8 Soft Skill yang Harus dimiliki Karyawan untuk menjadi Aset Perusahaan

8 skill penting untuk menjadi aset perushaan
Pengembangan DiriPersiapan Kerja

Banyak orang yang berpikir bahwa soft skill yang harus dimiliki karyawan hanyalah yang bersifat teknis dan berhubungan langsung dengan pekerjaan. Padahal ada banyak skill lain yang tidak kalah penting. 

Dengan memiliki skill tambahan non teknis semacam ini, seseorang akan menjadi value yang berharga bagi perusahaannya di manapun dia bekerja.

Fokus pada kemampuan kerja dan keahlian yang dibutuhkan di perusahaan memang penting. Tapi ketika Anda memiliki 8 skill tambahan ini, Anda akan menjadi semakin berharga bagi perusahaan. Apa saja?

8 Soft skill yang harus dimiliki karyawan untuk jadi aset perusahaan

Berikut ini adalah skill yang harus dimiliki oleh setiap karyawan agar dipertahankan perusahaan.

1. Bahasa Inggris

Hampir semua perusahaan besar saat ini mensyaratkan calon karyawannya untuk memiliki kemampuan berbahasa Inggris. 

Selain berguna untuk menghandle klien asing, fasih berbahasa Inggris memberikan Anda kesempatan lebih banyak untuk belajar hal-hal baru. Terutama materi-materi yang belum tersedia dalam bahasa Indonesia. 

Anda bisa meningkatkan skill bahasa Inggris dengan belajar mandiri atau ikut kursus keahlian.

Baca Juga : Soft Skill dan Hard Skill yang Relevan di Tahun 2022

2. Public Speaking

Apapun posisi Anda di sebuah perusahaan, kemampuan public speaking atau berbicara di depan umum akan sangat dihargai. 

Tidak hanya dinilai memiliki rasa percaya diri, seseorang yang memiliki kemampuan public speaking biasanya juga memiliki cara berpikir kritis. Inilah yang akan menjadi nilai lebih Anda di mata perusahaan.

3. Manajemen Waktu

Seorang karyawan tidak hanya dituntut mampu mengerjakan tugas tepat waktu, tapi juga menyelesaikannya dengan baik. 

Dalam lingkungan kerja yang serba cepat, soft skill yang harus dimiliki karyawan ini mampu mengatur waktu dengan baik akan menjadi sebuah keahlian dan nilai plus yang membuat Anda disukai oleh semua perusahaan.

4. Problem Solving

Di perusahaan, Anda pasti akan dihadapkan pada berbagai masalah. Di saat yang sama, Anda juga dituntut untuk bisa mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. 

Semua ini mungkin untuk dilakukan jika Anda memiliki kemampuan problem solving atau pemecahan masalah.

Orang dengan kemampuan problem solving mampu memandang masalah dengan cara yang positif. Selain itu, Anda juga harus mampu berpikir secara logis dan sistematis sehingga permasalahan yang ada bisa dicari jalan keluarnya dengan baik.

Baca Juga :  Skill Set Customer Service di Era Digital

5. Memperhatikan Detail

Seseorang yang memiliki perhatian tinggi terhadap detail akan meluangkan waktu memeriksa tugas-tugas sebelum diserahkan. 

Mereka juga sangat teliti dengan tingkat akurasi dari pekerjaan mereka. Singkatnya, mereka ingin memberikan hasil terbaik pada perusahaan. Dengan skill semacam ini, tidak ada perusahaan yang tidak menyukai Anda.

6. Manajemen Keuangan

Mengatur keuangan bukan hanya tugas karyawan finance. Semua karyawan yang memiliki pekerjaan yang melibatkan pendanaan harus memiliki kemampuan yang sama dalam mengatur keuangan. 

Dengan skill ini, Anda akan mencari solusi terbaik agar proyek tetap berjalan sesuai dengan anggaran tanpa mengurangi kualitas dan hasil akhirnya.

7. Menulis

Selain mampu menuangkan pikiran dengan berbicara, meningkatkan keterampilan menulis juga perlu Anda lakukan. 

Orang yang mampu menyampaikan ide-idenya secara tertulis, sistematis dan bisa dipahami akan memberikan peluang lebih besar untuk maju dalam kariernya.

8. Kerja Sama Tim

Ada banyak orang yang memiliki hard skill mumpuni namun tidak bisa sukses ketika bekerja. Salah satu faktor penyebabnya adalah tidak mampu bekerja sama dalam tim. 

Ketika Anda menjadi team player, Anda harus bisa membangun hubungan dengan semua anggota sehingga semua tugas bisa diselesaikan dengan baik. Skill semacam inilah yang membuat perusahaan lebih maju dan produktif.

Meski tidak semua skill di atas bisa didapatkan dengan kursus keterampilan, namun beberapa soft skill yang harus dimiliki karyawan bisa Anda temukan melalui Arkademi. 

Jadilah karyawan yang disukai oleh semua perusahaan dengan mengikuti pelatihan keterampilan di Arkademi.