1. Beranda
  2. Prakerja
  3. Webinar Prakerja 2023, Ini dia Penjelasan Lengkapnya

Webinar Prakerja 2023, Ini dia Penjelasan Lengkapnya

Skema pelatihan prakerja sekarang sudah berubah menjadi webinar prakerja
Prakerja

Pada tahun 2023, pemerintah melanjutkan program Kartu Prakerja dengan skema normal yang diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 113 Tahun 2022 yang pelaksanaannya tertera pada Permenko Perekonomian Nomor 17 Tahun 2022.

Program Kartu Prakerta tahun 2023 hanya akan berfokus pada peningkatan kompetensi angkatan kerja. Pada program sebelumnya pelatihan hanya dilakukan secara online, kini dalam program baru terdapat opsi pelatihan online dan campuran.

Webinar Prakerja adalah salah satu jenis pelatihan online pada program tahun 2023 yang diadakan pemerintah, sehingga pelatihan online akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Lantas apa itu webinar Prakerja? Kemudian bagaimana sistem pelatihan program Kartu Prakerja secara online, offline, dan campuran? Yuk Simak artikel berikut ini!

Apa itu Webinar Prakerja

Webinar Prakerja adalah sebuah seminar atau pertemuan yang dilakukan secara online dengan membahas suatu topik yang ingin disampaikan pada peserta kartu Prakerja. Webinar ini biasanya diselenggarakan secara gratis dan peserta Kartu Prakerja wajib mengikuti Webinar tersebut melalui aplikasi online meeting seperti Zoom dan Google Meet.

Selain itu, webinar yang dilakukan akan menampilkan mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dan peserta akan terlibat dalam proses diskusi selama acara sehingga acara akan proaktif.

Jenis Pelatihan Prakerja ditahun 2023

Pada tahun 2023, pelatihan Prakerja memiliki jenis yang berbeda daripada tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun-tahun sebelumnya, pelatihan hanya berfokus pada pelatihan online dan peserta melakukan pelatihan dengan menonton video online.

Namun pada tahun ini, pemerintah memiliki program berbeda untuk jenis pelatihan Kartu Prakerja, adapun jenis pelatihan Prakerja tahun 2023 adalah sebagai berikut :

1. Pelatihan Online

Pelatihan online memiliki durasi program pelatihan selama minimal 15 jam/kelas dengan masa pelatihan 3 jam perhari. Dalam satu pelatihan hanya ada 150 peserta (maksimal) dengan pemanfaatan fasilitas secara optimal dengan 3 tenaga pelatih.

Durasi pelatihan yang diberikan juga akan mendorong efektivitas dan efisiensi pelaksanaan pelatihan dengan pendekatan format webinar.

2. Pelatihan Offline

Sama seperti pelatihan online, pelatihan offline juga memiliki durasi program pelatihan minimal 15 jam/kelas. Namun dalam durasi pelatihan perhari, pelatihan offline memiliki waktu lebih banyak yakni 8 jam/hari. Pelatihan offline akan dilakukan di ruang pelatihan dan peserta akan mendapatkan kesempatan praktik penerapan materi secara langsung.

Pelatihan yang dilakukan secara offline akan mengutamakan bidang tertentu yang sesuai dengan kriteria Indonesia critical occupation list menurut studi World Economic Forum (WEF). Bidang tersebut diantaranya pendidikan bisnis (digital marketing, data specialist, manajer logistik, surveyor, dan desain grafis), bidang manufaktur (manajer produksi, manajer operasi, ahli teknik produksi), bidang ekonomi kreatif (desain dan animator), serta bidang teknik.

Pada kelas offline, pelatihan dimulai paling pagi pada pukul 08.00 dan selesai paling malam pukul 21.00.  Pelatihan offline akan difokuskan pada 10 provinsi di tahap 1. Adapun provinsi yang dimaksud adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Bali, Kalimantan Barat, Papua, dan Sumatera Utara.

3. Pelatihan Campuran

Pada jenis pelatihan ini peserta dapat melakukan pelatihan secara online dan offline. Pelatihan online akan tetap diadakan secara webinar. Sedangkan offline, peserta harus datang ke tempat pelatihan untuk belajar.

Baca Juga : 6 Manfaat Kartu Prakerja yang Bisa Kamu Dapatkan

Skema Pelatihan Online

Skema pelatihan online pada tahun 2023 mengalami perubahan, yang sebelumnya total durasi pelatihan 6 jam menjadi 15 jam. Pelatihan online perhari dapat dilakukan maksimal 3 jam perhari. Webinar Prakerja adalah solusi tepat pelatihan bagi seluruh peserta untuk tetap dapat menjalankan sehari-hari, menjaga konsentrasi saat melakukan pelatihan, dan dapat menyelesaikan pelatihan dengan waktu yang singkat.

Cara Mendaftar kartu Prakerja 2023

Program kartu Prakerja saat ini semakin mempermudah peserta untuk mendapatkan kompetensi yang praktis dan sekaligus untuk meningkatkan produktivitas serta daya saing di pasar kerja. Untuk dapat mengikuti program Kartu Prakerja, kamu dapat melakukan pendaftaran dengan cara:

  1. Buat akun terlebih dahulu melalui link https://dashboard.prakerja.go.id/daftar. Lalu masukkan email dan password lalu klik ‘Daftar’.
  2. Kemudian kamu akan mendapatkan verifikasi melalui email.
  3. Setelah melakukan verifikasi, akun Kartu Prakerja telah selesai dibuat.
  4. Langkah selanjutnya adalah melakukan login pada alamat https://dashboard.prakerja.go.id/masuk
  5. Masuklah ke laman ‘Dashboard’, kemudian verifikasi KTP dan klik ‘selanjutnya’.
  6. Lengkapi data diri dan unggah foto KTP serta swafoto bersama KTP.
  7. Selanjutnya lakukan Verifikasi Telepon, kemudian isi deklarasi survey.
  8. Selanjutnya kamu wajib melakukan tes Prakerja.
  9. Setelah selesai melakukan tes, ikuti seleksi batch.
  10. Pilihlah batch yang kamu inginkan dan sesuai dengan alamat domisili.
  11. Setelah seluruh proses selesai, kamu hanya tinggal menunggu proses evaluasi pendaftaran.

Baca Juga : 3 Keuntungan Memiliki kartu Pra kerja

Program Kartu Prakerja tahun 2023 lebih berfokus pada peningkatan kompetensi angkatan kerja dalam mengasah diri dan menimba ilmu untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia. Lembaga pelatihan yang penyelenggara pelatihan yang diberikan oleh program ini juga merupakan lembaga berkualitas, mentor yang berpengalaman serta ahli di bidangnya, dan  sertifikat yang diakui industri.

Arkademi merupakan lembaga penyelenggara pelatihan Prakerja dan pendidikan resmi berlisensi dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI. Arkademi memiliki lebih dari 500 kursus online dengan sertifikasi resmi untuk para pekerja dan profesional Indonesia dalam meningkatkan karir dan keahlian.

 

Pelatihan yang diberikan telah disusun dan diajarkan langsung oleh instruktur ahli berpengalaman dengan pengakuan industri dan lisensi profesi. Yuk ikuti pelatihan Prakerja di Arkademi!

Rekomendasi