Ini Skill SEO Specialist Wajib Dimiliki Agar Sukses menjadi SEO

Pengembangan Diri

SEO specialist merupakan profesi penting yang bertanggungjawab atas peringkat website pada mesin pencari. Untuk mewujudkan tujuan tersebut tentunya kamu harus memiliki skill SEO specialist seperti komunikasi, menulis, pemecah masalah, dan lainnya. Skill ini dibutuhkan untuk optimasi website dengan maksimal. Artikel ini akan membahas mengenai apa saja skill SEO Specialist yang harus dimiliki oleh pemula. Simak sampai tuntas ya!

Skill SEO Specialist

Skill SEO yang perlu dikuasai oleh calon SEO Specialist

Skill yang harus dimiliki seorang SEO Specialist dibagi kedalam dua kategori berupa hardskill dan soft skill. Adapun hardskill dan softskill yang dibutuhkan dijelaskan dibawah ini.

Baca Juga : Mengenal Jenis-Jenis SEO (Panduan SEO)

Hardskill

Berikut merupakan hardskill yang dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan sebagai SEO Specialist

Keyword Research

Keyword research merupakan skill yang penting dan wajib dimiliki oleh SEO Specialist. Hal ini karena optimasi SEO berkaitan erat dengan keyword. Dengan melakukan keyword research, kamu juga dapat mengetahui apa kebutuhan dari user sehingga dapat menjawabnya dengan konten yang berkualitas. Jika konten yang disajikan sesuai dengan kebutuhan user, maka trafik website akan mengalami peningkatan.

Analisis

Analisis juga merupakan skill terpenting yang wajib dimiliki SEO Specialist. Kemampuan analis akan membantu SEO specialist dalam menyiapkan strategi SEO yang tepat agar dapat meningkatkan trafik pencarian organik ke website. Selain itu, memiliki kemampuan analisis juga akan membantumu dalam mengetahui perubahan algoritma pada Google.

Paham Basic Koding

Kemampuan coding memang bukan skill yang harus dimiliki oleh SEO Specialist. Namun dengan memiliki kemampuan coding, kamu akan dengan mudah mengidentifikasi dan memperbaiki masalah teknis yang mungkin terjadi dalam website dengan bekerjasama dengan developer.

Skill Menulis

Skill menulis merupakan skill dasar dari seorang SEO specialist. Menulis sangat berkaitan erat dengan konten SEO pada website. Dengan kemampuan menulis, kamu akan dengan mudah melakukan optimasi on-page.

Menguasai Tools

Tools merupakan alat yang akan mempermudah SEO specialist dalam melakukan optimasi konten pada mesin pencari. Dengan menguasai tools, maka optimasi konten pada website akan berjalan dengan maksimal. Beberapa tools dari SEO antara lain Google Trends, Google Search Console, Semrush, dan Ahrefs.

SoftSkill

Berikut merupakan soft skill SEO specialist yang akan membantu kesuksesan optimasi SEO

Komunikasi

Komunikasi merupakan skill yang paling dibutuhkan dalam berbagai posisi di seluruh perusahaan. Dengan komunikasi yang baik, maka SEO specialist akan lebih mudah untuk menyampaikan strategi yang akan dibangun dalam optimasi SEO, memberikan konsep pada klien, bekerjasama dengan developer, dan lainnya.

Up to date

Dasar SEO memang tidak akan mengalami perubahan. Namun, algoritma mesin pencari terus berubah. Maka dengan up to date terhadap SEO, kamu dapat membangun strategi yang baik kedepannya agar proses optimasi website berjalan dengan maksimal.

Pemecah masalah

Proses optimasi SEO tidak selamanya berjalan mulus. Terdapat kompetitor maupun masalah internal yang mempengaruhi optimasi SEO. Dengan memiliki kemampuan pemecah masalah, maka kamu akan mudah untuk menganalisa permasalahan yang terjadi dan menemukan solusi efektif dalam penyelesaian masalah.

Berpikir Kritis

Kemampuan berpikir kritis dapat membantu dalam menyusun strategi SEO. Dengan kemampuan ini kamu akan mampu menghubungkan sebab-akibat suatu peristiwa dalam proses optimasi sehingga menemukan solusi terbaik untuk menyelesaikannya.

Pengambilan Keputusan

Saat melakukan optimasi SEO, kamu akan dihadapkan pada situasi yang mengharuskan kamu cepat dalam mengambil keputusan. Hal itu karena algoritma google terus berubah dan berkembang. Maka sangat penting untuk dapat memilih keputusan dengan cepat dan tepat agar proses optimasi dapat berjalan dengan maksimal.

Project Management

Project management merupakan kemampuan untuk mengelola serta melakukan koordinasi terhadap seluruh tim yang tergabung dalam project SEO. Dengan kemampuan ini, maka kamu dapat mengelola project SEO dengan efektif.

Kreatif

Berpikir kreatif akan mempermudah dalam menghasilkan ide-ide menarik untuk membuat konten yang akan dapat mendatangkan pengunjung ke website. Pilihlah konten yang relevan serta unik bagi pembaca.

Baca Juga : Belajar SEO Untuk Pemula (Panduan Menjadi SEO)

Cara Meningkatkan Skill SEO Specialist

Terdapat lima cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan skill SEO, diantaranya :

Mempunyai rangkuman belajar sendiri

Saat belajar SEO, kamu tidak boleh hanya berpatok pada satu sumber saja. Carilah banyak sumber untuk belajar agar lebih paham mengenai SEO. dari sumber-sumber tersebut, buatlah rangkuman yang terstruktur agar kamu lebih mudah dalam memahami SEO.

Belajar dari berbagai sumber

Algoritma mesin pencari akan terus berubah seiring berjalannya waktu. Maka kamu harus belajar dari berbagai sumber dan up to date terhadap SEO. Mulailah belajar SEO melalui blog, webinar, YouTube, e-book, hingga podcast. Adapun sumber belajar SEO antara lain MOZ blog, Ahrefs Blog, dan Channel YouTube Neil Patel.

Melakukan website audit

Melakukan website audit akan membantumu lebih paham bagaimana menjalankan optimasi SEO. untuk melakukannya, kamu dapat mencari website untuk melakukan audit dan analisis menangani suatu masalah.

Praktik langsung

Menggunakan tools SEO merupakan salah satu cara praktik langsung dalam optimasi SEO. Tools SEO yang dapat digunakan bagi pemula diantaranya Google Trends, Google Search Console, Google Analyst, dan Google Keyword Planner.

Mengikuti kursus

Kursus merupakan salah satu cara terbaik dalam belajar SEO dengan cepat. Hal ini karena kursus memberikan materi yang up to date dan diajarkan langsung oleh instruktur berpengalaman, seperti di Arkademi. Kursus ini memberikan materi mengenai keyword research hingga teknik SEO. Untuk informasi selengkapnya mengenai kelas, kamu dapat klik banner dibawah ini.

Baca Selengkapnya mengenai kursus Online SEO DISINI atau klik banner dibawah ini, 

Ikuti Kursus SEO di Arkademi