arkademi Kursus Online No. 1

Daftar 10 Hobi yang Bisa Jadi Sumber Cuan!

2 min read

10 hobi

Merangkum dari beberapa sumber, ini dia 10 hobi yang bisa kamu jadikan sumber pemasukan. Silahkan di cek, apakah hobi kamu termasuk dalam daftar ini atau tidak.

10 hobi

1. Menulis

Biasanya hobi ini muncul dari kebiasaan seseorang untuk membaca berbagai bahan bacaan seperti novel, fiksi, non fiksi atau materi lain sehingga memiliki wawasan yang luas dan kosakata yang beragam sehingga bisa merangkai sebuah kata menjadi kalimat yang enak untuk dibaca. 

Jika kamu ingin serius menggeluti bidang ini namun belum yakin untuk bekerja di bidang jurnalisme, kamu bisa loh menulis dan dibayar dengan menjadi bagian dari komunitas atau menjadi kontributor lepas yang tentunya lebih mudah untuk dilakukan ketimbangharus melamar menjadi pegawai tetap di sebuah perusahaan media.

Kalau kamu tertarik untuk memulai perjalanan menulis dan yang menghasilkan uang, coba gabung jadi IDN Community, Karya Karsa atau menjadi kontributor lepas di Brisik.id yaa!

10 hobi

2. Memasak

Kalau hobi yang satu ini sudah tidak diragukan lagi paling ampuh untuk mendatangkan pundi-pundi cuan ya, dari 10 hobi rasanya tidak muluk-muluk untuk menempatkan hobi ini di urutan nomor dua. Ohya, kalau kamu tertarik untuk memulai sendiri bisnis kuliner, Arkademi ada beberapa kelas memasak yang bisa kamu ikuti untuk mendapat arahan serta resep makanan loh, yuk langsung pilih kelas Merancang Bisnis Kuliner Rumahan Bersama Putri Habibie.

3. Menggambar

Pernah dengar ilustrasi berkomisi? Nah, kalau kamu punya hobi menggambar menggunakan alat-alat manual seperti cat air, cat minyak atau media lainnya kamu bisa bangte loh menjadikan hobi ini sebagai pemasukan. Pastikan kamu giat berlatih dan memamerkan hasil karyamu untuk menarik para pengunjung untuk membayar ilustrasi yang kamu ciptakan ya.

4. Desain grafis

Dari 10 hobi yang bisa menghasilkan uang, desain grafis juga menjadi salah satu pekerjaan menjanjikan yang bisa kamu lakukan dari mana saja jika berstatus freelance. Pekerjaan ini juga tidak jauh dari hobi menggambar kok, perbedaannya ada di media yang digunakan yaitu computer. Tertarik belajar lebih lanjut? Pilih kelas Kursus Desain Grafis yang ada di Arkademi!

5. Edit Video

Jasa video editing tidak hanya tergolong dalam hobi tapi juga sudah menjadi pekerjaan tetap. Pastikan kamu mampu menggunakan software yang tepat dan sesuai. Oh ya jika kamu sudah pernah memiliki pengalaman dalam mengedit video jangan lupa dikumpulkan ke dalam satu file untuk selanjutnya kamu jadikan portofolio untuk melamar pekerjaan di masa mendatang yaa. Namun jangan berkecil hati kalau belum percaya diri dengan hasil editan video, Arkawan bisa belajar lebih dalam di kelas Membuat Iklan Video Social Media ya.

10 hobi

6. Berkebun

Tertarik untuk mencoba hobi baru yang potensial menghasilkan cuan? Kamu bisa memulai dengan berkebun sayuran hidroponik loh, selain makanan organik semakin digemari, dengan teknik yang benar kamu juga tidak membutuhkan lahan yang luas untuk memproduksi sendiri sayuran/buah. di Arkademi ada kelas tentang berkebun yang menarik banget untuk kamu ikuti, yuk langsung cek Membangun Kebun Sayuran Hidroponik.

7. Berselancar di Social Media

Sampai juga ke poin 7 dari 10 hobi yang bisa menjadi sumber cuan, sudah tidak asing lagi untuk kita menemukan lowongan pekerjaan social media strategist, ya? Daripada kamu hanya scroll akun social media sendiri, kamu bisa mulai belajar teknik dan strategi marketing, photography untuk memaksimalkan penggunaan social media kamu dan berpeluang menjadi social media specialist untuk diri sendiri maupun untuk brand baru.

Ragam social media hari ini juga menguntungkan untuk kamu explore banyak hal, mengetahui trend terkini dan tetap up to date dengan perkembangan sehingga bisa menghasilkan konten social media yang relevan dan menarik.. tentunya bisa kamu olah jadi cuan!

8. Bermain Game

Pernah dengar nama Pewdipie? Trend menghasilkan cuan dari bermain game sepertinya berkembang pesat dengan kehadirannya di Internet. bermodalkan komputer, kamera dan perangkat game lainnya dia berhasil menjadi Youtuber terbesar dan termasuk berpenghasil terbesar hanya dengan main game loh! Menarik banget kan untuk kamu yang gemar bermain game? 

9. Belanja/Shopping Assistant

Punya hobi belanja tapi tidak terlalu gemar menumpuk barang? Kenali lebih dalam profesi shopping assistant, secara umum profesi ini adalah seseorang yang membantu orang lain/klien dalam membeli barang-barang yang dibutuhkan. Barang yang dibeli pun bisa kamu atur sendiri kategorinya, yang paling banyak ada dari fashion, clothing dan aksesoris lainnya. wah, jadi terbayang-bayang adegan Emily in Paris ya!

10. Fotografi

Dari 10 hobi yang bisa kamu geluti, profesi ini pastinya tidak boleh terlewat.. menjadi fotografer handal yang bebas berkreasi, menghasilkan jepretan berkualitas baik dan menjualnya ke orang, hobi ini tergolong yang paling menjanjikan di industri kreatif. Jadi, tunggu apa lagi segera ambil kelasnya diArkademi, kalau kamu pemula dan belum memiliki kamera profesional jangan ragu untuk ambil kelas Dasar-dasar Fotografi Menggunakan Smartphone.

Semoga daftar 10 hobi yang bisa menjadi sumber cuan membantu kamu semakin giat mendalami hobi dan melihat peluang untuk setiap karya yang kamu hasilkan. Jangan lupa daftarkan diri melalui website Arkademi atau unduh aplikasinya di Google Play Store.

Terdaftar resmi di Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Arkademi merupakan kursus online bersertifikat nomor satu.

arkademi Kursus Online No. 1

Leave a Reply

Your email address will not be published.