1. Home
  2. Dari Arkademi
  3. Mau Tau Cara Bermain Saham Dengan Modal 100 Ribu? Pelajari 4 Caranya!

Mau Tau Cara Bermain Saham Dengan Modal 100 Ribu? Pelajari 4 Caranya!

Dari Arkademi
cara bermain saham dengan modal 100 ribu

Arkawan, sudah tau belum kalau kamu bisa loh memulai bermain saham dengan modal 100 ribu! Hal ini cocok untuk investor pemula karena pada dasarnya untuk memahami pasar saham kamu butuh waktu dan banyak eksperimen agar tidak terjebak dan kehilangan modal yang besar.

Kamu bisa belajar teori saham secara otodidak sekaligus bereksperimen bermain saham dengan modal 100 ribu, walau modal yang kamu keluarkan tergolong kecil tapi hal ini menjadi penting untuk kamu lakukan. Memahami pasar modal tidak perlu terburu-buru, kok!

cara bermain saham dengan modal 100 ribu

Yuk, langsung saja bahas cara bermain saham dengan modal 100 ribu.

1.       Lakukan riset sebelum memilih sekuritas

Untuk memaksimalkan keamanan perputaran dana yang kamu miliki, lakukan riset terhadap sekuritas yang akan kamu pilih. Cari tau melalui rekomendasi artikel atau bertanya kepada orang yang sudah memiliki pengalaman sebuah Langkah yang tidak boleh terlewatkan ya.

Setelah Arkawan menemukan Lembaga sekuritas yang terjamin kredibilitasnya, lanjutkan tahapan dengan membuka RDN atau rekening dana nasabah di perusahaan sekuritas pilihan. Setiap sekuritas memiliki jumlah setoran awal minimum yang berbeda, pastikan kamu sudah menyesuaikan dengan kondisimu saat ini ya.

Walaupun begitu, untuk Arkawan yang hanya memiliki modal kecil kamu tetap bisa bergabung menjadi investor pemula dengan memanfaatkan aplikasi saham online, pada aplikasi inilah umumnya kamu bisa memulai bermain saham dengan modal 100 ribu.

2.       Pelajari kredibilitas perusahaan sebelum membeli saham

Pada tahapan ini, Arkawan perlu lebih berhati-hati saat ingin membeli saham. Periksa Kembali kredibilitas perusahaan dan eksistensinya, untuk investor yang sudah lebih dulu terjun mereka tidak hanya mengandalkan insting namun juga memanfaatkan berbagai sumber berita sebelum mengambil keputusan untuk membeli atau menjual sahamnya.

Walau hanya bermodalkan 100 ribu, Arkawan tetap perlu jeli dalam mempelajari potensi keuntungan dan kerugian dari saham yang akan dibeli. Pada aplikasi saham online biasanya sudah tersedia informasi yang cukup membantu seperti sejarah perusahaan, potensi keuntungan, hingga laporan keuangan perusahaan yang bisa membantu kamu untuk mengambil keputusan.

Meski begitu, Arkawan juga jangan mudah tergiur dengan harga saham yang murah ya. Ingat prinsip investasi adalah untuk mendapat keuntungan seiring berjalannya waktu, periksa juga perubahan harga saham untuk mendapat keuntungan sebesar-besarnya dengan pertimbangan resiko yang rendah.

3.       Pelajari teliti saham dan pasar modal sebelum mengambil keputusan

Di era teknologi dan keterbukaan informasi saat ini, Arkawan bisa lebih mudah mencari cara bermain saham dengan modal 100 ribu dan mempelajari tips dan trik saat hendak membeli atau menjual saham. Pada awalnya Arkawan bisa lebih rajin membaca perkembangan berita terkait keuangan dan pasar modal untuk memahami pola yang terjadi, apakah ini waktu yang tepat atau tidak dalam mengambil keputusan.

4.       Bandingkan biaya transaksi antar platform online

Saat memilih platform saham online, pelajari juga biaya tambahan atau transaksi. Setiap platform maupun perusahaan sekuritas akan menawarkan biaya transaksi yang berbeda, umumnya mulai dari 0,15% hingga 0,35%. Jadi walaupun Arkawan hanya berencana bermain saham dengan modal 100 ribu, perlu dicatat bahwa biaya yang akan kamu keluarkan mungkin lebih dari modal awal yang direncanakan.

Biaya transaksi perlu kamu pertimbangkan dengan jeli, karena semakin sering kamu melakukan penjualan dan pembelian saham akan mempengaruhi biaya transaksi secara kumulatif. Tentunya kamu tidak mau kan membayar biaya transaksi lebih besar dari keuntungan yang mungkin kamu dapatkan.

cara bermain saham dengan modal 100 ribu

Selain 4 cara bermain saham dengan modal 100 ribu, baca juga ya tips bermain saham dengan modal kecil.

1.       Temukan portal berita yang kredibel

Selain perlu banyak membaca informasi, Arkawan juga harus membaca berita dari portal yang kredibel agar keputusan yang kamu ambil tepat atau meminimalisirkan kerugian.

2.       Pelajari analisis data

Saat belajar cara bermain saham dengan modal 100 ribu, ini kesempatan kamu untuk belajar cara menganalisis data. Ada banyak sumber yang bisa kamu akses untuk mempelajari hal tersebut.

3.       Gunakan ekspektasi yang realistis

Pada tahap ini, Arkawan tetap perlu memiliki ekspektasi yang realistis dari segi keuntungan. Hal ini diperlukan agar tujuan investasi yang kamu lakukan tercapai dan upaya yang kamu lakukan tidak sia-sia.

4.       Hindari dulu saham IPO

Sebagai pemula, Arkawan mungkin tertarik dengan saham yang harganya cenderung murah apalagi untuk kalian yang baru mengetahui cara bermain saham dengan modal 100 ribu. Namun, secara umum perusahaan yang sahamnya baru saja IPO belum memiliki data historis pendukung apakah harga sahamnya akan menguntungkan di masa depan atau tidak. Mulai dari membeli saham perusahaan yang sudah terpercaya walau dengan modal yang kecil.

Setelah mengetahui cara bermain saham dengan modal 100 ribu, dan membaca tips untuk pemain saham pemula sekarang saatnya Arkawan memberanikan diri untuk memulai perjalanan investasi. Jika Arkawan belum yakin dan masih mencari informasi lebih lanjut terkait saham, yuk ikuti pelatihan Belajar Saham Online!

Pada pelatihan tersebut Arkawan akan mendapat informasi menyeluruh terkait jual beli saham, emiten, risiko saham, pasar modal, cara memilih sekuritas hingga ilmu untuk Analisa saham.

Pelatihan di Arkademi bisa diakses 100% online, kunjungi halaman Arkademi.com atau unduh aplikasinya di Google Play Store, untuk pengguna baru akan ada tambahan 20.000 Arkademi Koin, dan 5.000 koin jika kamu melengkapi data diri. Menarik banget kan? Yuk gabung pelatihannya sekarang!

Rekomendasi

Nikmati belajar auticad untuk oemula
Dari Arkademi Pengembangan Karier

11 Tips Mudah Belajar Autocad Untuk Pemula Lengkap

Arkawan yang memiliki latar belakang jurusan teknik pastinya pernah belajar AutoCAD. Sebuah software pengembangan dari generasi sebelumnya bernama CADD (Computer Aided Design and Drafting), dalam pengembangannya hampir seluruh gambar berbentuk…
Baca Artikel