Apa itu Barista? Pengertian, Tugas dan Skill yang Harus Dimiliki

apa itu barista
Bisnis

Barista adalah salah satu profesi yang semakin populer di Indonesia. Bukan hanya sekadar membuat kopi, menjadi seorang barista adalah seni yang memerlukan keterampilan khusus dan pengetahuan mendalam tentang dunia kopi. 

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara rinci apa itu barista, skill yang harus dimiliki seorang barista sebagai cara menjadi barista yang handal, dan mengapa profesi ini semakin diminati.

Apa Itu Barista?

Sebelum kita membahas lebih lanjut, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu barista. Barista adalah seseorang yang terampil dalam seni menyajikan kopi yang lezat dan memikat. 

Barista adalah orang-orang di balik mesin kopi yang menghasilkan cappuccino yang creamy, espresso yang kuat, dan berbagai jenis minuman kopi lainnya dengan sempurna.

Seorang barista bukan hanya sekadar “penyaji kopi.” Mereka adalah ahli dalam memahami jenis kopi, metode pemanggangan yang berbeda, dan cara-cara menyajikan kopi agar mencapai cita rasa terbaik. 

Dengan kata lain, mereka adalah “sokoh kopi” yang menjadikan secangkir kopi lebih dari sekadar minuman, tetapi juga pengalaman.

Skill yang Harus Dimiliki Seorang Barista

(Pexels)

Seorang barista perlu menguasai berbagai keterampilan untuk menjadi ahli dalam bidang ini. Berikut adalah beberapa keterampilan yang harus dikuasai oleh seorang barista:

1. Pengetahuan Tentang Kopi yang Baik

Seorang barista harus memiliki pengetahuan mendalam tentang berbagai jenis kopi. Mereka perlu tahu perbedaan antara Arabika dan Robusta, serta karakteristik kopi dari berbagai daerah penghasil. Ini membantu mereka memilih biji kopi yang tepat untuk berbagai minuman.

2. Keterampilan dalam Menggiling Biji Kopi

(Pexels)

Proses penggilingan biji kopi memainkan peran penting dalam menghasilkan cita rasa yang sempurna. Seorang barista harus tahu seberapa halus atau kasar menggiling biji kopi tergantung pada jenis minuman yang akan disajikan.

3. Kemampuan Menggunakan Mesin Kopi

Barista harus terampil dalam mengoperasikan mesin kopi, termasuk mengatur suhu, tekanan, dan waktu ekstraksi. Ini mempengaruhi cita rasa akhir minuman.

4. Keterampilan Latte Art

apa itu barista
(Pexels)

Buat para barista, latte art adalah seni yang penting. Kemampuan untuk membuat gambar-gambar cantik di atas minuman kopi, seperti hati atau daun, adalah salah satu ciri khas seorang barista yang handal.

5. Kemampuan Komunikasi dengan Customer

Selain keterampilan teknis, seorang barista juga harus memiliki keterampilan dalam melayani pelanggan dengan ramah dan profesional. Pelayanan yang baik dapat meningkatkan pengalaman pelanggan.

6. Dapat Bekerja Sama dengan Tim

Seorang barista yang baik harus memiliki kemampuan untuk bekerja sama dengan tim. Ini sangat penting dalam lingkungan kafe atau warung kopi, di mana kerja sama antarstaf adalah kunci untuk memberikan pelayanan yang lancar dan memuaskan kepada pelanggan.

7. Kemampuan Multitasking

apa itu barista
(Pexels)

Kemampuan multitasking yang baik membantu seorang barista menjalankan operasi kafe dengan lancar dan efisien. Ini juga memungkinkan mereka untuk memberikan pelayanan yang cepat dan memuaskan kepada pelanggan, yang pada akhirnya dapat membantu meningkatkan kepuasan pelanggan dan mengembangkan reputasi kafe.

8. Fokus dan Teliti

Ketelitian dan fokus adalah keterampilan yang membantu seorang barista mencapai konsistensi dalam minuman kopi yang mereka sajikan, yang merupakan salah satu faktor penting dalam menjaga pelanggan tetap datang kembali dan membangun reputasi baik bagi kafe atau warung kopi.

