1. Home
  2. Pengembangan Diri
  3. Tinggi Peminat, Kenali Fungsi dan Skill Posisi Product Manager

Tinggi Peminat, Kenali Fungsi dan Skill Posisi Product Manager

Pengembangan Diri Pengembangan Karier Persiapan Kerja
product manager

Istilah posisi Product Manager bagi beberapa orang masih terdengar asing, tetapi jabatan ini sudah banyak diterapkan oleh banyak Perusahaan. Menjadi seorang Product Manager adalah posisi yang dapat kamu pertimbangkan dalam berkarir. Pasalnya, banyak sekali Perusahaan yang membutuhkan seseorang untuk mengelola suatu produk. Terlebih lagi jika kamu ingin berkarir di Perusahaan Startup, pasti kamu tidak asing lagi dalam mengenal jabatan ini. Mari kita simak penjelasan Fungsi dan Skill yang harus dimiliki seorang Product Manager.

Siapa Product Manager?

Product Manager atau biasa disebut dengan PM adalah seorang yang bertanggung jawab dalam mengembangkan produk, mengidentifikasi kebutuhan pasar, mengelola tim, dan memastikan seluruh strategi perencanaan pengembangan produk. Posisi PM terbilang baru dan umumnya sering ditemui pada Perusahaan Startup atau Perusahaan teknologi. Biasanya Product Manager akan sering berkolaborasi dengan Tim Tech, Product Designers, Software Engineers, dan Marketing.

Fungsi Product Manager

Setelah mengetahui siapa itu Product Manager, kamu akan mendapat gambaran tentang tugas dan tanggung jawab Product Manager. Pekerjaan seorang Product Manager akan bersinggungan dengan bidang teknologi, user-experience, dan business. Secara garis besar berikut ini adalah lingkup fungsi dan tanggung jawab seorang PM:

  1. Melakukan riset pasar sesuai dengan user persona Brand
  2. Mengembangkan ide perkembangan produk dan menilai ide tersebut untuk keberlangsungan pasar
  3. Berkolaborasi dengan tim Tech, Marketing, Sales dalam proses pemngembangan produk
  4. Menentukan strategi pengembangan produk
  5. Menganalisa hasil riset pasar dan produk
  6. Menetapkan harga produk sesuai dengan hasil riset pasar, biaya produksi, dan perkiraan permintaan pasar

 

Skill Set Product Manager

Terdapat banyak skill yang harus dimiliki oleh seorang Product Manager, berikut adalah pemaparannya:

 

1. Komunikasi

 

Kemampuan komunikasi adalah hal yang wajib dimiliki oleh profesi Product Manager. Sering berkolaborasi dengan tim lain, PM akan dituntut mampu berkomunikasi dengan efektif saat bekerja lintas divisi. PM harus bisa memposisikan diri karena akan berhadapan dengan berbagai orang dengan latar belakang berbeda.

 

2. Riset dan Analisis

 

Sebagai pengembang produk, diperlukan skill riset pasar dan analisis yang tajam. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, PM akan sering melakukan riset pasar untuk menguji produk dan kebutuhan pasar. PM harus bisa secara cepat melakukan riset dan analisa hasil riset dengan hasil yang dapat diimplementasikan secara langsung ke dalam product roadmap.

 

3. Data Driven

 

Istilah Data Driven adalah suatu kemampuan dalam pengambilan keputusan berdasarkan kebenaran data dan fakta. Seluruh hasil keputusan diambil berdasarkan hasil data. Sejalan dengan kemampuan riset dan analisis, seorang PM harus mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan hasil riset lapangan. Pendekatan ini dapat menjadi acuan dalam mencapai keberhasilan Perusahaan.

 

4. Pemikiran Strategis

 

Kemampuan berpikir secara strategis adalah hal utama yang diperlukan seorang PM. Menjalankan program pengembangan produk harus membutuhkan pemikiran strategis. Hal ini memerlukan kehati-hatian, karena jangan sampai seorang PM salah dalam mengambil langkah strategis.

 

5. Ilmu Bisnis dan Ekonomi

 

Tidak heran jika seorang Product Manager harus menguasai dasar ilmu bisnis dan ekonomi. PM akan sering mengaplikasikan ilmu bisnis dalam menerapkan strategi pengembangan produk, Selain itu PM juga harus mengerti dasar ilmu ekonomi. Sebab, PM akan bersinggungan dengan perancangan anggaran, dan permintaan pasar.

 

6. Pengetahuan dasar Teknologi

 

Divisi product menjadi bagian dari tim Tech. Sehingga PM harus paham dasar-dasar dari coding, programming, dan sejenisnya.

Itulah penjelasan singkat tentang profesi pengertian, fungsi, dan skill set yang harus dimiliki oleh seorang Product Manager. Semoga artikel ini membantu Rekan Arkademi untuk lebih memahami arah perkembangan karir yang kamu inginkan, salam sukses!

Rekomendasi