1. Home
  2. Persiapan Kerja
  3. 3 Tips dan Contoh Kalimat Pembuka Surat Lamaran Pekerjaan yang Paling Engaging

3 Tips dan Contoh Kalimat Pembuka Surat Lamaran Pekerjaan yang Paling Engaging

Persiapan Kerja
Contoh kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang harus kamu perhatikan

Arkawan masih bingung dengan contoh kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan? Coba deh kamu gunakan template dibawah ini untuk menulis kalimat pembuka yang efektif dan efisien.

“Dengan Hormat, Bapak/Ibu di Tempat. Berdasarkan informasi yang saya dapatkan (sebutkan dari mana kamu mendapatkan lowongan pekerjaan), Saya (sebutkan nama kamu), mengetahui bahwa perusahaan (sebutkan nama perusahaan yang ingin kamu kirimkan lowongan pekerjaan) sedang mencari karyawan potensial untuk mengisi posisi (sebutkan dengan jelas posisi/jabatan). Melalui surat ini saya bermaksud untuk melamar pada posisi tersebut. Terlampir juga informasi berupa CV dan dokumen pendukung lainnya pada halaman selanjutnya” (pastikan kamu mengirimkan CV terbaru dan data pendukung seperti surat kelulusan ataupun kursus yang kamu ikuti).

Mengapa Kalimat Pembuka Surat Lamaran Pekerjaan penting ?

Kalimat pembuka pada sebuah surat lamaran menjadi sangat penting, karena ini adalah momen pertama kamu sebagai pelamar membuka interaksi dengan pemberi kerja. Arkawan perlu menciptakan impresi yang tidak hanya menarik, namun juga mampu menunjukkan kemampuan berkomunikasi yang efektif.

Kita ketahui bahwa bekerja tidak hanya membutuhkan keahlian teknis namun juga berkomunikasi lisan maupun tertulis. Arkawan juga bisa menambahkan antusiasme dengan menuliskan alasan mengapa kamu tertarik untuk melamar kerja di tempat tersebut, namun jangan sampai mengabaikan fungsi utama kalimat pembuka surat lamaran adalah sebagai pengenalan diri.

Contoh Kalimat Pembuka Lamaran Pekerjaan

Setelah mengetahui pentingnya kalimat pembuka pada surat lamaran pekerjaan dan melihat salah satu contoh template yang bisa Arkawan gunakan, ada versi lainnya yang bisa kamu gunakan. Perlu dipastikan bahwa kamu selalu memperbaharui dan menyesuaikan surat lamaran ke tempat kamu melamar pekerjaan walaupun posisinya mungkin sama. Berikut contoh kalimat pembuka lamaran pekerjaan yang bisa kamu gunakan:

  1. “Analisis mutu, dan menjamin para pekerja sudah melakukan pekerjaan mengikuti standarisasi K3 Umum, telah menjadi passion serta keahlian saya. Lebih dari itu, saya meyakini bahwa hal tersebut merupakan keahlian yang dibutuhkan pada posisi Health, Safety, Environment Officer. Sebagai seorang ahli K3 Umum, saya ahli dalam menyusun rancangan program untuk keselamatan dan kesehatan kerja untuk perusahaan. “
  1. “Saya sangat bangga saat perusahaan mempercayai saya sebagai manager marketing dan PR. Dengan kemampuan yang saya miliki, perusahaan mampu mencapai tingkat penjualan tertinggi pada Q3. Saat ini saya bersemangat untuk memperdalam pengetahuan di bidang yang terkait.”
  1. “Telah menyelesaikan pendidikan Sarjana untuk bidang Hubungan Masyarakat dengan nilai cumlaude, saat ini saya ingin berkontribusi langsung terhadap perusahaan Anda dalam mengembangkan strategi Hubungan Masyarakat yang menjadi keahlian saya.”

Hal yang Harus Diperhatikan di Kalimat Pembuka Lamaran Pekerjaan

Hal yang Harus Diperhatikan di Kalimat Pembuka Lamaran Pekerjaan
(Source : Freepick)

Dalam artikel contoh kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan ini, Arkawan juga perlu memberi perhatian lebih pada hal-hal berikut:

1. Gunakan bahasa formal

Tunjukan bahwa kamu menghargai perusahaan tersebut dengan mengirimkan lamaran menggunakan bahasa yang baik, namun tidak bertele-tele. Sekali lagi, kalimat awal pada surat lamaran pekerja adalah penentu apakah seorang perekrut akan membaca informasi hingga selesai.

