8 Contoh Kalimat Penutup Surat Lamaran Pekerjaan Beserta Tipsnya

contoh kalimat penutup surat lamaran pekerjaan supaya dilirik HRD
Pengembangan Karier

Selain kalimat pembuka surat lamaran kerja dan isi surat, kalimat penutup surat lamaran kerja juga memiliki peran penting dalam surat lamaran kerja.

Kalimat penutup surat lamaran kerja penting karena akan memberikan gambaran bagaimana harapan recruiter dan meninggalkan kesan yang baik, oleh karena itu dalam membuat surat lamaran kerja sangat penting untuk diperhatikan seperti ucapan terima kasih, harapan dan kontak yang bisa dihubungi.

Berikut ini adalah tips menulis kalimat penutup surat lamaran kerja

Nyatanya dalam menulis kalimat penutup surat lamaran kerja tidak bisa sembarangan, terdapat beberapa poin yang bisa diperhatikan agar surat lamaran menjadi semakin menarik di mata recruiter. 

Berikut ini adalah tips dalam kalimat surat lamaran kerja yang perlu diperhatikan : 

Harapan

Kalimat harapan bertujuan untuk memberitahu kepada recruiter bahwa kamu sangat berharap untuk melakukan diskusi lebih lanjut mengenai proses rekrutmen, tapi yang perlu diperhatikan bahwa buat kalimat harapan yang tidak terlalu berlebihan.

Kalimat harapan yang berlebihan akan cenderung membuat recruiter merasa ilfeel, sehingga sebisa mungkin untuk membuat kalimat harapan yang tetap profesional.

Ucapkan Terima Kasih

Tambahkan ucapkan terima kasih kepada recruiter yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca surat lamaran kamu. Hal ini sebagai bentuk bahwa kamu menghargai staff recruiter yang telah melakukan rekrutmen.

Selain sebagai tanda bahwa kamu menghargai usaha recruiter, dengan ucapan terima kasih menandakan bahwa kamu merupakan orang yang punya empati tinggi.

Kesalahan yang Sering Muncul saat Menulis Surat Lamaran Kerja

Untuk meningkatkan peluang lolos setelah mengirim surat lamaran pekerjaan, ada sebaiknya kamu menghindari kesalahan yang sering muncul saat menulis surat lamaran pekerjaan. 

Berikut ini merupakan kesalahan yang sering muncul saat menulis surat lamaran kerja yang sebaiknya dihindari : 

Terlalu Santai

Jangan gunakan kalimat yang terlalu santai, tetap gunakan kalimat yang profesional yang sopan dan formal. Menggunakan kalimat yang profesional akan meningkatkan peluang untuk lolos ke tahap selanjutnya karena recruiter akan menganggap bahwa kamu merupakan orang yang memiliki sikap profesional terlihat dari surat lamaranmu. 

Terlalu Percaya Diri

Percaya diri merupakan hal baik, tetapi tidak dengan terlalu percaya diri. Sikap terlalu percaya diri akan membuat recruiter merasa ilfeel saat membaca surat lamaranmu.

Tulis skill dan pengalaman dengan tetap menjaga professional dan jangan terlalu berlebihan dalam mendeskripsikanya atau melebih-lebihkan. 

Baca Juga :

Contoh Kalimat penutup Surat Lamaran Kerja

Contoh 1 : 

Demikian surat lamaran ini saya sampaikan, sangat besar harapan saya untuk mendapatkan informasi selanjutnya. Atas Perhatian bapak/ibu recruiter saya mengucapkan terimakasih.

Contoh 2 : 

Terimakasih kepada Bapak/Ibu recruiter atas ketersediaanya untuk meluangkan waktu dan membaca surat lamaran ini. Besar harapan saya untuk mengikuti proses selanjutnya dan bergabung dengan perusahaan Bapak/Ibu.

Contoh 3 : 

Demikian surat lamaran ini saya sampaikan, semoga pengalaman dan pengetahuan saya dapat menjadi bahan pertimbangan Bapak/Ibu untuk melanjutkan proses lamaran saya. Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca surat lamaran saya.

Contoh 4 : 

Semoga kemampuan dan pengalaman saya yang saya miliki dapat menjadi pertimbangan Bapak/Ibu Recruiter untuk melanjutkan proses lamaran saya di posisi (Posisi). Besar harapan saya untuk lolos ke tahap selanjutnya. Terima kasih atas kesempatannya sudah meluangkan waktunya untuk membaca surat lamaran saya.

Baca Juga :

Contoh Kalimat penutup Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Example 1:

I hereby submit this job application and hope to receive further information. Thank you, sir/madam recruiter, for your attention.

Example 2:

Thank you to the recruiter for taking the time to read this cover letter. I hope to proceed to the next stage and join your company.

Example 3:

I submit this job application, hoping that my experience and knowledge will be considered by you to proceed with my application. Thank you, sir/madam, for taking the time to read my cover letter.

Example 4:

I hope that my skills and experience will be considered by you, the Recruiter, to proceed with my application for the (Position) position. I sincerely hope to move on to the next stage. Thank you for the opportunity and for taking the time to read my cover letter.

Kalimat penutup surat lamaran kerja sangatlah penting untuk diperhatikan sebagai bagian dari surat lamaran. Kalimat penutup surat lamaran yang baik akan menjadi salah satu faktor pertimbangan recruiter dalam meloloskan surat lamaran kamu.

Cara melamar pekerjaan coursepage

Jadi pastikan surat lamaran kerja yang kamu buat tetap profesional dan menghindari kesalahan yang sering muncul. 

Apabila kamu masih bingung dalam membuat surat lamaran kerja dan bagaimana prosesnya, kamu bisa membuka halaman course page di bawah ini untuk melihat kelas pelatihan menulis CV hingga surat lamaran pekerjaan