1. Beranda
  2. Pengembangan Diri
  3. 7 Cara Menjadi Editor Video dari Awal

7 Cara Menjadi Editor Video dari Awal

cara menjadi video editor
Pengembangan DiriTeknologi

Editor Video menjadi salah satu profesi yang banyak digemari pada era digitalisasi saat ini. Hal ini karena editor video memiliki jenjang karir yang luas dan banyak perusahaan yang membutuhkan pekerjaan ini baik untuk kebutuhan promosi produk hingga dokumentasi. Profesi ini dapat bekerja pada industri penyiaran, perusahaan animasi, perfilman, agency, video game, perusahaan FnB, produksi film independen dan lain sebagainya. Lantas, bagaimana cara menjadi editor video? Artikel ini akan membahas cara menjadi editor video bagi pemula.

Apa Itu Video Editor

Video Editor adalah seseorang yang bekerja mengumpulkan serta mengolah beberapa materi video menjadi satu keseluruhan yang siap untuk disebarkan ke publik. Materi tersebut berupa dialog, wawancara, grafis, efek, musik, footage, dan lain-lain.

Video editor akan sering melakukan pekerjaan untuk memilah potongan video atau rekaman, merangkai, menyusun ulang, hingga memanipulasi video agar video yang dibuat dapat sejalan dengan tema telah dirancang.

Profesi ini sangat berperan penting dalam proses pasca produksi video untuk menentukan kualitas dari project yang dibuat. Selain itu, editor video harus mampu menyesuaikan waktu penayangan video yang dibuat, maksud rencana penayangan, dan lain sebagainya.

Cara Menjadi Video Editor

Tips dan cara video editor untuk pemula

Untuk dapat mendorong kamu menjadi seorang editor video profesional, kamu harus memiliki pengetahuan dan kemampuan seorang editor video. Selain itu, terdapat faktor lain yang juga dapat membantu untuk terjun kedalam karir seorang editor video. Adapun cara untuk menjadi editor video adalah sebagai berikut:

Memahami Fungsi Aplikasi Edit Video

Melakukan editing video merupakan tugas utama dari seorang editor video. Maka, sangat penting bagi seorang editor untuk dapat memahami fungsi aplikasi edit video sehingga pekerjaan akan lebih cepat selesai.

Pelajarilah tools-tools dalam aplikasi seperti kombinasi warna, menyesuaikan kontras, menambahkan sound effect, musik, atau subtitle, menggabungkan klip, dan lainnya. Adapun aplikasi video yang biasa digunakan oleh editor pemula hingga profesional adalah Adobe Premiere, Final Cut Pro, KineMaster, Clips, iMovie.

Baca Juga : Ini 9 Skill Video Editor yang Wajib Dimiliki Pemula

Harus Berpikir Kreatif

Kemampuan berpikir kreatif menjadi salah satu kemampuan yang paling dibutuhkan dalam dunia kerja. Dengan memiliki kemampuan ini, kamu akan lebih mudah untuk menyusun konsep, alur cerita, serta project yang dikerjakan dapat lebih mudah selesai dengan ide yang out of the box. Dengan pikiran yang kreatif, video atau project yang dihasilkan tentunya akan memiliki keunikan tersendiri dan kualitas yang baik dibandingkan milik orang lain.

Menguasai Bahasa Visual

Proses video editing merupakan salah satu cara bercerita melalui bahasa visual. artinya, video yang dihasilkan harus dapat mendeskripsikan pesan dari suatu film atau dapat merangkum persepsi dan pemahaman alur cerita melalui visualisasi video yang terstruktur. Maka sangat penting bagi seorang editor untuk memahami bahasa visual agar pesan yang disampaikan dapat dipahami oleh audiens. Untuk dapat memahami bahasa visual, kamu dapat belajar dengan menonton konten-konten bahasa visual di YouTube atau membaca artikel terkait.

Perbanyak Referensi

Mengumpulkan banyak referensi dari berbagai sumber dapat membantumu untuk menumbuhkan kreativitas dalam bekerja. Carilah referensi dari YouTube, film, buku tentang film, internet, bahkan lingkungan sekitar dapat menjadi referensi dalam menghasilkan video yang baik dan berkualitas. Selain itu, referensi juga dapat menjadi acuan untuk menghasilkan project yang lebih baik dari yang pernah kamu buat sebelumnya ataupun milik orang lain.

Terus Belajar

Dalam seluruh bidang pekerjaan, belajar menjadi kunci utama untuk meraih kesuksesan dalam berkarir. Seorang editor profesional juga terus belajar melalui project-project yang mereka buat dan bagaimana mereka mengembangkan project tersebut menjadi lebih baik lagi.

Meskipun kamu telah memiliki banyak pengalaman serta pengetahuan yang mumpuni, tidak menutup kemungkinan kamu akan dapat belajar ilmu baru dari tempat atau waktu yang mungkin tidak terduga.

Melakukan editing video tidaklah mudah, serta aplikasi editing video juga beragam sesuai dengan kebutuhan. Maka sebagai seorang editor video atau pemula, belajar menjadi kunci dari kesuksesan dalam bekerja. 

Buat Portofolio

Portofolio merupakan salah satu dokumen penting yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan, terutama dalam bidang kreatif. Portofolio adalah dokumen yang berisikan kumpulan karya terbaik dan paling relevan yang kamu miliki. Portofolio menjadi dokumen pembuktian bahwa kamu adalah seorang yang memiliki skill dan kemampuan di bidang editing video. Hal ini karena portofolio akan mempresentasikan bagaimana kinerja dan karya yang telah dibuat berdasarkan kemampuan dan pengalaman yang dimiliki.

Baca Juga : 6 Tips Edit Video yang Wajib Diperhatikan Oleh Pemula

Ikuti Kursus

Selain memiliki kemampuan untuk berpikir kreatif, memahami fungsi aplikasi edit video, menguasai bahasa visual, memperbanyak referensi, dan terus belajar, kamu juga dapat mengikuti kursus tentang editing video. Kursus editing video akan membantu untuk memahami tentang aplikasi editing video dengan lebih cepat dan mudah. Pilihlah lembaga kursus yang memiliki legalitas yang jelas.

Arkademi merupakan lembaga kursus online yang telah mengantongi izin penyelenggaraan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Arkademi memiliki Kursus Video Editor Profesional dengan Adobe Premiere yang akan membantu kamu untuk terjun ke industri kreatif dengan membuktikan diri melalui sertifikat yang kredibel.

Skill untuk jadi video editor

“klik banner diatas untuk melihat kelas”

Rekomendasi