1. Home
  2. Persiapan Kerja
  3. UX Designer Adalah : Pengertian, Tugas & Tanggung Jawab (Panduan UI UX)

UX Designer Adalah : Pengertian, Tugas & Tanggung Jawab (Panduan UI UX)

Persiapan Kerja
UX Designer adalah profesi yang sangat dibutuhkan saat ini

UX Designer kerjanya Ngapain?

UX designer memiliki fokus kerja pada semua aspek untuk pengembangan web atau aplikasi. Aspek tersebut termasuk design, kegunaan, hingga branding dan pemasaran produk.

Tugas dari seorang UX designer adalah memberikan pengalaman berkesan dan kenyamanan bagi pengguna ketika berinteraksi dengan produk. Hal ini akan memberikan kesenangan dan efisiensi produk bagi pengguna.

Apa Itu UX Design

User Experience (UX) Design adalah proses yang dilakukan oleh designer untuk mendesain produk yang efisien, mudah digunakan, dan memberikan kesan yang menyenangkan bagi pengguna dalam berinteraksi.

Dalam istilah sederhana, UX Design merupakan sebuah proses menciptakan produk yang praktis dan bermanfaat.

Tugas utama dari UX designer adalah meningkatkan kinerja produk dan memastikannya mudah digunakan saat berinteraksi dengan pengguna.

Istilah dalam UX Design

Sebelum kamu menekuni profesi sebagai UX Designer, terdapat beberapa istilah dalam UX design yang kamu harus ketahui. Melansir dari artikel What Does a UX Designer Do? Berikut beberapa istilah yang sering digunakan UX Designer :

  • A/B Testing, merupakan sebuah metode yang dilakukan UX designer dalam membandingkan dua produk untuk mengevaluasi produk mana yang berhasil.
  • Accessibility, adalah sebuah konsep yang digunakan untuk mengetahui apakah produk dapat digunakan oleh semua kalangan pengguna.
  • Card Sort, adalah sebuah metode riset yang melibatkan pengguna.
  • End User, adalah seseorang yang akan membeli dan menggunakan produk jadi UX.
  • Human Computer Interaction, adalah bidang studi yang meneliti interaksi antara pengguna dengan komputer.
  • Information Architecture, adalah desain struktural yang dibuat untuk menyampaikan informasi agar mudah dipahami.
  • Mockup, adalah visualisasi realistis yang diterapkan dalam produk.
  • Persona, merupakan tools yang digunakan untuk membantu UX designer dalam memahami memahami kebutuhan, tujuan, dan perilaku pengguna.
  • Prototype adalah contoh dari rancangan produk yang digunakan untuk mendapatkan feedback dari pengguna.
  • User flow adalah sebuah diagram yang memperlihatkan alur pengguna saat menggunakan produk.
  • Wireframe, adalah sebuah kerangka yang berfungsi untuk memprioritaskan elemen-elemen yang mungkin dibutuhkan pengguna.

Tugas dan Tanggung Jawab UX Designer

Tugas UX Designer yang perlu di ketahui

Tugas utama dari seorang UX designer adalah memberikan kepuasan pengguna terhadap produk yang dibuat. Adapun tugas dan tanggung jawab UX Designer adalah sebagai berikut :

  • Melakukan konsultasi bersama klien untuk memahami kebutuhan dan tujuan mereka.
  • Mempresentasikan hasil riset pengguna kepada stakeholder internal dan eksternal.
  • Melakukan uji coba produk terhadap pengguna
  • Merangkai gambar, storyboard, site maps, dan screenflow
  • Membuat prototype produk dan mengembangkan konten
  • Melakukan analisis pesaing dan pelanggan
  • Menganalisis feedback dari pengguna untuk meningkatkan kinerja produk

Ruang Lingkup Kerja UX Designer

Ruang lingkup kerja UX designer berkaitan dengan kepuasan pengguna dalam pemakaian web atau aplikasi. Untuk mendapatkan kepuasan tersebut maka sebagai seorang UX designer harus bisa membuat produk efisien, mudah dan nyaman digunakan, serta menyenangkan.

Jenis Pekerjaan UX Designer

Tugas utama dari seorang UX Designer adalah memaksimalkan kepuasan pengguna saat menggunakan produk aplikasi atau web. Namun dalam dunia kerja, pekerjaan UX designer terdiri dari :

#1. UX Writer

Seorang UX writer memiliki tugas untuk membuat teks copy, melakukan analisis, membangun strategi dalam penulisan konten.

#2. UX Researcher

UX researcher bertugas untuk melakukan riset pengguna untuk mengetahui gambaran kebutuhan dan keinginan mereka untuk produk yang akan dibuat.

#3. UX Engineer

UX Designer bertanggung jawab atas pembuatan prototype dan pembuatan desain produk pada situs web atau aplikasi.

