1. Home
  2. Karier
  3. Kenali 5 Jenis Pekerjaan UI UX dan Tugasnya

Kenali 5 Jenis Pekerjaan UI UX dan Tugasnya

Karier
Jenis Pekerjaan dalam bidang UI UX

“Artikel ini membahas tentang jenis jenis pekerjaan dalam bidang UI UX dan Skill yang Dibutuhkan”

Dalam era digitalisasi saat ini pekerjaan UI UX semakin banyak dicari oleh perusahaan. Selain prospek kerja yang luas, terdapat banyak sekali jenis atau role pekerjaan UI UX.

Hal ini karena setiap perusahaan dituntut oleh kemajuan teknologi untuk menciptakan suatu produk yang mudah dipahami dan digunakan oleh penggunanya.

Perbedaan tugas dan tanggung jawab yang sama yaitu untuk meningkatkan pengalaman pengunjung yang baik, tapi ternyata didalam UI UX terdapat role yang cukup berbeda dan fokus pada keahlianya masing-masing.

Seperti misalnya UX Writer yang bertugas untuk menulis copy dalam website, UI UX Designer yang bertugas membuat design dan wireframe hingga UX Engineer yang harus memahami bahasa pemrograman.

Berikut ini role dan  jenis pekerjaan UI UX yang perlu kamu ketahui sebelum terjun kedalam dunia UI UX ya,

Jenis Jenis Pekerjaan dalam UI UX

Jenis Pekerjaan UI UX yang perlu kamu ketahui

Fungsi dan tanggung jawab UI UX sangat beragam, hal itu karena seorang UI UX memiliki tugas dalam membuat desain berdasarkan riset, survey, permintaan, dan target penggunanya.

UI UX menjadi pekerjaan yang paling dicari oleh perusahaan saat ini dan memiliki prospek dan jenjang kerja yang luas. Kamu dapat mengenali jenis pekerjaan UI UX antara lain:

UX Writer

Jenis pekerjaan dalam UI UX yang pertama adalah UX writer. UX writer merupakan seseorang yang memiliki tuas dalam membuat sebuah teks copy pada website, aplikasi, ataupun produk digital lainnya.

Writer ini akan memilih kata-kata yang informatif, friendly, dan terbaik yang bertujuan agar pengguna menangkap pesan yang ingin disampaikan.

Golongan dari pengguna yang dimaksud ialah dari berbagai usia, gender, hingga latar belakang yang berbeda. Copy yang dibuat biasanya akan diletakkan pada menu, tombol, label, hingga chatbot.

UI Designer

UI designer memiliki tugas untuk menentukan tampilan halaman web atau aplikasi secara keseluruhan. UI design memiliki tanggungjawab untuk mendesain web dari pemilihan warna, gambar, tulisan, dan lainnya agar lebih menarik.

UI designer memiliki fokus pada aspek visual. Untuk menjadi UI designer, kamu membutuhkan keahlian dalam aplikasi Photoshop, Illustrator Fireworks, dan sebagainya.

UI designer akan memberikan hal-hal seperti mockup dan aset visual seperti tombol pada laman dan spanduk.

UX Designer

UX designer merupakan seseorang yang bertanggungjawab atas peningkatan kepuasan penggunaan produk.

UX designer akan memikirkan cara bagaimana pengguna akan mudah dan nyaman dalam menggunakan suatu produk.

Untuk mendorong hal tersebut biasanya UX designer akan memikirkan tentang kegunaan, aksesibilitas, dan interaksi produk.

Tugas dari UI Designer untuk membuat produk yang nyaman digunakan adalah dengan melakukan riset, pembuatan desain, melakukan pengujian, dan implementasi.

Yuk Intip Gaji UI UX Designer di artikel Gaji UI UX Designer dan Faktor yang Mempengaruhinya

UX Researcher

Jenis pekerjaan UI UX yang satu ini merupakan profesi yang eksis dalam bidang teknologi terutama pada perusahaan e-commerce ataupun marketplace.

