1. Home
  2. Karier
  3. 7 Skill Set Customer Service di Era Digital

7 Skill Set Customer Service di Era Digital

Karier Pengembangan Karier Persiapan Kerja
menjadi customer service

Era digital ini telah membawa banyak perubahan. Semua jenis pelayanan sudah bergeser dari konvensional ke teknologi. Dulu, pekerjaan Customer Service dijalankan oleh Manusia, Sedangkan sekarang pekerjaan Customer Service telah bergeser ke Komputer atau dikenal dengan istilah Digital Customer Service. Meskipun begitu, peran dan kemampuan manusia tidak bisa sepenuhnya tergantikan oleh mesin. Manusia tetap memiliki beberapa kemampuan yang tidak dapat tergantikan oleh mesin. Salah satu pekerjaan tersebut adalah Customer Service. 

Peran seorang Customer Service (CS) tidak bisa dipandang sebelah mata, mereka adalah ujung tombak perusahaan. Customer Service menjadi bagian dari Frontliner atau tim yang garda depan dalam sebuah Perusahaan. Setiap harinya, CS akan berhadapan dengan pelanggan secara langsung. Jika kamu tertarik ingin berkarir di bidang Customer Service, perhatikan skill-set yang harus dimiliki CS. Inilah tujuh kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang Customer Service agar dapat bersaing di era industri 4.0.

 

1. Melayani Konsumen

 

Pelayanan terhadap konsumen adalah hal paling utama yang harus dikuasai oleh seorang CS. Tugas utama seorang CS ialah melayani segala kebutuhan konsumen. Kamu harus menumbuhkan sikap dan kepribadian yang berorientasi pada pelayanan pelanggan. Mulai dari kemampuan mendengarkan pelanggan dengan baik, ramah, sabar, teliti, dan bersikap tenang dalam menghadapi pelanggan. Kamu harus mampu mempertahankan kepuasan pelanggan. Selain itu kamu akan dituntut untuk mampu menyelesaikan permasalahan. Di era digital seperti sekarang ini, banyak layanan CS yang menggunakan pesan chat atau live chat. Sebagai CS digital kamu harus mampu melayani pelanggan dengan cepat dan tepat.

 

2. Menjalin Hubungan dengan Konsumen

 

Kemampuan menjalin hubungan dengan konsumen juga menjadi bagian dari tugas seorang CS. Kamu harus terbiasa untuk sering melakukan kontak dengan CS, memastikan bahwa mereka mendapatkan pelayanan terbaik dan memuaskan. Jika mampu menjalin hubungan dengan baik, kamu dapat menjaga loyalitas pelanggan. Sehingga pelanggan merasa diperhatikan dan mereka akan bertahan menjadi pelanggan perusahaan kamu.

 

3. Komunikator yang Handal

 

Kemampuan komunikasi adalah skill penting yang juga harus dimiliki oleh Customer Service. Setiap harinya kamu akan selalu bertemu dengan bermacam-macam pelanggan. Komunikasi tak hanya soal kemampuan secara verbal, melainkan komunikasi non verbal. Kamu harus memastikan bahwa pelanggan mengerti semua pesan yang kamu sampaikan kepada mereka. Setiap hari kamu akan berhadapan dengan pelanggan dari berbagai usia, jenis kelamin, dan latar belakang. Pastikan kamu menggunakan gaya bahasa dan gesture yang sesuai dengan pelanggan yang kamu layani.

 

4. Problem Solving

 

Setiap harinya kamu akan bertemu dengan berbagai keluhan pelanggan. Kamu harus harus terbiasa untuk mampu memecahkan masalah dengan solusi yang tepat dan cepat. Akan ada banyak pelanggan yang mendatangimu untuk bertanya, atau mengeluhkan permasalahan mereka. Disini kamu harus mampu memberikan tanggapan dengan cepat dan tepat. Fungsi problem solving adalah skill yang harus dimiliki seorang CS, khususnya dalam membantu pelanggan memecahkan masalah.

 

5. Representatif Perusahaan

 

Representatif adalah fungsi CS dalam mewakili citra perusahaan. Misalnya jika kamu menjadi CS di Perusahaan Bank, maka kamu harus menunjukan citra seorang CS yang ramah kepada Nasabah dan siap sedia membantu Nasabah dalam pelayanan finansial.

 

6. Kecerdasan Emosi

 

Kecerdasan emosi adalah skill yang hanya dimiliki manusia, dan tidak dimiliki Customer Service Digital. Menjadi Customer service berarti kamu harus siap melayani berbagai keluhan pelanggan. Termasuk juga dengan berbagai karakter pelanggan. Umumnya kamu akan sering menerima amarah dan keluhan pelanggan yang sifatnya negatif. Disinilah kamu harus menunjukan kecerdasan emosi yang baik. Seorang Customer Service handal mampu menghadapi pelanggan dengan intonasi bicara yang sopan, lembut, serta mampu menunjukan ekspresi wajah yang ramah dan murah senyum. Meskipun suasana hatimu sedang buruk, kamu tidak boleh memperlihatkannya di hadapan pelanggan.

 

7. Rasa Empati

 

Rasa empati adalah kemampuan melihat suatu permasalahan melalui pandangan orang lain, dalam hal Customer Service kamu harus mampu memposisikan diri sebagai pelanggan. Terhubung dengan emosional pelanggan, dan mau memahami jalan pikiran pelanggan. Pelanggan tentunya akan merasa puas dengan pelayanan seorang CS jika dilayani dengan rasa penuh empati.

Apakah kamu sudah memiliki salah satu dari 7 skill set yang dapat diatas? Jika belum, kamu tidak usah khawatir. Kamu dapat mempelajari ilmu di bidang Customer Service dengan mengikuti kelas Arkademi. Meskipun kamu belum pernah bekerja di bidang Customer Service, kamu tetap dapat belajar hard skill dan soft skill seorang CS. Kamu dapat langsung daftar kelasnya melalui Link Ini.

Rekomendasi