Baca Juga : Kenali 5 Jenis Pekerjaan UI UX dan Tugasnya

Prospek Kerja UX Design

Era digitalisasi saat ini mendorong prospek kerja UX Design sangat luas. Hal ini karena banyak bisnis baru yang mulai muncul di berbagai platform. Jika kamu berprofesi sebagai UX Designer, kamu berkesempatan untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan startup hingga perusahaan besar.

Profesi UX Designer berperan sangat penting dalam kelancaran bisnis. Hal tersebut karena kepuasan pelanggan merupakan kunci perusahaan untuk dapat membangun brand value dan reputasi bisnisnya agar bertahan dalam jangka waktu panjang.

Skill yang Harus dimiliki UX Designer

Dalam menjalankan pekerjaan, ada beberapa skill yang harus dimiliki oleh setiap UX Designer. Berikut ini adalah softskill dan hardskill yang harus dikuasai :

Softskill

  • Berempati
  • Berpikir kritis
  • Kemampuan beradaptasi
  • Memiliki rasa ingin tahu dan belajar yang tinggi
  • Memiliki kemampuan untuk berkolaborasi
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi
  • Problem solving

Hardskill

  • Mampu membuat wireframing dan prototyping
  • Memiliki kemampuan riset dan analisis
  • Memiliki keahlian dalam desain grafis
  • Memiliki kemampuan dalam komunikasi visual dan UI

Baca juga : 9 Tools Wajib yang Sering Digunakan UI/UX Designer

Cara Menjadi UX Designer

Menjadi UX Designer ternyata  tidak sesulit yang dibayangkan. Dengan banyak belajar dan memiliki panduan yang lengkap, kamu bisa menjadi seorang UX Designer yang diinginkan perusahaan.

Berikut ini adalah langkah dan cara menjadi UX Designer untuk pemula yang wajib diketahui

Pelajar Konsep Dasar

Sebelum kamu terjun ke dunia kerja menjadi seorang UX Designer, pastikan kamu sudah memahami konsep dari pekerjaan tersebut. Konsep dasar UX akan memberikanmu gambaran tugas dan tanggung jawab apa yang akan kamu miliki selama bekerja.

Pelajar Tools

Memahami cara penggunaan tools merupakan skill wajib yang harus dikuasai UX Designer. Hal ini karena seorang UX Designer bertanggung jawab dalam pembuatan visual UI UX sehingga dapat meningkatkan user experience.

Tools yang biasa digunakan oleh UX Designer antara lain seperti figma, adobeXD, hingga Invision.

Cari Study Case

Carilah beberapa study case di Internet dan kamu dapat mencoba mendesain ulang design yang telah ada. Hal ini akan membantu kamu untuk dapat mengidentifikasi tantangan dan merancang solusi.

Latihan Dalam Project UX Design

Sebelum kamu terjun langsung ke dunia kerja, kamu dapat mempraktikkan keterampilan yang kamu miliki untuk project amal, organisasi non-profit, ataupun membantu bisnis teman dan keluarga.

Ikuti Kursus

Terdapat banyak sekali platform yang menyediakan kursus online sebagai UX Design, salah satunya Arkademi. Dengan kamu mengikuti kursus, kamu akan lebih cepat paham mengenai UX Design.

Buat Portofolio

Portofolio menjadi berkas penting saat kamu melamar pekerjaan sebagai UX Design. Kumpulkan beberapa proyek terbaik yang telah kamu lakukan di portofolio untuk dapat menarik recruitment.


Dari penjelasan diatas dapat di simpulkan bahwa UX Designer merupakan seseorang yang bertugas untuk membuat sebuah desain yang mengutamakan User Experience. Seorang UX Designer bertanggung jawab dalam membuat desain yang nyaman digunakan oleh user.

Setelah mengetahui tugas, tanggung jawab, dan prospek kerja yang menjanjikan sebagai UX Designer, kamu dapat memahami profesi UI UX lebih lanjut dengan membaca artikel Panduan UI UX : Pengertian, Tugas hingga Prospek Karirnya

Arkademi menyediakan kelas Belajar Desain UI dan UX Website dari Pemula sampai Mahir yang akan mempermudah kamu untuk memahami lebih dalam tentang UX Designer.

-Kamu dapat membaca informasi mengenai Kursus UI UX melalui banner dibawah ini –

Kursus Belajar UI UX untuk pemula

Kamu juga dapat langsung mendownload aplikasi Arkademi melalui Google Store atau Play Store. Setelah mendownload aplikasi, kamu akan mendapatkan Arkademi koin senilai 25.000 setelah melengkapi data diri, koin ini langsung bisa dipakai untuk potongan harga kelas.

Sumber : 

What You Should Know About User Experience Design

User Experience (UX) Design

Hot Job: UX Designer

Tag

Rekomendasi