Inilah 7 Tips Belajar Public Speaking Untuk Pemula Anti Gugup

belajar public speaking untuk pemula
Pengembangan DiriPersiapan Kerja

Public Speaking merupakan suatu kemampuan untuk berbicara di hadapan orang banyak secara langsung dalam menyampaikan sebuah pesan, ide, ataupun gagasan. Kemampuan ini sangat penting dan dibutuhkan dalam dunia kerja di bidang apapun.

Meskipun kemampuan tersebut penting, namun pada kenyataannya masih banyak orang yang tidak bisa berbicara di depan umum. Hal ini dikarenakan tidak adanya kepercayaan diri seseorang dalam menyampaikan apa yang ingin disampaikan. Berikut tips-tips yang dapat kamu lakukan untuk memangun kepercayaan diri untuk berbicara di depan umum.

7 Tips Belajar Public Speaking yang Baik Untuk Pemula

Ingin melewati rasa gugup dan tampil percaya diri saat berbicara di depan orang banyak? Keterampilan public speaking adalah kunci untuk berhasil dalam komunikasi dan presentasi. Untuk mengasah keterampilan public speaking, Anda harus belajar:

  1. Kuasai materi yang akan disampaikan
  2. Kenali audience
  3. Tetap tenang dan jangan gugup
  4. Lakukan interaksi dengan audience
  5. Ambil jeda saat menjelaskan materi
  6. Sisipkan humor
  7. Bicara secara perlahan

Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini

1. Kuasai Materi yang akan Disampaikan 

Tips pertama dalam belajar public speaking ialah menguasai materi. Jika kamu telah menguasai materi dengan baik, maka kamu akan merasa percaya diri dalam menyampaikan apa yang kamu ketahui.

Kemudian anggaplah semua audiens tidak mengetahui apa materi yang kamu ingin sampaikan sama sekali dan mereka ingin kamu sukses dalam menyampaikan pesan tersebut. Mereka juga telah menyisihkan waktunya untuk mendengar kamu tampil di hadapan mereka.

Jangan lupa untuk membuat poin-poin yang ingin kamu sampaikan, bisa di kertas ataupun notes digital. Hal itu akan mempermudah kamu dalam mengingat materi yang telah kamu pelajari.

2. Kenali Audience

Keakraban dengan audience merupakan salah satu kunci kesuksesan dalam public speaking. Untuk mengetahui profil dari audience, maka perlu dilakukannya survey untuk mengetahui latar belakang, umur, tujuan mereka hadir, dan sebagainya.

Setelah mengetahuinya, kamu akan paham bagaimana cara menyampaikan materi dengan nada bicara yang tepat. Selain itu, jadikanlah waktu 60 detik pertama bagi kamu untuk membuat good impression agar dapat menarik perhatian mereka.

Baca Juga : 5 Tips Kuasai Panggung Dengan Public Speaking

3. Tetap tenang dan jangan Gugup

Gugup atau grogi sebelum merupakan hal yang wajar, public speaker professional pun juga masih merasakan hal yang sama sebelum mereka tampil di hadapan publik. Maka kita harus berdamai dengan rasa gugup yang kita rasakan.

Caranya adalah dengan mengubah mindset kita agar lebih positif dan harus percaya diri. Jika kita telah merasakan keduanya maka kita akan lebih rileks. Jika masih gugup, coba tariklah nafas kemudian tahan selama 10 detik dan hembuskan. Hal itu akan membantu menetralisirkan jantung yang berdegup kencang, dan jangan lupa berdoa.

4. Lakukan Interaksi Dengan Audience

Selama kamu menyampaikan presentasi, pastikan kamu melakukan interaksi dengan audience. Hal ini akan membuat kamu terlihat lebih ramah atau akrab dan tidak kaku. Selain itu, kedatangan mereka juga pasti ingin dilibatkan dalam prestasimu.

