1. Home
  2. Hobi
  3. 10 Contoh Hobi yang Bermanfaat dan Punya Potensi Karirnya , Ada Hobi Kamu?

10 Contoh Hobi yang Bermanfaat dan Punya Potensi Karirnya , Ada Hobi Kamu?

Hobi Karier Kewirausahaan Pengembangan Karier
contoh hobi yang bermanfaat yang mempunyai potensi karir

Setiap individu pastinya memiliki bermacam-macam hobi, termasuk kamu. Bayangkan jika kamu bisa memperoleh bayaran dengan melakukan hobi yang kamu senangi. 

Terlebih lagi, di era yang globalisasi ini, setiap jenis hobi memiliki potensi karir yang menjanjikan karena beberapa contoh hobi yang bermanfaat bisa dimaksimalkan dengan baik

Simak 10 contoh hobi yang bermanfaat dan dapat menjadi sumber penghasilan atau profesi.

1. Makeup

Makeup alias merias wajah adalah hobi yang digandrungi oleh kaum wanita. Mulai dari kegiatan sehari-hari atau acara formal, pasti wanita tidak lepas dari kegiatan merias wajah. 

Semua orang mungkin bisa merias wajah, tapi tak semua orang memiliki bakat dan passion dalam dunia tata rias. Bagi kamu yang sudah hobi make up dan passion di bidang ini, tak ada salahnya untuk memperdalam skill makeup kamu. 

Sehingga kamu dapat memperoleh penghasilan dari hobi make up. Ada beberapa profesi dari skill makeup, yaitu Makeup Artist (MUA) dan beauty vlogger. 

Bayangkan, penghasilan rata-rata seorang MUA dimulai dari 300.000 – ratusan juta untuk satu kali service. Penghasilan tersebut tentunya sesuai dengan level profesional kamu di bidang MUA.

Baca Juga : Daftar 10 Hobi yang Bisa Jadi Sumber Cuan!

2. Olahraga

Hobi yang satu ini diminati oleh banyak orang, baik tua-muda, wanita-dan pria. Sayangnya tak semua orang mau memperdalam hobi olahraga. 

Padahal ada beberapa potensi karir di bidang Olahraga. Seperti Atlet, Pelatih, Instruktur Gym, Presenter Olahraga, Wartawan Olahraga, bahkan Content Creator di bidang fitness & lifestyle. 

Banyak sekali cabang olahraga yang bisa kamu minati, perdalam ilmu dan rajinlah berlatih sejak dini. Sebab penghasilan dari profesi di bidang Olahraga sangat menjanjikan. Selain bisa memiliki tubuh yang sehat dan kuat, Kamu juga bisa meraih penghasilan dari hobi olahraga.

3. Memasak

Apakah kamu menyukai eksperimen dalam membuat makanan, minuman, baking, dan pastry?. Jika ya, maka perdalam ilmu memasak kamu dari sekarang. Karena banyak sekali bidang profesi dari skill memasak. 

Hobby yang satu ini nyatanya tak hanya diminati kaum hawa, namun kaum adam juga minat. Kamu dapat menjadi chef, pebisnis, hingga content creator. 

Dalam hal memasak, kamu tidak perlu menjadi seorang profesional untuk bisa meraih penghasilan. Bermodalkan skill dan latihan secara giat, kamu dapat menghasilkan masakan yang nikmat dan cocok untuk dijual.

Kamu berpeluang untuk menjadi wirausaha di bidang masakan. Bisa dimulai dengan menawarkan produk ke relasi terdekat; tetangga, keluarga, teman, dan lingkungan kerja. Hitung-hitung bisa menjadi pendapatan tambahan atau bisa memulai UMKM di bidang masak. 

4. Gaming

Dulu hobi yang satu ini hanya dipandang sebelah mata, atau dianggap kekanak-kanakan. Karena bermain game dinilai hanya untuk menghabiskan waktu saja. 

Namun siapa yang sangka bila ada potensi penghasilan yang besar dari hobi gaming. Kamu dapat menjadi seorang gaming content creator. Bahkan profesi ini sedang digandrungi oleh kaum millenial. 

Gaming dinilai sebagai hobi yang menyenangkan, dan mampu meraih penghasilan besar. Melalui konten gaming, kamu dapat meraih banyak viewers di sosial media. Tentunya channel sosial media kamu dapat kamu monetisasi dan menjadi penghasilan kamu setiap bulannya.

5. Gadget 

Ccontoh hobi yang bermanfaat di era digital ini, hobi mengoleksi gadget tak hanya dinilai sebagai hedonisme akan tetapi berpotensi untuk memiliki penghasilan tambahan. 