2. Buktikan keahlian yang kamu miliki

Selain berupa mempromosikan diri sendiri, sertakan juga dokumen yang mendukung statement yang kamu tawarkan kepada perusahaan. Lengkapi surat lamaran dengan dokumen ijazah kelulusan, sertifikat kursus/pelatihan untuk meningkatkan daya saing dibanding pelamar yang lain.

3. Memiliki jiwa kepemimpinan akan menguntungkanmu

Jika Arakwan aktif terlibat dalam organisasi semasa sekolah/kuliah pastikan kamu menginformasikan hal tersebut dengan baik. Perusahan tidak hanya mencari orang yang mampu bekerja, namun juga yang memiliki jiwa kepemimpinan. Jangan pula bersedih jika kamu tidak pernah menjadi pemimpin dari sebuah organisasi, keaktifan kamu semasa dulu bisa kamu kembangkan dan dikaitkan dengan keahlian yang kamu miliki saat ini.

4. Tunjukan antusiasme

Sekarang ini banyak perusahaan startup yang bersifat lebih santai, sehingga pesan yang kamu kirim tidak perlu terlalu kaku lagi. Tunjukan betapa kamu sangat antusias untuk bergabung dengan perusahaan, harapannya dengan begini perusahaan akan lebih memperhatikan informasi selanjutnya yang Arkawan kirimkan.

5. Merujuk pada teman

Yang dimaksud pada poin ini jika Arkawan memiliki referral atau ada seseorang dalam perusahaan  yang merekomendasikan pekerjaan ini, pastikan kamu menyebut nama dan jabatannya dalam surat lamaran yang kamu kirimkan. Contoh kalimat yang bisa kamu gunakan, “Saya direkomendasikan oleh Saudara/i (nama dan jabatan orang tersebut) untuk melamar posisi ini karena sesuai dengan keterampilan yang saya miliki”.

Struktur Surat Lamaran Pekerjaan

Sudah banyak contoh kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang kamu dapatkan dalam artikel ini. Sekarang saatnya kamu mencoba sendiri menulis surat lamaran pekerjaan yang telah disesuaikan dengan informasi, keahlian yang kamu miliki dan tipe perusahaan yang ingin kamu kirimkan surat lamaran. Perhatikan struktur ini saat menulis surat lamaran pekerjaan.

1. Tuliskan tempat dan tanggal saat kamu menulis surat lamaran

Tidak perlu membuat KOP surat seperti surat perjalanan dinas, Arkawan cukup menuliskan informasi tempat dan waktu seperti berikut:

Jakarta, 20 Agustus 2022.

2. Berikan salam

Jika Arkawan tidak mengenal penerima surat, kamu cukup menuliskan “Yth. Kepada Bapak/Ibu di Tempat”, namun jika kamu bisa mendapatkan informasi nama dan jabatan penerima ada baiknya kamu menulis dengan lengkap dan pastikan tidak ada kesalahan ejaan pada nama maupun jabatan.

3. Kalimat pembuka

Arkawan bisa menggunakan contoh kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang sudah didapatkan pada artikel ini. Jika diarasa belum sesuai, ada begitu banyak contoh lainnya di internet. Gunakan yang paling sesuai dengan keadaan kamu.

4. Isi surat

Pada bagian ini lah Arkawan menjabarkan hal dengan detail, namun perhatikan  juga bahwa tidak semua orang memiliki waktu banyak untuk membaca jadi pastikan kamu menyampaikan informasi yang benar-benar penting seperti keahlian, prestasi terbaru atau penyertaan sertifikat penyelesaian yang baru kamu dapatkan dan masih relevan dengan posisi yang kamu lamar.

Pastikan kamu menyertakan urgency dari pesan yang kamu kirimkan, tunjukan bahwa kamu bersungguh-sungguh melamar posisi pekerjaan tersebut dan akan menunggu kabar selanjutnya. Pastikan kamu menyertakan informasi kontak yang aktif untuk bisa dihubungi, ya!

Nah, itu tadi berbagai contoh kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan beserta tips dan struktur yang bisa Arkawan gunakan sebagai panduan dalam menyusun surat lamaran pekerjaan. Jika Arakwan merasa butuh bantuan lebih, Arkademi menawarkan kursus Lengkap Melamar Pekerjaan, Menulis CV dan Interview Kerja.

Di kursus tersebut Arkawan akan mendapat lebih banyak pengetahuan agar lolos mendapat pekerjaan yang kamu impi-impikan. Kursus dilakukan 100% online, sehingga kamu bisa mengatur sendiri progress pembelajaran dan akan mendapat sertifikat elektronik di akhir pelatihan. Terdaftar resmi di Kementrian Komunikasi dan Informatika, Arkademi bisa diakses melalui web dan aplikasi yang diunduh melalui Google Play Store. 

Rekomendasi