Webinar Prakerja 2024, Ini dia Penjelasan Lengkapnya

webinar prakerja adalah
Prakerja

Pada tahun 2024, pemerintah melanjutkan program Kartu Prakerja dengan skema normal yang diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 113 Tahun 2022 yang pelaksanaannya tertera pada Permenko Perekonomian Nomor 17 Tahun 2022.

Program Kartu Prakerta tahun 2024 hanya akan berfokus pada peningkatan kompetensi angkatan kerja. Pada program sebelumnya pelatihan hanya dilakukan secara online, kini dalam program baru terdapat opsi pelatihan online dan campuran.

Webinar Prakerja adalah salah satu jenis pelatihan online pada program tahun 2024 yang diadakan pemerintah, sehingga pelatihan online akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Lantas apa itu webinar Prakerja? Kemudian bagaimana sistem pelatihan program Kartu Prakerja secara mandiri, tatap muka, dan webinar? Yuk Simak artikel berikut ini!

Apa itu Webinar Prakerja

Webinar Prakerja adalah sebuah seminar atau pertemuan yang dilakukan secara online dengan membahas suatu topik yang ingin disampaikan pada peserta kartu Prakerja. Webinar ini biasanya diselenggarakan secara gratis dan peserta Kartu Prakerja wajib mengikuti Webinar tersebut melalui aplikasi online meeting seperti Zoom dan Google Meet.

Selain itu, webinar yang dilakukan akan menampilkan mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dan peserta akan terlibat dalam proses diskusi selama acara sehingga acara akan proaktif.

Jenis Pelatihan Prakerja ditahun 2024

Pada tahun 2024, pelatihan Prakerja memiliki jenis yang berbeda daripada tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun-tahun sebelumnya, pelatihan hanya berfokus pada pelatihan online dan peserta melakukan pelatihan dengan menonton video online.

Namun pada tahun ini, pemerintah memiliki program berbeda untuk jenis pelatihan Kartu Prakerja, adapun jenis pelatihan Prakerja tahun 2024 adalah sebagai berikut :

1. Pembelajaran Mandiri (Online)

Pelatihan pertama adalah pembelajaran mandiri, pembelajaran mandiri adalah pelatihan dengan menggunakan perangkat digital seperti komputer dan smartphone yang terhubung dengan internet.

Pembelajaran mandiri tidak harus dilakukan di lokasi fisik dan dapat diselesaikan di mana saja dan waktu mengikuti latihannya juga bebas sesuai dengan kesibukan kamu. Contoh pembelajaran mandiri adalah LMS (Learning Management System).

2. Tatap Muka (Offline)

Pelatihan tatap muka adalah pelatihan yang diharuskan tatap muka di tempat dan jadwal yang ditentukan oleh lembaga pendidikan.

Untuk pelatihan tatap muka ini hanya beberapa saja lembaga pelatihan yang menyediakannya. Untuk pelatihan tatap muka ini hanya tersedia di beberapa tempat saja dan tidak tersedia disetiap daerah.

3. Webinar

Dikutip dari halaman prakerja bahwa pelatihan webinar ini adalah “kegiatan pelatihan synchronous yang dilakukan secara online dimana peserta pelatihan dan instruktur melaksanakan kegiatan belajar mengajar pada waktu yang bersamaan dengan metode live webinar”.

Baca Juga : 6 Tips Ampuh Agar Lolos Prakerja Tahun 2024

Skema Pelatihan Online

Skema pelatihan online pada tahun 2024 mengalami perubahan, yang sebelumnya total durasi pelatihan 6 jam menjadi 15 jam. Pelatihan online perhari dapat dilakukan maksimal 3 jam perhari. Webinar Prakerja adalah solusi tepat pelatihan bagi seluruh peserta untuk tetap dapat menjalankan sehari-hari, menjaga konsentrasi saat melakukan pelatihan, dan dapat menyelesaikan pelatihan dengan waktu yang singkat.

Cara Mendaftar kartu Prakerja 2024

Program kartu Prakerja saat ini semakin mempermudah peserta untuk mendapatkan kompetensi yang praktis dan sekaligus untuk meningkatkan produktivitas serta daya saing di pasar kerja. Untuk dapat mengikuti program Kartu Prakerja, kamu dapat melakukan pendaftaran dengan cara:

  1. Buat akun terlebih dahulu melalui link https://dashboard.prakerja.go.id/daftar. Lalu masukkan email dan password lalu klik ‘Daftar’.
  2. Kemudian kamu akan mendapatkan verifikasi melalui email.
  3. Setelah melakukan verifikasi, akun Kartu Prakerja telah selesai dibuat.
  4. Langkah selanjutnya adalah melakukan login pada alamat https://dashboard.prakerja.go.id/masuk
  5. Masuklah ke laman ‘Dashboard’, kemudian verifikasi KTP dan klik ‘selanjutnya’.
  6. Lengkapi data diri dan unggah foto KTP serta swafoto bersama KTP.
  7. Selanjutnya lakukan Verifikasi Telepon, kemudian isi deklarasi survey.
  8. Selanjutnya kamu wajib melakukan tes Prakerja.
  9. Setelah selesai melakukan tes, ikuti seleksi batch.
  10. Pilihlah batch yang kamu inginkan dan sesuai dengan alamat domisili.
  11. Setelah seluruh proses selesai, kamu hanya tinggal menunggu proses evaluasi pendaftaran.

Baca Juga : Tips dan Cara Memilih Pelatihan Prakerja Agar Tidak Salah

Program Kartu Prakerja tahun 2024 lebih berfokus pada peningkatan kompetensi angkatan kerja dalam mengasah diri dan menimba ilmu untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia. Lembaga pelatihan yang penyelenggara pelatihan yang diberikan oleh program ini juga merupakan lembaga berkualitas, mentor yang berpengalaman serta ahli di bidangnya, dan  sertifikat yang diakui industri.

Arkademi merupakan lembaga penyelenggara pelatihan Prakerja dan pendidikan resmi berlisensi dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI. Arkademi memiliki lebih dari 500 kursus online dengan sertifikasi resmi untuk para pekerja dan profesional Indonesia dalam meningkatkan karir dan keahlian.

Pelatihan yang diberikan telah disusun dan diajarkan langsung oleh instruktur ahli berpengalaman dengan pengakuan industri dan lisensi profesi. Yuk ikuti pelatihan Prakerja di Arkademi!

banner prakerja