1. Home
  2. Dari Arkademi
  3. 10 Cara Belajar Komputer Dasar dan Rekomendasi Kursus Untuk Pemula

10 Cara Belajar Komputer Dasar dan Rekomendasi Kursus Untuk Pemula

Dari Arkademi
Tips dan cara belajar komputer untuk pemula yang mudah

Sudah menyelesaikan pendidikan formal tapi masih belum lancar menggunakan komputer? Tenang, di artikel ini Arkawan akan mendapat informasi sepuluh cara belajar komputer dasar dan pilihan profesi yang bisa kamu dapatkan dengan keahlian mengoperasikan komputer.

Begitu banyak cara yang ditawarkan untuk kamu belajar komputer dasar, seringkali hal ini membuat bingung harus memulai dari mana. Untuk memudahkan pada artikel ini semua latihan bisa kamu lakukan sendiri atau secara otodidak dan cocok untuk pemula.

Namun jika kamu merasa sudah cukup mahir dan ingin meningkatkan keahlian, temukan rekomendasi kursus yang bisa kamu ikuti. Yuk, langsung saja mulai dari cara belajar komputer yang pertama:

1. Memiliki semangat dan niat untuk mempelajari hal baru

Mempelajari hal yang baru seringkali terasa menakutkan dan tidak nyaman, maka dari itu bangun dulu semangat, niat dan kembangkan motivasi agar Arkawan bisa menikmati proses pembelajaran.

2. Pelajari dan kuasai teori terlebih dahulu

Cara belajar komputer dasar adalah dengan memahami teorinya, dengan begini Arkawan bisa memahami dulu tujuan dari apa yang akan di praktekan sehingga proses belajar jadi terarah dan bisa bermanfaat langsung untuk kebutuhan.

3. Membeli perangkat untuk menunjang proses pembelajaran

Tidak cukup dengan menguasai teori, Arkawan butuh mempraktekan langsung teori yang sudah didapatkan melalui bahan bacaan. Tidak perlu beli yang terlalu mahal, sesuaikan dengan budget yang dimiliki, pastikan alat yang dibeli juga tidak terlalu canggih atau malah sudah ketinggalan jaman ya. Cari rekomendasi melalui internet atau dengan bertanya agar duit yang dikeluarkan tidak menjadi sia-sia.

4. Manfaatkan internet untuk belajar komputer dasar

Mempelajari komputer untuk pemula paling mudah
Belajar Komputer Untuk Pemula

Manfaatkan juga teknologi internet yang sekarang sudah mudah untuk diakses siapa saja, Arkawan bisa mendapat begitu banyak ilmu melalui konten artikel maupun video.

5. Pelajari komponen komputer

Belajar komputer dasar tidak hanya membahas hal-hal apa saja yang bisa dilakukan sebuah perangkat, Arkawan juga perlu mengetahui tentang komponen komputer untuk mendukung pengetahuan yang menyeluruh.

Umumnya komponen komputer terdiri dari monitor yang berfungsi untuk menampilkan hasil pemrosesan data yang terjadi, nah pemrosesan ini terjadi di dalam komponen bernama processor – Arkawan cukup bayangkan processor ini sebagai otak yang mengolah data berupa angka dan mengubahnya menjadi visual.

Komponen selanjutnya yang ada adalah harddisk, sebuah komponen yang berperan penting untuk menyimpan data. Adapula RAM, VGA, Motherboard, Power Supply hingga Casing yang bisa Arkawan pelajari lebih lanjut terkait komponen komputer. 

6. Pelajari sistem komputer

Setelah Arkawan memiliki pemahaman yang cukup terkait teori dasar pengoperasioan komputer, saatnya pelajari sistem komputer yang umum dipakai seperti Windows, Macintosh dan Linux. Perbedaan sistem komputer mungkin membuat Arkawan sedikit bingung, maka dari itu ada baiknya ditentukan dari awal akan menggunakan sistem komputer yang mana dan disesuaikan dengan materi yang dipelajari.

7. Pelajari software utama

Jika Arkawan memilih sistem operasi Windows, penting untuk kamu menguasai software yang mereka miliki untuk memperlancar proses belajar komputer dasar. Pertama ada microsoft word, sebuah software yang wajib kamu kuasai untuk menuliskan dokumen.

Banyak elemen pada software ini yang bisa kamu manfaatkan untuk menunjang proses pembelajaran, adapun teknik mengetik cepat yang sering ditawarkan kursus maupun pelatihan menggunakan software ini.

Adapun microsoft excel merupakan software pengolah angka yang tidak kalah berguna untuk kamu kuasai. Selanjutnya microsoft powerpoint yang bisa kamu gunakan jika kamu membutuhkan sebuah halaman untuk mempresentasikan data.

8. Pelajari operasi web browser

Bisa mengakses internet juga merupakan hal utama dalam kamu belajar komputer dasar, ada berbagai pilihan web browser namun yang sekarang paling umum digunakan adalah Chrome.

9. Jangan takut salah

Arkawan, seperti yang sudah disampaikan di awal mempelajari hal baru mungkin akan terasa mengerikan dan menyakitkan namun dalam menguasai sebuah ilmu baru kamu perlu melakukan banyak percobaan dan mungkin saja terjadi kesalahan. Tapi jangan menyerah ya, kesalahan ada untuk kamu kembali belajar lebih dalam dan menghindari kesalahan di kemudian hari.

10. Terus berlatih

Terus berlatih menggunakan komputer yang kamu miliki, pelajari secara perlahan tujuan dan fungsi dari setiap komponen komputer, sistem komputer hingga kembangkan sendiri keahlian kamu menggunakan software yang ada. Kamu bisa menguasai belajar komputer dasar dengan cara otodidak maupun dibantu melalui kursus atau pelatihan yang tersedia. 

Di Arkademi, tersedia kursus mengoperasikan microsoft word untuk pemula. Bagi Arkawan yang bercita-cita menjadi sekertaris perusahaan ataupun mengembangkankeahlian di melalui pengoperasian komputer pilih kursus Komputer Dasar dan Ms Word untuk Karyawan Kantor.

Kursus 100% online, sehingga Arkawan bisa menyesuaikan sendiri proses belajar komputer dasar sesuai kemampuan dan kebutuhan. Setelah kursus selesai kamu juga akan mendapatkan sertifikat elektronik yang bisa menunjang daya saing kamu di dunia kerja.

Terdaftar resmi di Kementrian Komunikasi dan Informatika, Arkademi bisa diakses melalui website maupun aplikasi yang diunduh melalui Google Play Store. Dapatkan 20.000 Arkademi Koin untuk pengguna baru dan tambahan 5.000 jika melengkapi data diri, koin ini kemudian bisa kamu gunakan untuk memotong harga kursus pelatihan maupun sertifikasi yang ada. Informasi lebih lanjut mengenai penggunaan koin silahkan cek di sini.

Rekomendasi