1. Home
  2. Persiapan Kerja
  3. Pahami 5 Jenis Surat Lamaran Pekerjaan ini Agar Tidak Salah Bikin

Pahami 5 Jenis Surat Lamaran Pekerjaan ini Agar Tidak Salah Bikin

Persiapan Kerja
jenis jenis surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu ketahui

Saat membuat surat lamaran pekerjaan, akan lebih baik jika sudah mengetahui jenis pekerjaaan yang akan dilamar, sehingga mempermudah dalam membuat jenis surat lamaran pekerjaan yang sesuai.

 

Ada banyak jenis surat lamaran pekerjaan yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan, berikut ini jenis-jenis surat lamaran pekerjaan yang bisa kamu pilih untuk melamar pekerjaan agar peluang diterima semakin tinggi.

6 Jenis Jenis Surat Lamaran Pekerjaan

Dalam memilih jenis surat lamaran pekerjaan yang akan Arkawan gunakan dalam proses melamar pekerjaan, Arkawan perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai jenis pekerjaan yang dilamar, industri hingga posisinya.

Setelah mengetahui hal tersebut, selanjutnya Arkawan dapat memilih jenis tulisan yang akan ditulis dalam surat lamaran pekerjaan, apakah formal atau nonformal.

Berikut ini jenis jenis surat lamaran pekerjaan yang perlu Arkawan ketahui supaya tepat dalam membuat jenis surat lamaran pekerjaan :

1. Surat Lamaran Kerja Model Gabungan

Jenis Surat lamaran Pekerjaan model gabungan adalah jenis surat lamaran yang langsung tergabung dengan Curriculum Vitae

Dalam surat lamaran gabungan nantinya akan terdapat isi dari curriculum vitae yang akan berisi profil pelamar seperti pengalaman kerja sebelumnya, Riwayat pendidikan, Skill dan lainnya.

Keunggulan dari surat lamaran model gabungan ini adalah mempermudah tim recruitment dalam melihat profil pelamar secara langsung.

2. Surat Lamaran Kerja Model Terpisah

Jenis surat lamaran pekerjaan yang kedua adalah model terpisah. Berbeda dengan jenis surat lamaran pekerjaan model gabungan, jenis surat lamaran ini terpisah antara surat lamaran dan curriculum vitae.

Dalam jenis surat lamaran ini biasanya curriculum vitae akan dijadikan sebagai lampiran saat mengirim lamaran. Biasanya pelamar menggunakan jenis ini karena dianggap lebih mudah dan efisien.

Keunggulan dari surat lamaran jenis terpisah ini adalah lebih efisien karena terpisah, selain itu, sebagian besar tim recruiter juga menyukai jenis surat lamaran ini karena dianggap lebih mudah dalam melihat kompetensi dari pelamar.

3. Surat Lamaran kerja melalui Jaringan

Surat lamaran kerja melalui jaringan ini biasanya sering ditemukan didalam perusahaan. Dalam surat lamaran ini seorang karyawan merekomendasikan recruiter kedalam perusahaan.

Keunggulan dalam surat lamaran ini adalah akan membantu perusahaan dalam mendapatkan kandidat yang ideal, sedangkan bagi pelamar kerja hal ini tentu akan menjadi nilai tambah untuk memperkuatnya dalam proses rekrutmen.

4. Surat Lamaran kerja secara tradisional

Surat lamaran kerja secara tradisional adalah jenis surat lamaran yang tidak mengandalkan bantuan dari jaringan. 

Jenis surat lamaran ini yang paling sering digunakan apabila tidak mempunyai networking di dalam perusahaan.

Jenis surat lamaran ini memerlukan effort yang lebih besar karena harus membuat surat lamaran pekerjaan yang menarik untuk tim recruiter.

5. Surat Lamaran Kerja Referral

Jenis surat lamaran kerja ini mirip dengan surat lamaran pekerjaan melalui jaringan. Yaitu meminta bantuan karyawan lain untuk di sambungkan dengan pihak perusahaan, dengan ini dia berharap menjadi calon kandidat yang kuat dalam proses recruitment.

Jenis surat lamaran ini biasanya akan lebih mudah mendapatkan informasi mengenai proses recruitment sehingga bisa mempersiapkan diri lebih baik lagi.

Baca Juga : Tips dan Contoh Kalimat Pembuka Surat Lamaran Pekerjaan yang Paling Engaging

Ciri – Ciri Surat Lamaran Kerja yang Baik

1. Terdapat tanggal pengiriman Surat

Tanggal pengiriman surat ini biasanya ditulis di pojok kanan atas, penulisan tanggal ini penting untuk mengetahui kapan surat itu dibuat dan dikirimkan ke perusahaan. Dengan mengetahui hal ini tentu surat lamaran pekerjaan memiliki nilai tambah.

2. Terdapat Perihal atau lampiran

Perihal atau lampiran biasanya terdapat di atas surat lamaran pekerjaan untuk memberitahu mengenai tujuan dari surat tersebut. Hal ini akan membantu perusahaan dalam melihat tujuan surat lamaran tersebut.

3. Alamat surat yang lengkap

Alamat surat merupakan hal yang sangat penting dalam membuat surat, alamat surat harus berisi tujuan dari pengiriman surat tersebut. Dalam alamat surat biasanya terdiri dari orang yang dituju dan alamat kantor.

4. Salam Pembuka

Setelah mengisi alamat surat, langkah selanjutnya  adalah memberikan salam pembuka. Salam pembuka dalam surat lamaran pekerjaan biasanya ditulis “Dengan Hormat”

5. Sampaikan maksud dari surat lamaran pekerjaan

Selanjutnya adalah tulis maksud dari isi surat tersebut. Apabila surat lamaran pekerjaan, kamu bisa menuliskan bahwa kamu bermaksud untuk melamar pekerjaan di perusahaan Bapak atau Ibu,

6. Melampirkan berkas

Jangan lupa untuk melampirkan berkas yang diperlukan untuk melamar pekerjaan. Berkas lamaran diperlukan untuk membantu user melihat kompetensi dan profil kita.

Dalam melampirkan berkas, jangan lupa untuk disusun sesuai urutan agar mempermudah recruiter dalam melakukan screening lamaran.

Baca Juga : 10 Urutan Berkas Lamaran Kerja yang Benar Supaya Dilirik HR

7. Kalimat Penutup

Selanjutnya adalah menuliskan kalimat penutup. Dalam surat lamaran pekerjaan, kamu bisa menuliskan kalimat penutup dengan ucapan terimakasih, selain itu juga bisa ditambahkan dengan kalimat harapan supaya dipanggil untuk dipanggil dalam proses rekrutmen selanjutnya.

Dalam memilih jenis surat lamaran pekerjaan,Arkawan harus melihat terlebih dahulu terkait dengan jenis perusahaan, profesi dan bidang yang dilamar sehingga akan tepat dalam memilih jenis surat lamaran pekerjaan yang dipilih.

Selain itu, Arkawan juga bisa untuk mengikuti kursus online mengenai cara melamar pekerjaan, membuat CV hingga Proses interview supaya lebih cepat dalam di terima pekerjaan.

Kamu juga bisa menggunakan koin Arkademi untuk membeli kelas tersebut dengan melakukan registrasi di Aplikasi Arkademi. Tunggu apalagi, segera dapatkan pekerjaan impianmu sekarang juga dengan membuat CV yang menarik recruiter.

Rekomendasi