Cara Menemukan Passion Dalam Bekerja dan Belajar

menemukan Passion dalam belajar dan bekerja
Pengembangan DiriPersiapan Kerja

Beberapa dari Anda mungkin masih asing mendengar kata passion atau dalam bahasa indonesianya adalah gairah. 

Mungkin Anda sering mendengarnya di TV, koran, majalah, sewaktu guru atau dosen Anda menjelaskan pelajaran atau mata kuliah. 

Buat Anda yang sudah bekerja pasti pernah mendengarnya ketika interview pekerjaan dimana interviewer biasanya akan menanyakan seperti ini.

Tapi sebenarnya bagaimana sih cara menemukan passion dan muncul pertanyaan

“passion Anda ada dimana sih ?”

Apa itu Passion

Yup, passion adalah sesuatu yang kita sukai ketika kita mengerjakannya. Suatu pekerjaan yang kita memang sukai pasti kita akan mengerjakannya dengan senang, ikhlas dan jauh dari rasa stress bukan ? Coba bayangkan apabila kita melakukan sesuatu karena keterpaksaan, pasti kita akan merasa stress, tidak enjoy dan tidak bersemangat. 

Apalagi bila pekerjaan tersebut adalah pekerjaan rutin yang sehari-hari kita lakukan sejak pagi hingga sore. Itulah mengapa biasanya pertanyaan ini muncul ketika wawancara kerja. 

Sedangkan untuk Anda yang masih pelajar atau kuliah, coba bayangkan ketika Anda akan mengikuti pelajaran atau mata kuliah yang tidak Anda sukai.  Untuk mendengarkan dosen atau gurunya saja sudah timbul rasa malas terlebih dahulu.

Pekerjaan yang dilakukan dengan passion pasti hasilnya akan jauh lebih baik dibandingkan tidak dilakukan dengan passion. Memiliki passion akan meningkatkan daya tahan dalam bekerja atau melakukan sesuatu. 

Energi yang dikeluarkan begitu kuat sehingga hasil dari pekerjaannya pun luar biasa. Sebaliknya orang yang mengerjakan suatu hal yang tidak dilakukan dengan passion, Dia akan melakukannya karena kewajiban yang mengharuskan dia melakukannya. 

Hasil dari pekerjaannya pun tidak ada yang luar biasa dan spektakuler. Bekerja dengan passion, meniti karier dengan passion dan melakukan hubungan dengan passion tentu membuat hasilnya akan bertahan lama.

Baca Juga : Generalis Vs Spesialis , Jangan Salah Pilih untuk Tujuan Karirmu!

Cara Menemukan Passion

Cara menemukan passion yang ada dalam diri kita
Passion image by freepick

Untuk menemukan passion, banyak anak muda yang masih kesulitan, hal ini karena menemukan passion dari dalam diri seperti halnya mencari panggilan hati. Berikut tipsnya yang mungkin dapat membantu :

1. Melakukan sesuatu yang Anda sukai

Melakukan hal yang membuat anda merasa dihargai, dan percaya bahwa pekerjaan yang Anda lakukan akan membuat kehidupan orang lain lebih baik.

Panggilan hati Anda seringkali keluar dari pengalaman atau kondisi yang sulit. Seringkali untuk menggapai apa yang kita cita-citakan itu harus melalui proses yang tidak mudah.

2. Mencari Tahu Bakat

Memang tidak mudah untuk mengetahui bakat yang ada didalam diri. Tidak banyak orang yang mampu mengetahui bakat sebenarnya.

Mencari tahu bakat bisa dimulai dengan mencoba hal baru atau hobi yang disukai, dengan mengikuti komunitas dan bertemu orang-orang baru.

3. Merenungkan Pekerjaan saat ini

Merenungkan pekerjaan yang saat ini sedang dijalankan mungkin bisa menjadi evaluasi apakah aktivitas saat ini memang sudah sesuai dengan apa yang Anda sukai.

Tidak sedikit orang yang merasa bahwa pekerjaan yang saat ini sedang mereka jalani tidak sejalan dengan passion yang mereka miliki.

4. Banyak mencoba hal baru

Dengan mencoba hal baru akan sangat memungkinkan untuk Anda menemukan bakat yang dimiliki. Selalu mencoba hal baru sehingga nantinya akan menemukan aktivitas atau pekerjaan yang membuat Anda merasa bahagia.

Dari mulai orang terdekat yang tidak mendukung, dicemooh oleh orang lain dan lain sebagainya, yang dapat membuat kita menyerah di tengah jalan. Tetapi setelah kita melalui proses ini yakinlah bahwa kita akan mendapatkan passion itu. 

Panggilan hati tidaklah harus datang dari upah yang besar yang akan kita terima. Jangan pernah memikirkan tentang uang. Lakukanlah dengan suka hati, bahkan apabila kita harus ikhlas dan harus berkorban.

Baca Juga : 10 Hobi Asyik Yang Bisa Jadi Potensi Karirmu

Mendirikan Bisnis Dari Passion

Sepatu Compass adalah salah satu contoh hasil produk yang dihasilkan dari passion orang-orang yang terlibat di dalamnya. 

Dari mulai seniman muda atau desainer, pengrajin, karyawan sampai kepada pembeli semuanya memiliki passion yang sama. 

Disinilah mengapa sepatu Compass diciptakan dari passion dan menciptakan sebuah konektivitas dimana semua orang ikut terlibat di dalamnya. 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas kalau sesuatu yang dikerjakan dengan passion pasti hasilnya akan luar biasa, oleh karena itu kualitas sepatu yang diproduksinya tidak perlu diragukan lagi.

Itulah tips singkat untuk membantu Anda menemukan passion. intinya adalah yakinlah bahwa kegiatan yang Anda lakukan dapat membuat hari-hari Anda cerah kembali atau setidaknya dapat membuat Anda tersenyum menjalaninya. Identifikasi hasil dari kegiatan passion Anda apakah bermanfaat bagi diri Anda, orang lain dan lingkungan sekitar.