Audience pasti ingin berkomentar, memberi masukan atau pendapat, atau bahkan berdiskusi tentang pengalaman yang mereka alami. Selain itu, untuk melakukan interaksi dengan mereka cobalah untuk memberi pertanyaan.

5. Ambil Jeda Saat Menjelaskan Materi

Dengan mengambil jeda sebelum menyampaikan setiap informasi akan memudahkan kamu mengumpulkan kekuatan sebelum menyampaikan gagasan. Hal ini juga akan membantu kamu dalam berkonsentrasi sebelum mengucapkan hal-hal yang ingin disampaikan.

Jeda juga memungkinkan pendengar dalam mempersiapkan mereka untuk menerima atau mencerna apa yang kamu sampaikan. Selain itu, fungsi jeda juga dapat menetralisirkan diri dari rasa grogi yang berlebihan.

6. Sisipkan Humor

Dalam melakukan presentasi, pastinya pendengar akan secara fokus mendengar apa yang komunikator sampaikan. Hal ini membuat suasana menjadi tegang dan bahkan menjadi membosankan.

Rasa bosan pendengar cenderung akan membuat mereka ngantuk atau mulai mengalihkan perhatiannya pada objek lain. Maka, humor dalam presentasi sangat dibutuhkan untuk menarik perhatian pendengar. Kamu dapat menggunakan humor sebagai opening atau kamu dapat mengaitkan humor dengan meteri yang disampaikan.

Baca Juga : 5 Cara Praktis Untuk Tingkatkan Skill Public Speaking

7. Bicara Secara Perlahan

Pola bicara yang terlalu cepat akan membuat audience tidak mendapatkan poin-poin yang kamu sampaikan. Padahal tujuan utama dari presentasi kita ialah agar audience paham dengan apa yang kita sampaikan. Biasanya, pola bicara cepat dikarenakan rasa gugup yang kita alami.

Selain itu, penyampaian yang terlalu cepat akan mempersulit pembicara dalam menyampaikan kesimpulan yang disampaikan. Maka, sebagai pembicara kita harus dapat menyampaikan informasi dengan penyampaian yang pelan dan santai. Kemudian kita harus memainkan intonasi saat berbicara.

Kenapa Public Speaking Penting

Jika kamu dapat menguasai kemampuan public speaking dengan baik maka kamu akan dapat merasakan manfaatnya, berikut alasan kenapa belajar public speaking itu penting:

1. Meningkatkan Kepercayan Diri 

Dengan keahlian public speaking, kamu bisa melatih cara berkomunikasi yang efektif dan juga jelas. Kedepannya kamu akan lebih mahir dalam menyampaikan setiap pendapat dan juga ide di depan banyak orang.

2. Menambah Networking

Melalui kegiatan konferensi, seminar hingga presentasi kamu akan berinteraksi dengan banyak orang dari berbagai latar belakang. Hal tersebut dapat membantu kamu untuk membuka peluang kerjasama hingga karir

3. Mempengaruhi orang lain

Seseorang yang memiliki kemampuan public speaking dapat dengan mudah untuk memotivasi orang lain dengan kemampuan presentasi yang meyakinkan maka kamu akan dapat merubah cara pandang dan opini seseorang.

4. Melatih berpikir Kreatif dan Kritis

Ketika kita berbicara di depan umum tentunya perlu untuk memilih kata dan merangkainya menjadi satu kalimat yang jelas dan hal tersebut akan merangsang otak kita untuk berpikir lebih aktif. Secara tidak sadar, jika hal tersebut dilakukan akan membentuk otak kita untuk berpikir lebih kritis dan kreatif.

Kamu tidak perlu khawatir, ada cara lebih mudah dan praktis untuk belajar public speaking dengan ditemani tutor pengalaman di bidangnya! Caranya dengan ikut kelas Public Speaking Praktis di Arkademi, pendaftaran dapat dilakukan melalui web Arkademi.