8 Tugas Project Manager yang Wajib Kamu Ketahui sebagai Pemula

Tugas Project manager yang perlu diketahui
Pengembangan Diri

Project manager menjadi salah satu role penting dalam suatu perusahaan karena menyangkut berbagai proyek yang perlu diawasi agar berjalan sesuai dengan rencana. Seseorang yang memegang role tersebut tidak hanya bertanggung jawab terhadap hasil dari suatu proyek saja tetapi juga dari mulai perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, pengendalian hingga penyelesaiannya. Selain itu, peran dari seorang project manager ini pun diperlukan dalam berbagai sektor industri loh, jadi memiliki peluang yang luas.

Seorang project manager tidak hanya memiliki pengetahuan dan kompetensi dalam cakupan sektor perusahaan saja, tetapi juga harus didukung oleh skill lainnya seperti, leadership, analisa serta kemampuan komunikasi yang baik. 

Dalam artikel ini kamu akan belajar lebih jauh terkait tugas project manager untuk mengenal lebih dalam bagaimana proses kerja dan skill yang diharapkan.

Tugas Project Manager

Sebagai seorang project manager tentunya harus bertanggung jawab pada seluruh aspek pelaksanaan suatu proyek baik itu teknikal ataupun hubungan dengan stakeholder terkait. Namun, secara keseluruhan berikut adalah tugas dari project manager.

Merencanakan Project agar Sesuai dengan Tujuan Perusahaan

Tahapan awal dalam menjalankan suatu proyek tentunya adalah perencanaan. Beberapa hal harus menjadi pertimbangan dalam tahap ini seperti, budget, scope, timeline yang harus disesuaikan dengan tujuan dan sasaran. 

Penting bagi seorang project manager untuk mempertimbangkan jangka waktu penyelesaian proyek dimana harus cepat dan tepat.

Umumnya tugas project manager dalam tahapan ini adalah:

  • Pengelompokan tugas sesuai dengan tanggung jawab tiap divisi
  • Mengalokasikan tugas kepada tim dengan jelas
  • Timeline penyelesaian setiap tugas

Memimpin Tim dalam Melaksanakan Proyek

Menjaga dan memastikan setiap proses pelaksanaan proyek berjalan dengan baik harus diiringi dengan kemampuan leadership untuk menjaga keselarasan didalamnya. Sebagai project manager, bukan berarti hanya mendelegasikan suatu tugas saja tapi juga membangun komunikasi yang efektif dalam tim. Hal tersebut bertujuan agar kinerja tim maksimal sehingga hasilnya pun sesuai. 

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Project Manager (Panduan Lengkap)

Melakukan Pengelolaan Dana dan Sumber Daya

Seorang project manager harus memiliki kemampuan untuk mengelola anggaran proyek sesuai dengan kebutuhan aktual serta tetap mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang ada bagi setiap tahapan proyek. Tetapi, dalam merencanakan anggaran pun harus logis sesuai dengan besaran proyek. 

Selain mengelola anggaran, sumber daya lainnya pun perlu menjadi perhatian seperti anggota tim atau dikenal dengan people power dengan peran dan tanggung jawabnya yang berbeda. Sehingga penting untuk menemukan cara pengelolaan sumber daya yang efisien menghindari kegagalan proyek.

Melakukan Perencanaan dan Penjadwalan Project

Cara untuk memantau pelaksanaan suatu proyek adalah dengan membuat timeline sehingga dapat melihat kemajuan yang sudah dilakukan. Ketika membuat suatu perencanaan harus diikuti dengan penetapan waktu dari masing-masing prosesnya. Penting bagi seorang project manager untuk memiliki berbagai informasi yang sangat berguna dalam memberikan estimasi yang tepat demi menghindari permasalahan di masa mendatang. 

Melakukan Pemantauan dan Pelaporan mengenai Proses Proyek

Ketika proyek telah berjalan maka seorang project manager akan berfokus pada pemantauan status dari proyek tersebut dan harus bisa menganalisis kemajuan setiap prosesnya. Dalam pemantauan, tentunya harus didokumentasikan salah satunya dengan pembuatan laporan Penyusunan laporan pun dibuat secara jelas berisi status kemajuan proyek, kesulitan yang dihadapi hingga penggunaan anggaran. 

