1. Home
  2. Dari Arkademi
  3. Pentingnya Mengambil Kursus Trading Saham Online Untuk Pemula

Pentingnya Mengambil Kursus Trading Saham Online Untuk Pemula

Dari Arkademi
kursus trading saham online

Bermain saham bagi sebagian orang mungkin terlihat mudah, tapi bagi sebagian orang yang ingin masuk dan bermain saham tentu hal ini perlu di perhitungkan.

Karena jika salah dalam menganalisa saham tentu hal ini akan berdampak terhadap kerugian. Untuk itu, maka diperlukan beberapa tips bermain saham untuk pemula yang ingin mencoba agar terhindar dari kerugian.

Berikut ini beberapa tips yang perlu diperhatikan saat ingin bermain saham untuk pemula

Tips Bermain Saham untuk Pemula

Image by Freepik

Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pemula saat ingin bermain saham :

1. Belajar Fundamental Saham

Dengan mengenal lebih jauh apa itu saham, cara kerja saham hingga istilah yang sering muncul dalam dunia saham.

Sangat penting juga untuk mengenal jenis-jenis saham, tempat jual beli saham yang terpercaya sehingga dalam belajar saham nantinya kamu akan paham secara teknis dan saat menemukan istilah-istilah baru yang penting.

2. Analisis Saham

Saham sangatlah fluktuatif dan mempunyai pergerakan setiap saat. Kamu harus mencoba untuk membaca pergerakan saham melalui chart saham. 

Selain membaca chart saham, kamu juga dapat menganalisa perkembangan perusahaan, faktor internal hingga faktor eksternal perusahaan. Karena banyak faktor yang mampu mempengaruhi pergerakan saham.

Baca Juga : Cara Bermain Saham Dengan Modal 100 Ribu? Pelajari 4 Caranya!

3. Memilih jadi Trader atau investor

Walaupun sama-sama bermain saham dan mempunyai tujuan yang jelas yaitu profit, tapi nyatanya terdapat 2 cara mendapatkan keuntungan dari bermain saham.

Menjadi trader artinya kamu harus melakukan transaksi jual beli saham disaat yang tepat, misalnya saat membeli saham saat harga sedang turun dan menjualnya saat harga naik.

Berbeda dengan trader, Investor lebih menginvestasi asetnya dalam jangka panjang dan akan mendapatkan keuntungan saat pembagian dividen setiap tahunnya.

4. Menggunakan Uang Dingin

Bermain saham mempunyai resiko yang sangat tinggi dan berpeluang untuk menghilangkan seluruh uang kamu jika salah dalam melakukan analisa saham.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan uang dingin saat bermain saham. Uang dingin adalah uang yang bukan merupakan uang yang diperlukan dan siap apabila terjadi sesuatu dalam uang tersebut.

Sebagai pemula, sebaiknya bermain saham tidak langsung menggunakan uang dengan nominal yang besar.

5. Pahami Index LQ45 dan IDX30

Saham Index LQ45 dan IDX30 adalah saham yang mempunyai nilai transaksi yang tinggi dan memiliki performa yang bagus. Bagi pemula yang ingin bermain saham, akan lebih bagus memilih saham-saham yang masuk dalam index tersebut.

Dengan memilih saham tersebut, diharapkan akan mendapatkan keuntungan dalam melakukan transaksi saham.

6. Hindari Hutang

Bermain saham dengan hutang memiliki resiko bukanlah hal yang baik dan bijaksana. Bermain saham memiliki resiko kehilangan yang sangat tinggi, jadi sangat tidak disarankan untuk menggunakan uang dari berhutang.

Jika menggunakan uang dari hutang tentu kita tidak tenang dalam melakukan investasi saham dan meningkatkan resiko kesalahan analisis.

7. Ikut Kursus Saham

Kehadiran kursus trading saham online membukakan wawasan kita lebih luas terhadap instrumen investasi yang ada dan mengajarkan kita untuk memahami kondisi keuangan serta psikologis diri sendiri sebelum terjun ke trading saham. 

