arkademi Kursus Online No. 1

5 Cara Praktis Untuk Tingkatkan Skill Public Speaking

1 min read

belajar public speaking

Komunikasi adalah elemen penting dalam dunia kerja. Mulai dari membangun koneksi, memotivasi perubahan, dan mempengaruhi audiens. Berkarir di dunia kerja akan mendorong tiap individu untuk memiliki kemampuan berbicara di depan umum. Oleh karena itu kita semua dituntut untuk mengasah kemampuan public speaking. Terlepas dari kepribadian kamu yang pemalu dan kurang pede berbicara di depan banyak orang, Kamu harus tetap mengasah kemampuan public speaking. Sebab hal ini akan mempengaruhi cara kamu berinteraksi dengan rekan kerja, mengarahkan klien dan menjalin relasi dengan pihak manapun. Berikut ini adalah cara praktis yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan skill di bidang public speaking.

 

1. Teruslah berlatih dan mencoba

 

Latihan public speaking tidak membuat dirimu menjadi sempurna, tapi akan membuatmu jadi lebih percaya diri, berani, dan tidak cemas saat berbicara di depan umum. Kamu dapat mencobanya dengan berlatih di depan cermin, merekam dengan handphone atau di depan teman kamu. Teruslah berlatih setiap hari dan mencoba untuk belajar teknik bicara dengan nada, intonasi, dan artikulasi yang baik. Jika kamu rajin berlatih, maka akan membuatmu lebih lancar dalam public speaking. Practice makes perfect!.

 

2. Menyusun script

 

Cobalah untuk menyusun script yang berisi point dari topik pembicaraan. Tujuannya agar kamu dapat mengantisipasi diri saat lupa dan grogi saat berbicara.. Tuliskan poin-poin penting atau kata kunci yang dapat membuatmu mengingat dengan mudah.

 

3. Mengenal audiens

 

Kenali audiens yang menjadi penonton kamu saat berbicara di depan umum. Ketahui data latar belakang mereka, seperti jenis kelamin, usia, pekerjaan, pendidikan. Dengan begitu kamu dapat mengatur gaya berbicara, pemilihan bahasa, dan topik pembahasan yang berkaitan dengan mereka. Hal ini akan membuat audiens merasa lebih dekat dengan pembicara. Misalnya saat berbicara di depan audiens pekerja usia muda, kamu lebih cocok menggunakan bahasa non formal dan topik yang ringan, sehingga mudah dipahami oleh audiens kalangan muda.

 

4. Kuasai materi yang akan dibawakan

 

Posisikan dirimu sebagai seseorang yang paling ahli dan menguasai topik pembicaraan. Dengan begitu kamu akan merasa lebih percaya diri untuk berbicara di depan umum.  Tapi kamu harus riset terlebih dulu sebelum membuat script, pastikan poin yang akan kamu sampaikan berdasarkan hasil data dan fakta. Sehingga opini yang kamu sampaikan dapat didukung oleh hasil data yang valid. Selain itu kamu jangan terlihat terlalu menghafal atau membaca script. Hal itu pasti akan membuatmu terlihat membosankan, kaku, dan tidak profesional.

 

5. Selipkan humor atau cerita menarik

 

Setiap orang pasti menyukai humor. Teknik ini adalah salah satu cara untuk mengambil perhatian audiens.selipkan humor di sela-sela pembahasan. Cara ini terbukti efektif untuk mengembalikan daya serap dan konsentrasi audiens. Sehingga mereka merasa tertarik untuk mendengarkan topik pembahasan yang kamu sampaikan. Tapi pastikan bahan humor yang kamu ceritakan berhubungan dengan topik pembahasan yang disampaikan.

Itulah lima cara praktis dan mudah yang dapat kamu terapkan untuk mengasah skill public speaking. Arkademi juga mempunyai beragam pelatihan public speaking yang dapat kamu ikuti:

  1. Kursus Melatih Public Speaking untuk Profesional Hubungan Masyarakat
  2. 6 Langkah Persiapan Penguasaan Public Speaking
  3. Menjadi Public Speaker Profesional
  4. Sukses Berkarir dengan Public Speaking
  5. Public Speaking Praktis

Segera daftarkan dirimu dalam pelatihan Public Speaking dari Arkademi ya, selamat berlatih dan mencoba!

arkademi Kursus Online No. 1

Leave a Reply

Your email address will not be published.