Membuat Rencana Cadangan

Salah satu hal yang harus dipahami dalam pelaksanaan suatu proyek adalah risiko dapat terjadi kapanpun walaupun perencanaan telah disiapkan sebaik mungkin. Peran project manager disini sangatlah penting untuk menentukan rencana cadangan sebagai mitigasi dari kendala yang tidak diinginkan.

Melakukan Pelaporan Proyek terhadap Stakeholder

Tugas project manager bukan hanya dalam cakupan pelaksanaan proyek saja tetapi juga dalam hal hubungan dengan para stakeholder yang berkepentingan. Sehingga penting bagi seorang project manager memiliki hubungan baik dan berkomunikasi terkait proses pelaksanaan proyek kepada stakeholder.

Melakukan Dokumentasi terhadap proses Pengerjaan Proyek

Setelah proyek terselesaikan, peran project manager bukan berarti selesai karena ia harus membuat laporan akhir bagi perusahaan dan stakeholder untuk mengidentifikasi kebutuhan dan bahan evaluasi di proyek mendatang.

Dalam penyusunan laporan akhir project manager harus memastikan setiap tahapan pelaksanaan sesuai dengan ketentuan di perusahaan tersebut dan juga mendokumentasikan hal-hal yang telah dilakukan dan pihak-pihak yang terlibat. 

Melakukan Evaluasi terhadap Proses dari Proyek

Tidak hanya membuat laporan akhir saja, seorang project manager pun perlu untuk melakukan evaluasi untuk menilai efektivitas dan efisiensi dari proyek yang telah selesai. Menganalisis kendala dan tantangan untuk melihat kekurangan yang ada baik itu berdasarkan pengalaman atau data yang dimiliki.

Selain itu, hal-hal yang menjadi faktor keberhasilan pun jangan sampai terlewatkan agar setiap pihak yang terlibat mengetahui cara-cara yang dianggap berhasil. 

Baca Juga : Apa itu Project Management, Manfaat dan Perbedaan dengan Project Manager

Job Deskripsi Project Manager

  1. Menjadi pemimpin dalam proses perencanaan dan pelaksanaan proyek
  2. Menentukan objective, cakupan dari suatu proyek
  3. Mengkoordinir pihak-pihak yang terlibat dalam pembagian tugas dan tanggung jawab
  4. Pengelolaan anggaran serta sumber daya yang dimiliki
  5. Penyusunan rencana dan jadwal proyek
  6. Menjadi pemberi arahan dan dukungan
  7. Memantau setiap tahapan proyek dan melaporkannya kepada pihak yang memiliki kepentingan
  8. Membuat laporan yang didalamnya terdapat status, kendala dan kemajuan proyek
  9. Menjalankan evaluasi serta analisis dari pelaksanaan proyek.

Contoh Job Deskripsi Pada Lowongan Kerja

#Lowongan Kerja Project Manager di Linkedin 1

lowongan kerja project manager pashouses

#Lowongan Kerja Project Manager di Linkedin 2

lowongan kerja project manager siemens

Penutup

Peran seorang project manager dalam suatu perusahaan atau organisasi menjadi penting karena menyangkut pengawasan dan kontrol terhadap suatu proyek. Diperlukan integrasi dari beberapa skill yang harus dimiliki seperti leadership, komunikasi, hingga manajemen risiko untuk memastikan setiap tanggung jawab seorang project manager dijalankan dengan sebaik-baiknya. 

CTA Project Management

Apakah kamu tertarik menjadi seorang project manager? Atau ingin memahami lebih jauh proses kerja seorang project manager?

Arkademi sebagai platform penyedia kursus online menyediakan pelatihan bagi kamu yang ingin meniti karir sebagai seorang project manager. Diajarkan oleh mentor yang sudah berpengalaman dalam menangani berbagai proyek dan menjadi seorang project manager lebih dari 8 tahun di dunia project management.

Penasaran ? Coba cek kelasnya di Kursus Project Management dengan Metode Agile and Scrum