Namun begitu, kamu tetap perlu cermat ya dalam memilih kelas trading saham online perhatikan metode ajar yang akan kamu dapatkan, Lembaga yang menyediakan, harga kursus trading saham online di marketplace dan pastikan kamu menyempatkan diri membaca ulasan dari peserta sebelumnya untuk mendapat gambaran yang lebih jujur tentang kualitas kursus trading saham online yang akan kamu ambil.

Alasan Kenapa Harus Kursus Trading Saham

kursus trading saham online
Image by Freepik

Kursus trading saham online semakin mudah ditemukan, mulai dari yang menyediakan jasa pembelajaran level dasar hingga yang lebih tinggi. Berikut alasan mengapa penting bagi kamu untuk mengambil kursus trading saham online.

1. Metode Pembelajaran Lebih Interaktif

Keuntungan dari kursus trading saham online yang utama adalah metode ajar yang lebih interaktif, jika dibandingkan dengan belajar otodidak menggunakan buku kamu akan lebih mudah Lelah dan kesulitan memahami tabel dan grafik yang angka-angkanya sudah tidak relevan lagi. 

Dengan memilih kurus trading saham online, kamu bisa mendapatkan data terbaru, materi yang disampaikan secara online juga memudahkan kamu untuk mengakses materi dari mana saja tanpa harus membawa-bawa banyak buku untuk memahami konsep trading saham.

Baca Juga : Memulai Investasi Saham Bagi Pemula

2. Kursus Trading Saham Online Relatif Murah

Karena dilakukan secara online, umumnya kursus trading saham online berbiaya lebih terjangkau karena tidak memerlukan ruang kelas dan kamu tidak perlu memikirkan biaya akomodasi untuk sampai ke tempat pembelajaran. 

Ditambah lagi dengan era yang semua sudah digital, kamu akan mendapatkan keuntungan lainnya yaitu bisa terkoneksi dengan lebih banyak orang dengan cepat dan mudah. 

Kursus trading saham online sangat cocok bagi kamu yang baru mulai masuk ke dunia trading saham.

3. Mendapat Bimbingan Psikologis

Kursus trading saham online yang berkualitas selain mampu menawarkan materi yang bernilai tinggi, berkualitas juga akan menyediakan mentor atau instruktur yang bisa membantu kamu mengenali diri dan tipe investor apakah kamu sehingga kedepannya kamu bisa merancang strategi investasi yang mudah diimplementasikan dengan level resiko yang sesuai dengan kepribadian kamu serta mendapat keuntungan maksimal dari kegiatan trading saham online.

Jika tadi kita membicarakan tentang alasan umum kenapa kamu sebagai pemula wajib memiliki pengetahuan dasar terkait trading saham, adapun tujuan khusus dari kursus trading saham online yang bisa kamu eprtimbangkan adalah mendapat pengertian saham, pasar modal serta emiten. 

Kamu juga akan dibekali pengetahuan untuk memilih sekuritas yang legal di Republik Indonesia dan terdaftar di OJK untuk keamanan. 

Selain itu kamu juga bisa mendapat pengetahuan berupa analisis risiko saham dari tiap instrumen investasi, menganalisis Kesehatan sebuah perusahaan sebelum memutuskan untuk menjadi shareholder, pun kamu juga bisa mendapat mitos dan fakta tentang saham agar tidak terjebak di kondisi yang membingungkan.

Di Arkademi, kami menawarkan dua kurus trading saham online yang bisa menjadi pilihan kamu yaitu Belajar Saham Online Untuk Basic Level Bersama pengajar yang kredibel yaitu Dimas Raharjo, S.Si trainer sekaligus pendiri Eksponen Indonesia sehingga nanti saat kamu selesai menyelesaikan kurus trading saham online ini kamu dipastikan mendapat sertifikat yang bergengsi.

Kursus trading saham online yang kedua lebih memfokuskan pada kesiapan diri dan mental kamu sebagai investor, pilih kelas 7 Masalah Psikologis Dalam Investasi dan Trading Saham jika kamu benar-benar baru mulai terjun ke dunia trading.

Itu tadi alasan pentingnya kamu mengambil kursus trading saham online, segera daftarkan diri kamu di Arakdemi.com atau unduh aplikasinya di Google Play Store. Arkademi terdaftar resmi di Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan memiliki sertifikat yang terjamin kredibilitasnya

Rekomendasi