Sangat Mudah, Begini Cara Verifikasi Email Prakerja Lewat HP

Prakerja

Kartu Prakerja merupakan program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang dibuat oleh Pemerintah untuk pencari kerja, pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja, serta pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil. Maka tidak jarang masyarakat yang mengikuti program Kartu Prakerja.

Pendaftaran program Kartu Prakerja dilakukan melalui www.prakerja.go.id Setelah melakukan pendaftaran, maka calon peserta harus melakukan verifikasi email. Verifikasi sangat penting dilakukan untuk memastikan email yang digunakan valid dan aktif.  Langkah ini menjadi salah satu masalah bagi sebagian calon peserta Prakerja, mulai dari verifikasi email tidak masuk hingga kadaluarsa. Lantas, bagaimana cara verifikasi email prakerja? Apakah bisa verifikasi melalui HP? Berikut cara verifikasi email Prakerja lewat HP.

1. Pastikan Email yang di Daftarkan dan Kamu Cek Sesuai

Langkah pertama, buka laman www.prakerja.go.id kemudian daftarkan diri dengan memasukkan alamat email yang masih aktif dan password dengan minimal delapan karakter. Pastikan alamat email yang kamu masukkan benar, dan tidak ada typo. Hal ini dilakukan guna menghindari terjadinya gagal verifikasi email yang akan menyulitkan tahap selanjutnya dalam pembuatan akun Prakerja.

Setelah menuliskan alamat email dan password, kemudian centang ‘Saya menyetujui Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi yang berlaku’ lalu klik ‘Daftar’ . Selanjutnya kamu akan diarahkan untuk melakukan verifikasi email.

Baca Juga :

2. Masuk ke Gmail yang Sudah Kamu Daftarkan

Langkah kedua adalah melakukan login pada email. Buka aplikasi atau browser email pada HP yang kamu miliki. Masukkan alamat email yang sesuai dengan alamat yang kamu daftarkan pada program Kartu Prakerja. 

3. Cek di Inbox Atau Spam

Setelah login, periksalah inbox atau kotak masuk email. Lihat apakah ada pesan dari alamat no-reply@prakerja.go.id dengan subjek ‘Prakerja Email Verification’. Jika email verifikasi Prakerja tidak masuk pada inbox, klik tombol ‘more’ atau ‘selengkapnya’ dan periksa kotak ‘spam’ pada email yang kamu miliki. 

4. Verifikasi Sekarang

Setelah mendapatkan email verifikasi, buka pesan tersebut dan kamu akan menemukan tulisan ‘Verifikasi Sekarang’ kemudian klik tulisan tersebut. Setelah klik tulisan, kamu akan langsung diarahkan kembali ke dashboard Prakerja dan akan disambut dengan gambar ‘Selamat! E-mail kamu sudah berhasil terverifikasi. Klik tombol di bawah untuk langkah selanjutnya’.

Setelah itu, kamu langsung dapat klik tombol ‘Masuk ke Akun Kamu’ dan kamu akan diarahkan kembali menuju dashboard Prakerja untuk melakukan login akun untuk melanjutkan tahapan pendaftaran Kartu Prakerja selanjutnya.

Pastikan untuk tidak melakukan verifikasi email lebih dari 24 jam. Lakukanlah verifikasi email dengan cepat dan jangan menunda waktu verifikasi. Hal ini karena waktu verifikasi email hanya berlaku selama 24 jam. Jika calon peserta melewatkan masa verifikasi tersebut, maka calon peserta harus melakukan pendaftaran ulang..

5. Menghubungi Call Center Prakerja

Jika kamu menemukan masalah verifikasi email kartu Prakerja, seperti email verifikasi tidak masuk selama 24 jam, kamu dapat menghubungi call center Prakerja melalui nomor 0800-150-3001 dengan layanan gratis. Call center prakerja memberikan layanan dari pukul 08.00 – 20.00.

Verifikasi email kartu Prakerja merupakan permasalahan yang cukup sering terjadi oleh calon peserta program. Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan saat mendaftar, kamu dapat mempelajari langkah-langkah mendaftar dengan tepat. Selain itu, coba untuk melakukan diskusi santai layanan contact center Prakerja pada live Instagram Kartu Prakerja agar tidak salah mengambil langkah pendaftaran.

Prakerja Arkademi

Nah demikian cara verifikasi email prakerja, sangat mudah bukan?

Program Kartu Prakerja telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, mulai dari mengembangkan kompetensi, meningkatkan produktivitas, hingga meningkatkan daya saing dan kualitas SDM. Jadi sangat disayangkan jika kamu tidak melakukan pendaftaran program Kartu Prakerja ini.

Jika sudah melakukan pendaftaran, verifikasi email, mengikuti tes gelombang, dan dinyatakan lolos, kamu dapat memilih serangkaian kelas pelatihan Prakerja di Arkademi. Pilihlah pelatihan Prakerja yang sesuai dengan minat dan skill yang ingin kamu kembangkan.  Pelatihan Prakerja di Arkademi telah disusun dengan kurikulum sebaik mungkin dan akan dibimbing langsung oleh instruktur ahli berpengalaman di bidangnya.