Ingin Membuat Bisnis Menjadi Viral? Ikuti Cara Berikut Ini Dijamin Sukses

Membuat bisnis menjadi viral
Bisnis

Pernah dengar Es Kepal Milo? Bisnis yang sempat viral di tahun 2018. Bisnis sedarhana yang dikemas begitu kekinian, sehingga langsung menjamur dimana-mana dan ditiru oleh banyak orang. Untuk membuat sebuah bisnis menjadi viral sebenarya tidaklah sesulit yang dibayangkan. Apalagi saat ini dimana penggunaan media sosial semakin meningkat. Membangun image yang positif di media sosial mengenai bisnis kita tentu merupakan langkah awal agar bisnis lebih cepat viral. Hindari kesan negatif yang justru menjatuhkan produk bisnis kita di mata calon konsumen.

Cara Membuat Bisnis Menjadi Viral

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Kamu ikuti untuk menjadikan bisnis menjadi cepat viral:

1. Gunakan merek atau nama unik

Agar bisnis menjadi cepat viral, gunakan nama atau merek produk yang unik. Tempat usaha yang saat ini ditempati atau akan ditempati bisa dijadikan sebuah ide keunikan dalam memilih nama brand atau merek. Ambil contoh lokasi bisnis dekat dengan kebun binatang, maka Kamu bisa membuat produk dengan nama Es Jerapah atau Soda Komodo, apapun itu yang berhubungan dengan hewan.

Jika membuat nama bisnis yang unik maka akan ada kemungkinan besar cepat menjadi viral. Orang pasti menjadi penasaran dan akhirnya datang ke outlet untuk membeli produk kita. Kemudian berita atau kabar keunikan bisnis Kamu akan menyebar dari mulut ke mulut, sehingga menjadi viral. Jika sudah viral, pasti bakal banyak orang tertarik membeli produk Kamu dan bila pas atau cocok dengan konsumen maka mereka tidak akan berpaling pada kompetitor.

2. Ada cerita menarik di balik bisnis Anda

Pernah dengar atau makan Pisang Goreng Bu Nanik? Selain rasanya yang enak, bisnis pisang goreng ini ternyata memiliki cerita menarik di baliknya. Gula yang biasanya dicampur dalam adonan pisang goreng diganti dengan madu atas saran Ibunda Bu Nanik. Alasannya karena keluarganya menderita diabetes.

Awalnya, pisang goreng ini hanya dikonsumsi untuk kalangan keluarga saja. Namun, Bu Nanik akhirnya menjajal peruntungan dengan menerima pesanan katering karyawan hotel. Sejak saat itu sampai sekarang, cuan bisnis Pisang Goreng Bu Nanik makin ‘manis.’ Jika Kamu merasa ada kisah atau cerita menarik di balik perjalanan bisnis Kamu, kemas dengan apik. Kamu bisa tuangkan kisah tersebut di platform sosial media bisnis Kamu.

3. Kemasan produk yang menarik

 Urusan packaging sebenarnya sangat subjektif. Artinya tergantung selera masing-masing orang. Namun kemasan yang menarik bisa menjadi salah satu cara untuk mempengaruhi orang agar membeli produk kita. Konsumen bisa terpancing untuk mencari tahu tentang produk Kamu dan kemudian tertarik untuk membeli produk tersebut.

Perhatikan perpaduan warna, jenis kemasan, logo, dan tulisan apa saja yang ada di dalam kemasan. Buatlah semenarik mungkin untuk mengundang ketertarikan konsumen. Mereka juga akan lebih mudah mengenali produk Kamu apabila packaging-nya menarik. Jadi, Kamu harus cermat dalam mengemas produk.

 

  1. Promosikan di media sosial

Kekuatan media sosial sangat dahsyat dalam mempengaruhi konsumen. Media sosial menjadi salah satu wadah promosi online yang sangat membantu pelaku usaha. Kamu dapat memasarkan produk atau jasa Kamu di media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Youtube.

Promosikan secara rutin dengan caption menarik agar produk semakin viral. Perhatikan kapan waktu yang tepat untuk melakukan promosi agar produk mendapat banyak viewers. Jika Kamu belum mengerti bagaimana cara memanfaatkan media sosial untuk bisnis, rekrut saja satu orang untuk menjadi admin sosial media.

5. Agendakan program promo

Mau lebih cepat viral? Sesekali Kamu bisa mengadakan promo. Apapun bentuk promo, pasti mendulang viewers, followers, atau subscriber. Promo bisa berupa diskon atau potongan harga, misalnya buy 1 get 1, cashback, atau cara lainnya yang efektif dan efisien untuk menarik konsumen membeli produk Kamu. Tidak perlu takut rugi, promosi sangat lumrah dilakukan pengusaha apalagi di awal-awal merintis bisnis. Jika strategi promosinya tepat, Kamu malah bakal mendapatkan untung. Produk Kamu cepat dikenal masyarakat dan penjualan meningkat.

6. Gandeng Influencer

Produk oke, packaging bagus, kualitas the best, tetapi belum viral juga? Coba gandeng selebgram, influencer, atau youtuber yang sesuai dengan pasar bisnis Kamu. Misalnya Kamu buka usaha kuliner makanan. Endorse saja salah satu youtuber atau food vlogger untuk mukbang di restoran Kamu. Cara ini sangat bagus untuk membantu bisnis Kamu dikenal banyak orang, bahkan viral. Tak perlu youtuber, selebgram atau food vlogger terkenal. Yang penting mereka punya basis follower dan subscriber banyak.

7. Tingkatkan review bisnis

Cara lain agar bisnis cepat viral adalah dengan meningkatkan jumlah review produk. Mintalah konsumen mengisi semacam review, bisa online atau offline. Jika ada kritik dan saran, Kamu bisa langsung mengevaluasi dan memperbaikinya. Bila review sudah bagus, maka pertahankan apa yang sudah Kamu berikan pada konsumen. Hindarilah memalsukan review suatu produk. Apabila ketahuan, maka konsumen tidak akan percaya lagi pada produk Kamu. Kredibilitas sangat penting bagi keberlangsungan usaha.

Membuat bisnis viral tidak selalu butuh modal besar

Untuk membuat bisnis menjadi viral, tidak melulu memerlukan suntikan modal besar. Gunakan cara-cara sedarhana terlebih dahulu, misalnya dengan melakukan promosi di media sosial pribadi Kamu. Jika belum sesuai target, Kamu dapat memaksimalkan modal untuk menggunakan cara lain. Jadi tunggu apalagi! Jadikan bisnis Kamu viral sekarang juga dan raih keuntungan sebanyak mungkin.