1. Beranda
  2. Pengembangan Diri
  3. Ini 9 Skill Video Editor yang Wajib Dimiliki Pemula

Ini 9 Skill Video Editor yang Wajib Dimiliki Pemula

Skill Video Editor Pemula
Pengembangan Diri

Video Editor adalah seseorang yang bertugas untuk mengumpulkan materi video dan menggabungkannya menjadi satu keseluruhan yang memiliki alur cerita. Profesi ini memiliki banyak peminat pada era digitalisasi saat ini.

Hal ini karena prospek kerja dan jenjang karir dari editor video sangat luas. Nah pada artikel ini, kita akan membahas skill video editor yang dibutuhkan dalam dunia industri.

Apa saja skill video editor tersebut? Yuk simak artikel berikut!

Skill yang Dibutuhkan Seorang Video Editor

Untuk dapat menjadi editor video profesional tentunya diperlukan soft skill dan hard skill yang akan mempermudah untuk mengembangkan diri dalam berkarir.

Berikut merupakan skill Video editor yang wajib dimiliki pemula hingga profesional

Soft Skill

Soft skill merupakan kemampuan interpersonal yang dimiliki seseorang, kemudian kemampuan ini dibutuhkan dalam suatu pekerjaan. Soft skill yang dibutuhkan oleh editor video antara lain : 

Fokus pada Detail

Seorang video editor editor harus detail dan teliti untuk memperhatikan hal ataupun kesalahan kecil sekalipun. Kesalahan terkecil dapat dilihat oleh audiens, maka sangat penting bagi video editor untuk mengatur setiap detail video pada saat proses pengeditan.

Komunikasi 

Komunikasi merupakan skill yang sangat penting dalam semua pekerjaan, terutama sebagai seorang video editor. Skill video editor yang satu ini wajib dimiliki baik verbal maupun tertulis.

Hal ini karena seorang video editor akan bekerja dengan banyak orang untuk menghasilkan final video yang sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Kemudian, komunikasi tertulis juga dibutuhkan dalam proses skrip.

Tidak Pelupa

Sebagai seorang video editor, sangat penting untuk menghafal seluruh konsep video ataupun alur cerita. Mengurutkan adegan dalam konten merupakan tanggungjawab seorang video editor. 

Pendengar yang Baik

Mendengarkan dan memahami seluruh ucapan sutradara merupakan tugas dari video editor. Berikanlah perhatian penuh dan catat hal penting yang dikatakan oleh sutradara ataupun tim dalam produksi dan kamu dapat mengajukan pertanyaan jika sesuatu yang disampaikan dipahami.

Hard Skill

Hard Skill merupakan keterampilan yang dimiliki seseorang dari apa yang pernah dipelajari dan dapat diukur. Berikut merupakan hard skill video editor yang harus dimiliki oleh editor pemula hingga profesional.

Menguasai Aplikasi Software Editing Video

Melakukan editing video merupakan tugas utama dari seorang editor, maka sudah seharusnya editor menguasai aplikasi software editing video.

Dengan menguasai aplikasi serta tools dalam pengeditan, maka video yang dibuat akan cepat diselesaikan dan berkualitas tinggi. Sebagai seorang video editor terdapat beberapa software editing yang harus kamu kuasai seperti Adobe Premiere, VN, Sony Vegas, Filmora, dan aplikasi software editing lainnya.

9 Skill Video Editor yang Wajib Dimiliki Pemula

Selengkapnya : 17 Aplikasi Edit Video Di PC Gratis dan Mudah Digunakan

Kecepatan Bekerja

Kecepatan bekerja menjadi salah satu skill yang dibutuhkan video editor. Jika terjadi suatu kesalahan ataupun video yang tidak sesuai dengan konsep, maka kamu harus melakukan revisi dengan cepat.

Selain itu, setiap pekerjaan memiliki timeline dan deadline waktu pengerjaan, jangan sampai deadline yang diberikan akan mengurangi kualitas video yang dibuat. Seorang video editor harus dapat bekerja secara profesional dan tidak mengecewakan tim dan client.

Memiliki sense of musik yang baik

Memberikan efek musik pada setiap reka adegan merupakan tugas dari video editor. Mengetahui musik mana yang cocok pada reka adegan dan dapat mencairkan suasana audiens merupakan tanggungjawab video editor. Adanya tambahan musik akan membuat suasana dalam adegan film menjadi lebih hidup. 

Mampu Bekerja Dalam Tim

Dalam industri kreatif, akan banyak sekali anggota tim produksi seperti sutradara, produser, penulis naskah, kameramen, dan lain sebagainya. Seluruh tim tentunya akan bekerjasama untuk menghasilkan karya visual yang indah dan menarik bagi audiens.

Video editor tentunya harus dapat berkolaborasi dengan baik dan terbuka terhadap kritik serta masukan yang diberikan oleh tim.

Paham Skill Pengeditan Offline dan Online

Pengeditan offline merupakan proses pengambilan data secara langsung dan kemudian akan dibuat salinan yang telah dikompres ke format yang lebih kecil.

Setelah melakukan kompres, selanjutnya video editor akan melakukan online editing yang meliputi menambahkan efek, audiovisual, subtitle, dan elemen lainnya yang dibutuhkan dalam proses editing.

Untuk menjadi seorang video editor profesional, maka kamu harus memahami dan memiliki skill atau keterampilan setiap poin yang telah dijelaskan. Terus belajar, berlatih, dan melakukan diskusi bersama dengan ahlinya akan membantumu untuk cepat meningkatkan pemahaman dan kemampuan.

Baca juga: 6 Tips Edit Video yang Wajib Diperhatikan Oleh Pemula

Selain itu, mengikuti kursus juga akan sangat bermanfaat bagi pemula dalam memahami pengetahuan serta praktik editing video. Arkademi merupakan kursus editing video yang akan membantumu dalam meningkatkan kualitas diri untuk mampu bersaing di industri. 

 

9 Skill video editor

Pastikan kamu klik banner diatas  untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang kursus video editor dengan Adobe Premiere.

Kursus Video Editor yang dimiliki Arkademi akan membahas keseluruhan komponen Adobe Premiere dan bagaimana menciptakan video yang berkualitas baik. Pada kursus editing video tersebut, peserta akan mendapat skill berupa teori dasar editing video, proses membuat transisi, memotong video, menggabungkan video menjadi sebuah cerita yang berkelanjutan dan pemahaman terhadap efek kontrol dan layer. 

Rekomendasi