Generalis Vs Spesialis , Jangan Salah Pilih untuk Tujuan Karirmu!

Menjadi Spesialis atau generalis
Dunia KerjaPengembangan Diri

Anda bisa memiliki pengetahuan yang mendalam terkait suatu bidang namun tak menutup kemungkinan untuk memahami area bisnis lain.

Secara umum, orientasi karir seseorang dapat dikategorikan menjadi dua kelompok, yakni generalis dan spesialis.

Dua kategori ini mungkin sering membuat seseorang bingung, terutama saat ia mulai menjalani pekerjaan-pekerjaan pertamanya. Apakah saat ini Anda merasa demikian? Tenang, Anda tidak sendiri.

Dalam praktiknya pun, walaupun mungkin Anda sudah merasa yakin untuk memilih antara generalis dan speliasis, tetap ada risiko Anda akan ragu dengan pilihan di tengah perjalanan.

Namun pertanyaannya, apakah kita memang harus memilih antara generalis dan spesialis? Simak pembahasan berikut ini.

Apa itu generalis dan spesialis?

Kamus Merriam-Webster mendefinisikan generalis sebagai, “a person who knows something about a lot of subjects.” Sementara itu, situs The Generalist mengartikan generalis sebagai, “A generalist is a person whose knowledge is dispersed over a wide range of subjects.”

Cukup jelas bahwa dari kedua definisi tersebut, generalis merujuk pada seseorang yang memiliki pengetahuan pada banyak subjek atau bidang. Lain halnya dengan spesialis.

Masih dari Merriam-Webster, spesialis adalah seseorang yang memiliki pengetahuan dan skill yang spesial berkaitan dengan pekerjaan dan area keilmuan tertentu.

Mana yang lebih baik antara generalis dan spesialis?

Generalis vs spesialist, pilih yang mana
Generalis vs Spesialis (Image by freepick)

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ternyata tidak ada yang lebih baik di antara spesialis maupun generalis. Malahan, di tengah dunia dan industri yang terus berkembang, kamu lebih disarankan untuk menjadi kandidat yang fleksibel.

Artinya, Anda perlu menyesuaikan kebutuhan perusahaan dalam mencari karyawan – apakah mereka cenderung mencari seorang spesialis ataupun generalis.

Perusahaan sebenarnya membutuhkan kedua kelompok ini, sehingga Anda dituntut untuk bisa menjadi spesialis maupun generalis tergantung kondisi dan pekerjaan yang dilamar.

Menurut Cleverism, iklim pekerjaan di masa mendatang akan lebih membutuhkan pendekatan lain, yakni generalizing-specialist vs specializing-generalist. Definisi kedua kategori tersebut yakni sebagai berikut:

  • Seorang generalizing-specialist merupakan individu yang memulai karir sebagai seorang generalis. Namun, ia ternyata juga membuktikan memiliki ‘pengetahuan’ mendalam di suatu bidang.
  • Seorang specializing-generalist merupakan individu yang memiliki pengetahuan mendalam di satu bidang. Namun, ia juga memiliki ‘pemahaman’ pada di area lain.

Baca Juga : Rekomendasi Buku dan Kelas Digital Marketing

Kelebihan Generalis dan Spesialis

Berikut ini beberapa kelebihan dari Generalis dan Spesialis

Kelebihan Generalis

  • Mempunyai pengetahuan yang luas

Seorang generalist biasanya memiliki pengetahuan yang luas terkait bidang yang dijalani sehingga memiliki beberapa sudut pandang saat akan bekerja sama dengan pihak lain.

  • Pembuat Keputusan

Seorang Generalist biasanya cenderung lebih baik dalam pengambilan keputusan karena dalam posisinya sangat memungkinkanya sebagai planner atau penyusunan strategi.

  • Mudah dipahami

Jika orang lain ingin belajar untuk menjadi generalist maka akan lebih mudah diawal dibandingkan dengan specialist yang biasanya cenderung akan fokus dalam satu hal dibanding generalist. 

Kelebihan Spesialis

  • Gaji

Seorang Specialist biasanya akan memiliki gaji yang lebih besar dibandingkan dengan generalist karena pemahaman terhadap suatu hal tersebut.

  • Menjadi Lead atau pemimpin

Seorang specialist biasanya akan cocok untuk memimpin project atau tim yang berfokus ke dalam suatu hal.

  • Pehamanan dalam satu hal

Specialist adalah seorang yang berfokus ke dalam suatu hal sehingga pemahaman terhadap hal tersebut lebih dalam dibandingkan seorang specialist

Kelemahan Generalis dan Spesialis

Kelemahan Generalis

  • Hanya memahami fundamental/Dasar

Seorang Generalist biasanya hanya memahami dasar atau permukaannya saja terhadap suatu hal sehingga apabila terdapat masalah yang harus memiliki keterampilan khusus akan sulit bagi generalist untuk menyelesaikanya.

  • Mudah di gantikan

Seorang Generalist biasanya akan lebih mudah digantikan oleh orang lain, karena generalist hanya memiliki pemahaman dasar dalam suatu pekerjaan sehingga posisinya akan mudah digantikan oleh orang lain

Kelemahan Specialis

  • Hanya bekerja di bidangnya

Seorang specialist hanya memiliki skill atau kemampuan di bidang tersebut, sehingga peluang untuk berganti posisi di bidang lain akan sulit.

  • Membutuhkan waktu yang tidak sebentar

Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menjadi handal dalam suatu hal, seorang specialist juga begitu, membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memahami dan belajar tentang bidang tersebut

Baca Juga : Mengetahui Posisi dalam Persaingan

Perusahaan di masa depan akan membutuhkan kedua kemampuan di atas. Dengan begitu, alih-alih kamu memihak pada satu kategori, menagapa tak mencoba menyatukan keduanya? Keduanya memberikan nilai berharga untuk perusahaan, karena bisnis juga akan membutuhkan kedua kategori tersebut.

Dengan semakin bergesernya iklim dunia kerja, Anda disarankan untuk bisa membuka diri dan fleksibel dalam menghadapi tantangan dan kesempatan.

Anda bisa memilih passion atau hasrat yang paling sesuai dengan diri Anda. Namun, jangan tutup kemungkinan bahwa Anda juga bisa memiliki keahlian di bidang lain.

Singkat kata, Anda bisa mempelajari banyak hal namun tidak menutup kemungkinan bahwa Anda memiliki berbagai bakat.