Mau Terjun di Bidang SEO? Berikut Merupakan Cara Menjadi SEO Specialist

Pengembangan Diri

SEO Specialist merupakan profesi yang berperan sangat penting terhadap peringkat website pada mesin pencari. Untuk menjadi seorang SEO specialist kamu tidak harus memiliki background pendidikan yang sesuai, seperti jurusan komputer dan teknik informatika dalam pendidikan formal. Artikel ini akan membahas bagaimana cara menjadi SEO Specialist bagi seorang pemula. Simak arikel ini sampai selesai ya!

Apa itu SEO Specialist

SEO specialist merupakan profesi yang bertugas untuk mengoptimasi website agar isi website lebih mudah dipahami mesin pencari sehingga dapat meningkatkan trafik dan berada pada peringkat teratas mesin pencarian. Untuk dapat mewujudkan hal tersebut, SEO specialist bertanggungjawab untuk menyusun strategi, melakukan keyword research, melakukan optimasi konten, membangun link, dan bekerjasama dengan tim marketing agar dapat meraih tujuan yang sama.

Langkah-langkah yang diperlukan untuk menjadi SEO Specialist

cara menjadi seo specialist

Berikut merupakan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menjadi SEO Specialist profesional.

Pahami Dasar-Dasar SEO

Sebelum melangkah ke posisi di bidang SEO, tentunya kamu harus memahami konsep dasar mengenai SEO. memahami dasar SEO akan mempermudah untuk memahami istilah dalam SEO dan menjalankan tugas dengan baik. Bagi pemula sangat penting untuk memahami riset analisis, analisa kompetitor, optimasi konten, on-page, off-page, dan optimasi teknikal.

Praktikan Skill SEO

Mulailah untuk mempraktikan skill seorang SEO Specialist seperti membuat konten  dan URL SEO friendly pada website pribadi. Mempelajari tools-tools SEO seperti Google Analytics, Google Trends, Google Search Console,  Ahrefs, dan lainnya.

Baca Juga : Ini Skill SEO Specialist Wajib Dimiliki Agar Sukses menjadi SEO

Belajar SEO di CMS

Content Management System (CMS) merupakan sistem yang berfungsi untuk menyunting konten website dengan mudah tanpa harus paham coding. Adapun CMS yang sering digunakan oleh SEO specialist berupa Blogspot, WordPress, Shopify & Magento, dan Wix & Squarespace.

Pahami Lebih dalam SEO

Dalam memahami SEO lebih dalam, kamu harus rajin untuk terus belajar SEO. mulailah belajar SEO dengan membaca artikel-artikel yang membahas SEO, menonton materi video SEO pada YouTube, mendengarkan podcast, mengikuti seminar atau webinar, hingga mengikuti kursus SEO.

Tips dan Cara menjadi SEO Specialist

Berikut merupakan enam cara menjadi SEO specialist yang harus kamu lakukan.

Meningkatkan Skill

Skill merupakan kemampuan yang dibutuhkan dalam melakukan pekerjaan dibidang SEO. idealnya, skill yang dibutuhkan oleh seseorang yang bekerja di bidang SEO adalah memiliki kemampuan membuat konten dan terampil dalam melakukan analisis. Kedua kemampuan ini tentunya akan mendorongmu untuk menjadi seorang SEO specialist profesional.

Baca Juga : Belajar SEO Untuk Pemula (Panduan Menjadi SEO)

Mengikuti Kursus

Kursus menjadi salah satu cara belajar yang akan membantumu dalam memahami SEO secara cepat dan mudah. Sertifikasi yang didapatkan dari menyelesaikan kursus juga akan menambah kredibilitas diri sebagai profesional SEO.

Cari metode belajar yang pas

Memilih metode belajar yang tepat akan membantumu untuk lebih produktif dan semangat dalam belajar SEO. Temukanlah metode belajar paling nyaman agar kamu tidak mudah bosan untuk belajar SEO.

Terbiasa dengan data

Profesi SEO tidak terlepas dari oleh data. Data yang dimaksud berupa data optimasi website seperti impresi dan jangkauan. Jika telah terbiasa dengan data, maka kamu juga tidak akan merasa kesulitan dalam mengukur progress inisiatif SEO yang sedang dilakukan.

Up to date dengan ilmu SEO

Dasar SEO memang tidak akan berubah, namun mesin pencari akan terus mengalami pembaruan algoritma. Maka sangat penting bagi seorang SEO specialist untuk terus up to date tentang ilmu SEO. kamu dapat follow up ilmu SEO salah satunya melalui dokumentasi resmi Google berupa Google Search Central Blog.

Buat Portofolio

Portofolio merupakan dokumen yang dibutuhkan dalam melamar pekerjaan sebagai SEO Specialist. Adanya portofolio akan menunjukkan bahwa kamu merupakan kandidat yang kompeten dan paham mengenai SEO. Hal tersebut dibuktikan melalui hasil karya yang dicantumkan pada portofolio.

Baca Juga : Contoh Portofolio SEO dan Cara Membuatnya (Panduan SEO)

FAQ SEO Specialist

Berikut beberapa pertanyaan yang sering terlintas saat mendengar profesi SEO Specialist

Apa Jurusan untuk jadi SEO Specialist

Jurusan pendidikan formal yang akan mempermudah kamu untuk menjalankan tugas SEO Specialist berupa jurusan komputer, teknik informatika, dan jurusan lain yang relevan. Namun, untuk menjadi seorang SEO specialist kamu tidak harus memiliki background tertentu, kamu dapat mengikuti pendidikan non-formal dan belajar SEO untuk dapat terjun dalam bidang SEO.

Berapa lama untuk menjadi SEO Specialist

Rentan waktu yang dibutuhkan untuk menjadi seorang SEO Specialist junior adalah memiliki pengalaman di bidang SEO sekitar satu hingga tiga tahun.

Apakah menjadi SEO Specialist Sulit

Tidak ada kata sulit untuk menjadi SEO Specialist. Kamu hanya memerlukan kegigihan dalam belajar dan mengembangkan skill dalam bidang SEO.

Apakah SEO Specialist harus bisa coding

Untuk menjadi SEO specialist tidak diwajibkan untuk memahami coding. Namun ada beberapa perusahaan yang mewajibkan hal tersebut. Karena dengan memiliki kemampuan coding, SEO specialist mampu untuk memahami cara kerja website dan dapat bekerjasama dengan developer website.

Arkademi merupakan kursus online yang akan membantumu untuk dapat lebih memahami SEO. Melalui kursus, kamu akan diajarkan materi mulai keyword research hingga teknik SEO. selengkapnya mengenai kelas, kamu dapat klik banner dibawah ini.

Kamu bisa baca selengkapnya mengenai kursus SEO Arkademi disini atau klik banner dibawah ini 

Ikuti Kursus SEO di Arkademi