heading yang rapi, dan mempelajari algoritma Google. Artikel ini akan membahas tentang bagaimana cara dan memulai belajar SEO. Simak sampai tuntas ya!

Pelajari Konsep Dasar SEO

Sebagai pemula, tentunya kamu harus memulai belajar dengan mempelajari dasar-dasar SEO. SEO merupakan strategi untuk melakukan optimasi website agar mendapatkan ranking tertinggi pada halaman mesin pencari (Google). Website yang berada pada peringkat teratas akan mendapatkan jumlah pengunjung lebih banyak serta berkualitas dengan gratis.

Cara Kerja Search Engine

Search Engine akan bekerja dengan menemukan konten kemudian menyimpannya dalam bentuk database besar (indeks). Kemudian mesin pencari akan menyaring konten yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pengguna.

Pelajari Jenis-Jenis SEO

Jenis SEO terbagi kedalam 4 jenis yaitu SEO On-Page, SEO Off-Page, SEO Technical, dan SEO Local. Berikut penjelasannya:

  • SEO On-Page, adalah optimasi yang dilakukan dalam situs web perusahaan. Proses optimasi ini sangat berkaitan dengan konten yang berada di dalam website. Adapun optimasi yang dilakukan meliputi optimasi kata kunci, copy, header, judul, meta description, featured image, dan lainnya.
  • SEO  Off-Page, adalah optimasi elemen yang berada diluar website yang dimiliki. Strategi ini berkaitan dengan backlink dengan kualitas terbaik.
  • SEO Technical, adalah strategi optimasi website yang biasa digunakan oleh marketer professional. Proses optimasi ini berkaitan dengan elemen non-konten yang berada dalam website. Dengan memaksimalkan technical SEO, website akan lebih mudah ditelusuri oleh mesin pencari sehingga dapat meningkatkan trafik.
  • SEO Local, adalah optimasi website dengan mempromosikan website dengan fokus pada lokasi dimana perusahaan menjalankan bisnisnya.

Baca Juga : Apa itu SEO Specialist, Job Deskripsi hingga Gajinya (Panduan SEO)

Pelajari Tools SEO

Tools SEO merupakan alat yang digunakan untuk mempermudah website agar berada dalam peringkat tertinggi Google. Terdapat banyak tools SEO yang biasa digunakan oleh SEO Specialist diantaranya berupa Google Analytics, Google Search Console, Semrush, Ahrefs, Google Keyword Planner, Moz SEO, Google Page Speed, dan lain-lain.

Cara Belajar SEO

Tips belajar SEO dari pemula

Setelah mempelajari konsep dasar SEO, kamu dapat belajar SEO lebih cepat dengan melakukan cara sebagai berikut.

Up to Date Tentang SEO

Teknologi semakin maju hal itu tentunya akan berpengaruh pada digital marketing juga. Maka sangat penting untuk up to date mengenai SEO meski dasar-dasar SEO tetap sama tetapi Google terus melakukan pembaruan.

Ikuti Webinar

SEO merupakan strategi yang penting dalam menjalankan digital marketing. Maka, tak jarang banyak webinar yang membahas mengenai SEO. Melalui webinar kamu berkesempatan belajar langsung oleh pakar SEO atau SEO Specialist berpengalaman. Biasanya seluruh webinar akan berjalan secara aktif, artinya seluruh peserta dapat melakukan diskusi dengan narasumber.

Ikuti Sumber Dengan Topic SEO

Sebagai orang yang tertarik dalam bidang SEO, kamu perlu untuk mengikuti Google. Google biasanya akan menerbitkan pembaruan serta mengumumkan algoritma resminya pada Blog Search Console dan di Channel Youtube yang mereka miliki.

Berkoneksi Dengan Pakar SEO

Berkoneksi dengan pakar SEO merupakan salah satu cara untuk mengetahui informasi dan belajar teknik optimasi SEO secara up to date. Biasanya pakar SEO akan memberikan informasi lengkap dan tips-tips unik untuk dicoba dalam bidang SEO. Kamu dapat berkoneksi dengan pakar SEO di berbagai platform, misalnya di LinkedIn.

Baca Juga : KPI SEO, Manfaat dan Jenis KPI dalam SEO

Tips Dalam belajar SEO

Adapun tips untuk belajar SEO yang harus dilakukan pemula adalah sebagai berikut

Pahami Audience

Sebagai seorang yang bekerja di bidang marketing, sangat penting untuk memahami target audiens dalam bisnis. Dengan memahami audiens, kamu akan lebih mudah untuk membuat konten yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Memahami audiens juga faktor penting dalam kesuksesan bisnis.

Buat Website Pribadi

Membuat website pribadi merupakan salah satu cara yang perlu dicoba oleh pemula dalam belajar SEO. Dengan memiliki website sendiri, kamu akan belajar melakukan optimasi hingga menyelesaikan masalah secara mandiri, sehingga akan lebih paham mengenai SEO.

Belajar Optimasi Website

Setelah memiliki website sendiri, kamu dapat membuat konten berkualitas dan relevan terhadap audiens. Caranya adalah dengan melakukan riset keyword, membuat konten SEO friendly, menggunakan heading yang terstruktur, dan lain-lain.

Punya Tujuan yang Jelas Saat Belajar SEO

Dalam belajar SEO, tentunya kamu harus memiliki tujuan yang jelas untuk memotivasi diri agar belajar lebih giat. Misalnya kamu bercita-cita ingin menjadi SEO Executive Profesional.

Nah setelah belajar dengan cara-cara yang telah dijelaskan, kamu juga dapat mengikuti kursus SEO misalnya di Arkademi. Kursus ini akan membantumu untuk lebih cepat memahami keyword research hingga teknik SEO. Klik banner dibawah ini untuk informasi lengkap mengenai kursus.

Ikuti Kursus SEO di Arkademi