Cara Menjadi Project Manager Dari Pemula (Panduan Project Manager)

Cara menjadi product manager step dari step
Pengembangan Diri

Menjadi seorang project manager berarti harus mampu menguasai kemampuan skill project management yang baik.

Dengan banyaknya permintaan lowongan pekerjaan untuk posisi project management ini berarti persaingan untuk menjadi seorang project manager terbilang sulit.

Mengingat untuk menjadi seorang project manager dibutuhkan skill yang mumpuni, tidak jarang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk seseorang menjadi project manager. Dalam artikel ini, kamu akan belajar bagaimana cara menjadi project manager step per step secara mudah supaya impianmu menjadi seorang project manager dapat tercapai.

Cara Menjadi Project Manager yang Disukai Perusahaan

Project manager merupakan salah satu posisi yang sangat kompleks, oleh karena itu untuk mencapai posisi ini, kamu harus paham  bagaimana alur belajar dan cara menjadi project manager yang baik.

Berikut ini merupakan pembahasan mengenai step by step untuk menjadi seorang project manager :

Pahami Tentang Project Manager

Kamu tidak akan bisa menjadi seorang project manager tanpa memahami sebenarnya apa project manager itu sendiri. Oleh karena itu, kamu harus paham secara detail mengenai posisi ini karena akan membantu kamu menyelesaikan pekerjaanmu.

Kamu bisa belajar untuk memahami mengenai posisi project manager mulai dari pengertian, job deskripsi hingga tanggung jawab yang perlu dikerjakan.

Meningkatkan Skill yang Dibutuhkan

Cara kedua adalah dengan memahami skill yang dibutuhkan untuk menjadi project manager, Dalam project manSelainager, terdapat beberapa skill yang diperlukan, antara lain :

  • Memahami teknik dan metodologi project management.
  • Paham menggunakan tools project management seperti slack, trello, notion dan lainnya.
  • Memiliki skill manajemen yang baik seperti manajemen waktu, manajemen resiko hingga manajemen sumberdaya.
  • Memiliki skill komunikasi yang bagus sehingga dapat menyampaikan pesan dengan baik.
  • Memiliki kemampuan leadership sehingga dapat memimpin tim dalam menyelesaikan proyeknya.

Selain skill diatas, terdapat juga skill skill lainnya yang lebih kompleks, kamu dapat mengetahui skill yang dibutuhkan dengan mengunjungi skill project manager. 

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Project Manager (Panduan Lengkap)

Cari Sumber Belajar Project Manager

Memutuskan untuk menjadi project manager berarti kamu harus banyak belajar. Saat ini banyak sumber yang bisa kamu gunakan untuk belajar mengenai project manager mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Berikut ini merupakan beberapa sumber yang bisa kamu coba gunakan untuk belajar mengenai project manager :

Ebook

Youtube

Podcast

Blog

Mengikuti Kursus Project Management

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menjadi project manager adalah dengan mengikuti kursus.

Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan saat mengikuti kursus project management seperti belajar yang lebih terstruktur, mendapatkan sertifikat dan pastinya akan menjadi nilai tambah saat melamar pekerjaan.

Mengikuti kursus project management ini penting karena sampai saat ini belum ada perkuliahan yang secara detail mengajari project management ini.

Baca Juga : 8 Tugas Project Manager yang Wajib Kamu Ketahui sebagai Pemula

Mencoba Mencari Magang/Entry Level

Langkah selanjutnya adalah coba untuk mencari kesempatan magang atau kerja sebagai entry level sebagai project manager. Buat target mengenai apa saja yang akan dipelajari sehingga setelah merasa cukup kamu bisa keluar dan mencari kesempatan yang lebih baik.

Beberapa posisi yang bisa kamu coba untuk menjadi entry level sebagai project manager.

  • Project coordinator
  • Project operation
  • Associate project manager
  • Junior project manager
  • Operations associate
  • Administrative associate

Bangun Portofolio

Setelah mendapatkan pengalaman, langkah selanjutnya adalah bangun portofolio untuk meyakinkan recruiter. Isi portofolio dengan project yang pernah kamu kerjakan sehingga dapat menjadi nilai tambah saat melamar pekerjaan.

Portofolio ini penting karena bisa sebagai bahan pertimbangan recruiter akan menerima lamaranmu atau tidak.

CTA Project Management

Nah  itu dia pembahasan mengenai cara menjadi project manager step dari step dengan mudah, apabila kamu ingin belajar lebih lanjut kamu bisa mencoba mengikuti kursus project management di Arkademi.

Arkademi merupakan lembaga pelatihan online bersertifikat yang bisa kamu coba untuk membantumu membangun karir untuk menjadi project manager.