1. Home
  2. Dari Arkademi
  3. 5 Tips Kuasai Panggung Dengan Public Speaking

5 Tips Kuasai Panggung Dengan Public Speaking

Dari ArkademiPengembangan DiriPengembangan Karier
public speaking

Arkawan, masih merasa gugup saat harus tampil di panggung? Kamu datang ke artikel yang tepat nih, pelajari 5 tips kuasai panggung dengan public speaking ! Keahlian yang satu ini erat kaitannya dengan kamu yang memiliki latar belakang Pendidikan komunikasi maupun public relation, namun semakin hari kemampuan berkomunikasi di depan umum menjadi nilai penting bagi hampir seluruh profesi kerja. Pastikan kamu menguasai keahlian ini ya.

Apa Itu public speaking?

public speaking

Secara definisi, public speaking adalah sebuah profesi maupun keahlian yang dimiliki seseorang untuk mendapatkan atensi dari sebuah group yang hendak diajak berkomunikasi. Maka penting bagi seorang pembicara menguasai diri agar bisa menyampaikan informasi dengan benar dan tepat sasaran.

Bagaimana menguasai public speaking?

Kunci dari keberhasilan menjadi pembicara di depan umum adalah ketenangan dan persiapan dalam penyampaian materi, tidak bisa dipungkiri kadang seorang pembicara menyiapkan sebuah komunikasi satu arah sehingga tidak menarik bagi kelompok yang dituju. Selain itu pahami juga tips yang bisa Arkawan gunakan sebagai persiapan sebelum maju berbicara di depan umum.

1.       Pahami materi dan membuat cue card

Sebelum mampu menyampaikan pesan yang efektif, seorang pembicara harus memahami betul pesan yang disampaikan. Arkawan bisa mempelajari materi dengan menulis ulang atau membuat cue card yang bisa dibawa saat hari persentasi agar tidak ada poin yang terlewat karena gugup atau lupa.

2.       Berlatih di depan cermin

Untuk pemula, disarankan untuk berlatih di depan cermin menyampaikan pesan dengan bantuan stopwatch untuk memperkirakan berapa lama waktu yang kalian butuhkan dalam mempresentasikan suatu konsep, hal ini juga berguna untuk melihat apakan kecepatan presentasi Arkawan masih cukup baik atau tidak, karena saat berbicara di depan umum dan merasa gugup manusia memiliki kecenderungan untuk berbicara lebih cepat dan dikhawatirkan informasi tidak tersampaikan dengan baik.

3.       Jangan lupa berinteraksi

Sebagai pembicara seringkali kita hanya fokus untuk menyampaikan pesan sehingga melupakan bahwa penerima pesan adalah seorang manusia yang juga butuh berkomunikasi, jadi jangan lupa untuk menyelipkan beberapa pertanyaan atau obrolan ringan di sela-sela penyampaian pesan utamanya jika public speaking dilakukan untuk mengenalkan sebuah produk/jasa.

4.       Gunakan Intonasi

Agar para pendengar tidak merasa bosan dan akhirnya menolak informasi yang ingin disampaikan, latihlah intonasi dengan melihat referensi cara orang-orang menyampaikan informasi. Tiru dan adaptasi dengan intonasi suara yang Arkawan miliki.

5.       Perhatikan tampilan/gaya busana

Menggunakan pakaian yang tepat akan mendukung kepercayaan diri saat kamu melakukan public speaking, Arkawan juga akan terlihat lebih terpercaya saat bisa memilih pakaian yang tepat sesuai keadaan. Pilih pakaian yang nyaman, namun tetap rapi karena selain kemampuan berkomunikasi verbal penting juga untuk seorang pembicara tampil menarik.

Selain 5 tips kuasai public speaking, Arkawanjuga bisa berlatih teori lainnya dengan mengikuti pelatihan atau kursus yang menyediakan pembelajaran sesuai kebutuhan salah satunya pelatihan Public Speaking Praktis yang tersedia di Arkademi.

Arkademi adalah kursus online bersertifikat di Indonesia yang menyediakan pelatihan berstandar kurikulum dan disampaikan oleh mentor professional. Pada akhir pembelajaran Arkawan juga akan mendapat sertifikat penyelesaian sebagai bukti keterampilan dalam penguasaan materi. Terdaftar resmi di Kementerian Komunikasi dan Informatika semua pelatihan sudah disesuaikan dengan kebutuhan lapangan kerja saat ini. Akses Arkademi melalui web maupun unduh aplikasinya di Google Play Store. Dapatkan 20.000 Arkademi Koin sebagai pengguna baru dan tambahan 5.000 Koin jika melengkapi data diri, koin bisa digunakan untuk membeli pelatihan selanjutnya.

Tentang Arkademi Koin

Arkademi Koin adalah program loyalitas yang dihadirkan untuk menambah minat masyarakat membeli pelatihan dengan potongan cashback berupa koin yang bisa didapatkan dari pelatihan yang dipilih. Informasi lebih lanjut bisa dibaca disini.

Rekomendasi

Nikmati belajar auticad untuk oemula
Dari Arkademi Pengembangan Karier

11 Tips Mudah Belajar Autocad Untuk Pemula Lengkap

Arkawan yang memiliki latar belakang jurusan teknik pastinya pernah belajar AutoCAD. Sebuah software pengembangan dari generasi sebelumnya bernama CADD (Computer Aided Design and Drafting), dalam pengembangannya hampir seluruh gambar berbentuk…
Baca Artikel