Tugas utama dari seorang UX researcher adalah memberikan jawaban atas semua pertanyaan yang paling challenging dalam desain suatu produk.

Maka, profesi ini dituntut untuk melakukan penelitian dan eksplorasi perilaku dan motivasi secara rutin.

Skill yang dibutuhkan dalam profesi ini antara lain adalah harus mengerti dan fokus terhadap pengguna, memiliki kemampuan analisis yang hebat, memiliki kemampuan dalam menyelesaikan masalah, dan tidak mudah puas.

UX Engineer

Mungkin profesi ini masih asing bagi banyak orang, untuk menjawab pertanyaan apa itu UX engineer? Berikut penjelasannya.

UX engineer adalah profesi yang mempunyai peran dalam mengidentifikasi kebiasaan dari pengguna data melakukan interaksi dengan suatu elemen desain.

Profesi ini juga dapat dikatakan sebagai penghubung antara designer dengan development.

Skill yang harus dimiliki untuk menjadi UX Engineer antara lain menguasai HTML, CSS & Java Script, memiliki pengetahuan tentang Testing & debugging, menguasai UI design principles, memiliki kemampuan dalam komunikasi dan kolaborasi, memiliki rasa empati dan memiliki waktu yang fleksibel.

Project Management/Manager

Jenis pekerjaan UI UX writer ini sangat penting bagi perusahaan. Seorang Project Management akan memiliki peran penting dalam perencanaan, eksekusi, mengkoordinasikan jadwal, anggaran, dan sumber daya masing-masing proyek hingga penutupan proyek.

Tanpa adanya Project Management maka seluruh proyek tidak akan berjalan dengan baik. Profesi ini juga bertanggung jawab atas keberhasilan suatu proyek dalam perusahaan.

Skill yang harus dimiliki oleh Project Management antara lain adalah memiliki kemampuan dalam berkomunikasi, memiliki jiwa kepemimpinan, mampu melakukan negosiasi, manajemen tim dan waktu, memiliki kemampuan yang cepat dalam memahami teknologi, manajemen resiko, mampu melakukan riset, memiliki kemampuan dalam menyelesaikan masalah, memiliki kemampuan dalam pengelolaan biaya, dan memiliki kemampuan interpersonal.

Baca Juga : Pengertian UI UX Designer , Skill, Tugas hingga Prospek Karirnya

Struktur tim UI UX

Biasanya tim UI UX masuk ke dalam sebuah tim product. Hal ini karena UI UX biasanya bekerja untuk membuat produk terlihat lebih indah dimata pengunjung.

Setiap perusahaan tentu memiliki kebutuhanya sendiri dalam mengelola tim. Berikut ini Struktur tim yang biasanya ada di dalam perusahaan.

#1 Struktur Tim Berdasarkan Fungsi

Pada Struktur ini, biasanya tim UI UX hanya fokus terhadap keahlianya masing-masing, seperti UX Writer, UI Design, UX Design, UX Researcher hingga UX Engineer.

#2 Struktur Tim Berdasarkan Produk

Pada Struktur ini, biasanya tim hanya memiliki beberapa tim UI UX saja. Seorang UI Designer misalnya harus paham juga mengenai UX Design. Selain itu juga harus memahami bagaimana melakukan riset.

Sangat beragam bukan jenis pekerjaan dalam bidang UI UX? Jika kamu tertarik untuk terjun dalam profesi tersebut, kamu dapat mengikuti kursus Belajar Desain UI dan UX Website dari Pemula sampai Mahir.

Kamu juga dapat download aplikasi Arkademi melalui Google Store atau Play Store untuk mendapatkan Arkademi koin senilai 25.000 setelah melengkapi data diri. Koin ini dapat digunakan sebagai potongan harga kursus.

Buat Arkawan yang belum paham mengenai UIUX silahkan baca artikel Kenali Apa Itu UI UX, Perbedaan Hingga Cara Kerjanya

Tag

Rekomendasi