1. Beranda
  2. Pengembangan Diri
  3. 6 Tips Edit Video yang Wajib Diperhatikan Oleh Pemula

6 Tips Edit Video yang Wajib Diperhatikan Oleh Pemula

Pengembangan Diri

Melakukan edit video menjadi tugas utama seorang video editor dalam bekerja. Bagi seorang pemula, melakukan edit video mungkin masih menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Hal tersebut karena pemula belum begitu memahami step ataupun tools yang harus digunakan dalam melakukan edit video. Artikel ini akan membahas tips edit video dengan adobe premiere bagi pemula dengan cara yang mudah untuk dipahami, yuk simak!

6 Tips Edit Video untuk Pemula

Adobe premiere merupakan salah satu aplikasi edit video yang sering digunakan untuk editor video pemula hingga professional. Berikut merupakan 6 tips edit video dengan adobe premiere.

Tips Edit Video wajib diketahui pemula

1. Siapkan Asset yang akan di Edit

Siapkan aset yang akan diedit

Langkah pertama, siapkan seluruh materi video yang akan dibuat menjadi satu video secara keseluruhan sesuai dengan tema yang dipilih. Adapun format materi video yang dapat dapat digunakan dan didukung oleh Adobe Premiere adalah GIF, MP4, WAV, WMV, MPEG, dan lain-lain.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi Adobe Premiere Pro pada komputer ataupun laptop yang dimiliki. Selanjutnya, pilih tombol “New Project” untuk dapat memulai editing video. Selanjutnya tambahkan nama untuk project yang dibuat, lokasi penyimpanan file, dan settingan lain yang mungkin dibutuhkan.

2. Buat New Project dan Tentukan Ukuran Video

Buat New Project

Langkah kedua adalah membuka aplikasi Adobe Premiere Pro pada komputer ataupun laptop yang dimiliki. Selanjutnya, pilih tombol “New Project” untuk dapat memulai editing video.

Kemudian tambahkan nama untuk project yang dibuat, lokasi untuk menyimpanan file project, dan settingan lain yang mungkin dibutuhkan dan tentukan ukuran video sesuai dengan keinginan. Jika video yang diedit dibuat untuk konten YouTube, kamu dapat memilih rasio 16:9. Adapun daftar rasio yang tersedia adalah sebagai berikut :

  • 2160p: 3840 x 2160 (4K)
  • 1440p: 2560 x 1440 (2K)
  • 1080p: 1920 x 1080 (Full HD)
  • 720p: 1280 x 720 (HD)
  • 480p: 854 x 480 (SD)
  • 360p: 640 x 360
  • 240p: 426 x 240

Baca Juga : Video Editor, Tugas dan Tanggung Jawab Serta Jenjang karir

3. Tambahkan New Sequence

Buat New Squence

Langkah selanjutnya adalah membuat Sequence dengan klik tombol Ctrl + N. Sequence merupakan tahap yang sangat penting dalam proses editing. Hal ini karena sequence merupakan tahapan memilih resolusi editing dalam video.

Dalam proses ini, kamu dapat sesuaikan resolusi video dengan file video yang dimiliki. Misalnya kamu dapat memilih format Digital SLR dengan resolusi 1080p30.

4. Import Asset kedalam Software

Import Aset yang dibutuhkan

Selanjutnya, import-lah materi video yang ingin di edit ke dalam Adobe Premiere Pro. Pilih materi video mana saja yang akan di proses dalam editing. Cara untuk import materi video adalah dengan menuju menu File > Import (Ctrl + I), kemudian pilih materi video sesuai dengan lokasi menyimpan materi video tersebut.

5. Masukan Video ke Timeline

Setelah melakukan import video, langkah selanjutnya adalah dengan memasukkan video ke Timeline. Cara untuk menempatkan video ke bagian Timeline sangat mudah, yaitu dengan klik dan geser video di Library hingga berpindah ke Timeline.

Pada Timeline, kamu dapat melakukan proses edit video sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Setelah itu, preview dari proses edit video dapat dilihat di bagian Program/Video Preview.

6. Simpan Hasil Editan

Simpan video yang sudah diedit

Setelah seluruh proses editing selesai, tahap terakhir yang harus dilakukan adalah menyimpan project video ke dalam komputer atau laptop yang kamu miliki. Cara menyimpan file tersebut dengan klik tombol Menu > File > Save. Setelah selesai, maka file sudah tersimpan di laptop atau komputer kamu.

Baca Juga : 9 Cara Menjadi Youtuber yang Menghasilkan Uang, Seperti Apa Sih?

Setelah mengetahui tips edit video dengan adobe premiere, kamu dapat dengan mudah melakukan proses edit video sesuai dengan keinginan. Namun terdapat cara lebih cepat untuk lebih memahami bagaimana cara melakukan edit video di Adobe Premiere, yaitu dengan mengikuti kursus.

Arkademi merupakan kursus online yang dapat membantu kamu untuk meningkatkan kualitas diri untuk mampu bersaing di industri. Kursus video editor yang dimiliki Arkademi membahas secara keseluruhan komponen Adobe Premiere guna menciptakan video dengan kualitas baik. Klik banner dibawah ini untuk mengetahui kursus lebih lanjut.

Skill untuk jadi video editor

Rekomendasi