Baca Juga: Ingin Membuat Bisnis Menjadi Viral? Ikuti Cara Berikut Ini Dijamin Sukses

Tugas dan Tanggung Jawab Barista

(Pexels)

Tugas dan tanggung jawab seorang barista dapat bervariasi tergantung pada kafe atau warung kopi di mana mereka bekerja, tetapi secara umum, berikut adalah beberapa tugas dan tanggung jawab yang umumnya diemban oleh seorang barista:

1. Menyajikan Minuman

Barista bertanggung jawab untuk menyajikan berbagai jenis minuman kopi kepada pelanggan, seperti espresso, cappuccino, latte, americano, dan lainnya, sesuai dengan pesanan pelanggan.

2. Membuat Kopi

Mereka harus mahir dalam mengoperasikan mesin espresso, menggiling biji kopi, dan mengukur takaran kopi yang tepat untuk setiap minuman.

3. Membuat Latte Art

apa itu barista
(Pexels)

Beberapa barista memiliki keterampilan mencetak latte art yang memungkinkan mereka untuk menciptakan gambar atau pola yang indah di atas permukaan minuman kopi.

4. Mengelola Pesanan

Barista harus menerima pesanan pelanggan, mencatat pesanan dengan benar, dan memastikan bahwa pesanan disiapkan dengan cepat dan akurat.

5. Merawat Peralatan

(Pexels)

Mereka juga bertanggung jawab untuk merawat dan membersihkan mesin kopi, grinder, alat-alat kopi, dan peralatan lainnya untuk memastikan bahwa semuanya berfungsi dengan baik.

6. Memantau Stok Bahan

Barista perlu memantau stok bahan seperti biji kopi, susu, sirup, dan gula agar tidak kehabisan saat melayani pelanggan.

Baca Juga: 5 Langkah Membuat Usaha Makanan Kekinian Tanpa Modal

7. Pelayanan Pelanggan

Mereka harus memberikan pelayanan pelanggan yang ramah, membantu, dan profesional. Ini termasuk berkomunikasi dengan pelanggan dengan baik dan menjawab pertanyaan mereka.

8. Menjaga Kebersihan

apa itu barista
(Pexels)

Barista harus menjaga kebersihan area kerja mereka, termasuk meja kerja, mesin kopi, dan area penyimpanan bahan.

9. Mengelola Uang

Dalam beberapa kafe, barista juga mungkin bertanggung jawab untuk menerima pembayaran dari pelanggan dan memberikan kembalian dengan tepat.

10. Mematuhi Standar Keselamatan dan Sanitasi

Mereka harus mematuhi semua pedoman keselamatan makanan dan sanitasi yang berlaku untuk menjaga keamanan makanan dan minuman yang disajikan kepada pelanggan.

Tugas dan tanggung jawab ini menciptakan pengalaman kopi yang berkualitas tinggi bagi pelanggan dan membantu menjaga operasi kafe atau warung kopi berjalan dengan lancar. 

Seorang barista yang baik adalah seseorang yang memiliki keterampilan teknis, pelayanan pelanggan yang baik, dan kemampuan untuk bekerja dengan cepat dan teliti dalam situasi yang sibuk.

Sudah Siap Menjadi Barista?

(Pexels)

Profesi barista semakin diminati karena kopi telah menjadi bagian penting dari gaya hidup banyak orang. Kebanyakan orang tidak lagi memandang kopi sebagai minuman biasa, melainkan sebagai bagian dari pengalaman yang mendalam. Inilah mengapa keterampilan seorang barista sangat dihargai.

Selain itu, kopi juga memiliki potensi bisnis yang besar. Warung kopi dan kafe terus bermunculan di berbagai kota, menciptakan peluang bagi individu untuk menjalankan usaha mereka sendiri. Seorang barista yang terampil dapat menjadi aset berharga dalam industri ini.

Jadi bagaimana, sudah siap menjadi barista? Keputusan untuk menjadi barista adalah langkah yang seru dan menantang. Untuk sukses dalam peran ini, Kamu bisa mulai mengikuti Pelatihan Dasar Pembuatan Aneka Olahan Kopi sebagai langkah awal menjadi barista meskipun belum berpengalaman. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Ingin Jadi Wirausaha Sambil Bekerja? Bisa Kok! Lakukan 10 Tips & Trick ini