Ada satu profesi yang sedang naik daun, yaitu Digital Content Creator. Ada banyak Youtuber yang sering mengulas dan menginformasikan tentang dunia Gadget. Mulai dari HP, Laptop, Smart TV, dan Tab. Menjadi seorang content creator di bidang Gadget, tentunya harus memiliki ketertarikan di dunia teknologi. 

Bagi kamu yang tech savvy dan senang tampil di depan kamera, tak ada salahnya untuk mencoba profesi ini. Penghasilan yang didapatkan pun fantastis. 

Penghasilan seorang digital content creator dimulai dari 1.000.000 – ratusan juta. Apalagi jika kamu sudah bisa mengiklankan sebuah produk, pastinya penghasilanmu akan lebih tinggi.

6. Fotografi

Mengabadikan sebuah momen ke dalam bentuk karya seni adalah hal yang menyenangkan bagi mereka yang punya hobi fotografi. 

Hobi fotografi tentunya dapat membantumu menghasilkan uang. Kamu dapat memulainya dengan menjadi seorang  fotografer freelancer dalam berbagai event. Misalnya Ulang tahun, Corporate event, Pernikahan, dan Wisuda. 

Teruslah mengikuti pelatihan Fotografi dan mempraktekkan ilmu yang kamu dapat. Semakin sering berlatih, skill kamu akan memiliki nilai yang semakin bertambah.

7. Menggambar Desain Ilustrasi

Profesi desain grafis sangat dibutuhkan di era industri 4.0. Hampir seluruh Perusahaan pasti membutuhkan jasa desain grafis. 

Bagi kamu yang sudah hobi dengan menggambar dan mendesain, maka kamu dapat peluang karir yang sangat luas. Mulai dari menjadi desainer grafis dan illustrator. 

Mulai dari desain komik, baju, cetak, dan karya lainnya. Kamu juga dapat menjadi seorang pebisnis dengan skill desain, dengan menjual produk hasil karyamu melalui e-commerce atau sosial media. Sekarang, banyak orang yang berminat membeli hasil karya desain, terlebih lagi karya anak bangsa.

8. Traveling

Travelling tak hanya menjadi suatu kegiatan yang dilakukan untuk melepas penat, melainkan menjadi hobi bagi sebagian orang. 

Kamu dapat menjadi seorang travel blogger, atau vlogger, bahkan penulis buku. Jika sudah terkenal sebagai pembuat konten travelling, kamu dapat menjadi seorang brand ambassador, jasa endorsement, maupun Presenter. 

Menarik bukan? Yuk mulailah mendokumentasikan cerita pengalaman travelling dan kembangkan media sosialmu. Unggah konten petualanganmu yang menarik dalam jurnalmu lalu publikasikan. 

Siapa tahu kamu berpotensi menjadi seorang content creator di bidang Travelling dan bisa memiliki penghasilan yang besar.

Baca Juga : Simak 4 Cara Menjadi Make up Artist Profesional

9. Memelihara Hewan

Sejak Era Pandemi COVID-19, trend memelihara hewan semakin meningkat. Kebiasaan #DirumahAja menggugah keinginan setiap orang untuk melakukan hobi-hobi baru. 

Salah satunya adalah memelihara hewan. Mulai dari burung, ikan hias, kura-kura, kucing, dll. Melihat potensi ini, kamu dapat menjadi seorang pebisnis di bidang Pets. 

Misalnya menjual produk makanan untuk hewan peliharaan, membuka penitipan hewan, atau membudidayakan ikan hias. 

Tingginya antusiasme untuk memelihara hewan sejak masa pandemi telah membuka peluang bisnis yang besar. Tunggu apalagi? Yuk manfaatkan peluangmu.

10. Kuliner

Punya hobi jajan atau makan? Hobi kamu ternyata berpeluang besar untuk meraih keuntungan. Bayangkan saja, kamu bisa menjalankan hobi kamu untuk kulineran, sekaligus menambah pundi-pundi penghasilan. 

Banyak sekali food blogger Indonesia yang sukses bahkan menjadi pengusaha Kuliner. Mulailah bangun citra-mu sebagai food blogger di media sosial Instagram, unggah konten kreatif tentang kuliner, dan dapatkan penghasilan tambahan melalui Iklan, dan monetisasi dari akun sosial media. 

Jika Arkawan tertarik untuk memulai bisnis usaha kuliner rumahan, pastikan kamu melihat materi dari pelatihan merencanakan dan membangun usaha kuliner bersama Putri Habibie, ya!
Itulah 10 contoh hobi yang bermanfaat yang memiliki peluang untuk berkarir dan menghasilkan uang. Temukan pelatihan lain di Arkademi yang sesuai dengan hobi Arkawan. Bisa diakses melalui web dan aplikasi, unduh melalui Google Playstore dan dapatkan 20.000 Arkademi Koin bagi pengguna baru.

Rekomendasi